6 Software Terbaik Desain Grafis

- Juni 16, 2019
Software-desain-grafis-terbaik-gratis

6 Software Desain Grafis - Perkembangan teknologi seperti yang kita ketahui saat ini sangatlah cepat. Salah satunya adalah Dunia Visual yang memang selalu saja terus berkembang.

Di era digital seperti saat ini bnyak dari mereka pelaku usaha melakukan promosi atau memberikan informasi yang dilakukan secara visual, sehingga tidak heran jika selalu bermunculan orang-orang yang hebat dalam Dunia Desain Grafis.

Baca Juga: Pengertian dan Perbedaan Desain Grafis Vektor dan Bitmap

Nah, buat kamu yang memang ingin menjadi Desain Grafis tidak ada salahnya terjun dan mempraktikannya secara langsung.

Terdapat banyak Software Desain Grafis bisa digunakan untuk belajar, baik software desain grafis gratis maupun berbayar.

Tapi sebelum saya membahas 5 Software Desain Grafis, ada baiknya kita mengenal lebih dulu apa itu Desain Grafis dan Manfaatnya.

Pengertian Desain Grafis 


Desain grafis merupakan proses untuk menciptakan tampilan sebuah publikasi, presentasi, atau di situs web yang menarik dengan cara logis. Oleh karena itu, tidak dapat kita pungkiri ketika desain selesai dikerjakan atau dibuat maka hasilnya akan terlihat seperti menarik perhatian, menambah nilai, dan meningkatkan minat audiens, simpel, terorganisir, memberikan penekanan selektif, dan menciptakan kesatuan yang utuh.

Manfaat Desain Grafis


Pada dunia pendidikan contohnya, buku-buku yang dicetak dan dipelajari anak-anak, didesain sedemikian rupa oleh seorang desainer. Begitu pula dengan dunia bisnis, brosur, logo, kartu nama, dan desain website, termasuk pada kategori desain grafis.

Baca Juga: CorelDraw vs Adobe Illustrator! Mana Aplikasi Desain Grafis Terbaik?

Seorang desainer, secara umum hanya perlu belajar dua jenis software pengolah grafis. Pertama, yaitu software yang digunakan untuk mengolah gambar bitmap. Biasanya, software yang umum digunakan adalah photoshop. Kedua, yaitu software yang digunakan untuk mengolah gambar vektor. Software yang umum digunakan, misalnya coreldraw.

Baik, jika kita sudah memahami pengertian Desain Grafis dan manfaatnya. Sekarang kamu bisa belajar menjadi Seorang Desainer Grafis menggunakan salah satu dari 6 Software Grafis dibawah.

5 Software Desain Grafis Terbaik

#1. Inkscape

Software-desain-grafis-terbaik-gratis
Pictures PCMag Review Inkscape

Inkscape adalah software gratis untuk desain vektor, jika Anda selama ini mendengar tentang software Corel Draw dan Adobe Illustrator, maka fungsinya seperti itu.

Software ini mendukung sistem operasi Windows, Mac dan Linux. Software Inkscape bersifat open source. Disini terdapat tool seperti spidol, klon, dan alpha blending.

Meskipun gratis, fitur-fitur yang ada pada software Inkspace lumayan bagus. Dibuat dengan kaya akan fitur, terdapat banyaknya tool penting untuk editing. Anda bisa menggunakan banyak sekali tool seperti: spidol, membuat teks, klon, alpha blending, pola, transformasi, gradien, dan grouping.

Buat kamu yang tertarik ingin mencobanya, bisa download Inkspace pada situs resminya di Inkspace.org

#2. LibreCAD

Software-desain-grafis-terbaik-gratis
Pictures Cesdb | librecad

LibreCAD adalah aplikasi desain berbantuan komputer (CAD) gratis untuk desain 2D. Ini bekerja pada sistem operasi Linux , macOS , Unix dan Windows .

AutoCAD merupakan aplikasi populer untuk mendesain gambar secara 2D atau 3D, aplikasi ini banyak digunakan oleh para arsitek, insinyur mesin, teknik sipil, hingga desainer interior. Hanya saja AutoCAD harganya mahal.

Buat kamu yang tertarik ingin mencobanya, bisa download langsung disitus resminya Librecad.org

#3. Google SketchUp

Software-desain-grafis-terbaik-gratis
Picture researchgate.net

Aplikasi ini berguna untuk desain interior, Sketchup digunakan untuk membuat model 3D, termasuk juga memiliki kemampuan untuk konversi gambar 2D menjadi 3D. Kegunannya biasanya untuk membuat obyek 3D profesional.

Program ini sudah berganti pemilik dari Google menjadi Trimble Navigation Limited, dan namanya saat ini Sketch Up. Saat program ini masih dimiliki Google bisa digunakan secara gratis (saat itu namanya Google Sketchup), namun sekarang untuk memakai Sketchup Pro harus membayar $590 untuk bisa menggunakan versi pro (untuk memperoleh fitur lengkap).

Buat kamu yang ingin menggunakan Software ini bisa menggunakan Sketchup Make yang merupakan versi lamanya. Dan dapat di unduh lewat pihak ketiga secara gratis.

#4. AAA Logo

Software-desain-grafis-terbaik-gratis
Picture oxigenid.blogspot.com

AAA Logo software gratis yang bisa digunakan untuk mendesain & membuat logo secara praktis. Software AA Logo ini cocok bagi para pemula. Dalam pembuatan logo, Anda bisa menyesuaikan warna, efek, dan huruf. Selain itu terdapat lebih dari 8000 obyek yang bisa digunakan.

Jika kamu tertarik dan ingin menggunakannya, Kamu bisa Download software AAA Logo di situs resminya Aaa-logo.com

#5. CorelDraw

Software-desain-grafis-terbaik-gratis
pictures coreldraw.com

Corel Draw adalah software atau aplikasi berbasis dekstop komputer yang digunakan untuk membuat atau melakukan editor grafik vektor. Di indonesia sendiri penggunaan CorelDraw dikalangan Desain Grafis sangatlah banyak.

Aplikasi Corel Draw ini fokus pada editor gambar, sehingga banyak dipakai oleh pengguna dalam bidang advertising, desain visual, serta percetakan dan bidang lain yang memerlukan format visualisasi.

Secara umum fungsi corel draw adalah sebagai editor grafik vertor yang menghasilkan gambar visual. Namun, banyak sekali pengguna corel draw yang menggunakannya diberbagai bidang yang memiliki insting desain grafis atau karya visual. Seperti membuat Logo, Brosur, Pemflet, Undangan, Cover Buku, Membuat gambar Ilustrasi.

Buat kamu yang tertarik menggunakan CorelDraw bisa langsung download disitus resminya di CorelDraw.com

#6. Photoshop

Software-desain-grafis-terbaik-gratis
Pictures malavida.com

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digitaldan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.

Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi terbaru juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Buat kamu yang tertarik ingin menggunakan Adobe Photosop bisa langsung download di situs resminya di adobe.com/photoshop

Nah, itu tadi 5 Software Desain Grafis yang bisa kamu gunakaan untuk belajar desain grafis. Jika Ada tambahan lain bisa komentar dibawah.


Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

 

Start typing and press Enter to search