Cara Menghindari Serangan Web Phising di Internet

- Juni 19, 2019

Cara Menghindari Serangan Web Phising di Internet - Kejahatan dunia internet memang sudah menjadi hal yang tidak asing lagi terdengar. Tentu saja karena semua bisa dipelajari melalui internet secara bebas dan gratis. Mulai dari berbagai teknik peretasan sistem operasi, media sosial dll.

Tips-terhidar-dari-phising-di-internet

Salah satu kejahatan dunia maya yang sering dilakukan oleh para peretas adalah dengan memanipulasi sebuah situs web halaman Login seperti Facebook, Instagram, Perbankan dll yang bersifat sensitif, bisa disebut dengan teknik Phising. Lalu apa itu Phising?

Baca: 7 Jenis Kejahatan Dunia Internet Yang Wajib Dikehatui

Phising sendiri merupakan suatu bentuk penipuan yang bisa dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kartu kredit dan kata sandi, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan.

Metode atau teknik hacking Phising tentu yang sangat populer dikalangan para hacker. Biasanya teknik ini dipakai untuk menghack akun Sosial Media pribadi seseorang seperti Facebook, Instagram, Perbankan, dll. Pada teknik ini, sang hacker akan membuat halaman palsu yang menyerupai halaman asli dari website. Lalu sang hacker membagikan halaman palsunya ke internet.

Lalu, bagaimana jika ada seseorang yang ingin menghack akun media sosial kita menggunakan metode atau teknik phising dan bagaimana cara menghindarinya? Nah, pada artikel kali ini saya akan memberitahu Anda tips bagaima a Cara Menghindari Phising agar Anda terhindar dari teknik ini.

Baca: Kumpulan Tools Hacking Terbaik dan Lengkap

Silahkan simak baik-baik tips cara menghindari dari kejahatan internet phising dan cara mengembalikan akun yang terkena phising dibawah ini.

Cara Menghindari Phising Instagram, Facebook, Internet Banking

1. Sembunyikan nomor telepon atau email di profil Facebook ataupun di akun Media Sosial lain

Tips pertama cara menghindari phising Facebook, Instagram dan Media sosial yaitu sembuyikan nomor telepon maupun email di profile dengan cara mengatur Pengaturan Privasi menjadi Hanya Saya atau tidak dicantumkan sama sekali.

2. Jangan klik link sembarangan melalui email atau Chat Lainnya

Berhati-hatilah, untuk mengklik link login ke Facebook, Instagram dan Sosial Media lain yang ada di email Anda karena biasanya mereka mengirim URL website palsu tersebut melalui email dan meyakinkan pengguna untuk mengklik link tersebut.

3. Jangan klik link sembarangan melalui pesan teks atau situs web yang tidak dikenal

Phishing tidak hanya dilakukan melalui email. Phising juga bisa terdapat di setiap link pada situs web, chat room, pesan teks, dll. Jangan klik link apapun yang meminta informasi tentang akun Pribadi Anda.

4. Periksa URL di Address bar

Ini adalah hal yang perlu di waspadai. Periksa URL tersebut terlebih dahulu sebelum Anda login menggunakan akun Anda. Sepintas halaman websitenya terlihat sama, tapi berbeda. Yang membedakan adalah URL yang tertera di address bar. Ambil contoh, URL situs Facebook yaitu www.facebook.com, bukan yang lain. Jika ternyata ketika dilihat dari Address bar situs yang kita buka bukan URL tersebut sudah dipastikan itu adalah phising. Ini berlaku untuk URL situs web lain.

Jika Anda masih ragu-ragu untuk mengklik link tersebut, silahkan Anda langsung ke situs utama dan login dengan cara yang biasanya Anda lakukan.

5. Gunakan Antivirus Anti Phising

Kelima, yaitu menggunakan antivirus dan software keamanan web, seperti Norton, McAfee, AVG Internet Security, atau yang lainnya. Yang memiliki fitur Anti Phising.

Baca: Cara Mengatasi Gagal Update Antivirus

Cara Mengembalikan Akun Media sosial Instagram, Facebook, Perban yang Terkena Phising


Jika Anda sudah terkena teknik phising. Untuk mengembalikan akun Anda, silahkan Anda laporkan melalui email layanan bantuan pada situs resminya.

Melaporkan Akun Instagram di Retas

Melaporkan-akun-instagram-diretas

1. Masuk ke Instagram Help Center
2. Cari Instagram Help Center atau akses aja di help.instagram.com.
3. Lalu ini urutannya: Privasi & Kemanan > Melaporkan Sesuatu > Akun yang dibajak > Sepertinya akun Instagram saya diretas.

Melaporkan Akun Facebook di Retas

Melaporkan-akun-facebook-diretas

1. Pergi ke www.facebook.com/help atau tautan ini untuk segera melaporkan akun Facebook yang sudah diretas.
2. Pada tab bagian atas, pilih opsi Privasi dan Keamanan
3. Lalu pergi ke Akun yang Dibajak dan Palsu
4. Kemudian Pilih Opsi "Sepertinya akun saya diretas atau seseorang telah menggunakan akun saya tanpa izin".

Kesimpulan

Jadi, Anda harus extra hati-hati untuk mengklik link apapun yang ada di pesan teks maupun pesan email. Jika tidak, akun Media Sosial seperti Facebook, Instagram, Perbankan Anda akan dijadikan modus penipuan barang-barang illegal atau hal-hal lain yang dapat merugikan Anda. Selamat mencoba tips Cara Menghindari Phising diatas.

  1. Untuk situs sosial seperti Facebook, Instagram, dll. Lebih baik buat bookmark untuk halaman login atau mengetik URL www.facebook.com secara langsung di browser address bar.
  2. Jangan mengklik link pada pesan email.
  3. Hanya mengetik data rahasia pada website yang aman.
  4. Mengecek akun bank Anda secara regular dan melaporkan apapun yang mencurigakan kepada bank Anda.
  5. Menginstall patch keamanan.
  6. Waspada terhadap email dan pesan instan yang tidak diminta.
  7. Berhati-hati ketika login yang meminta hak Administrator. Cermati alamat URL-nya yang ada di address bar.
  8. Back up data anda.
  9. Kenali tanda giveaway yang ada dalam email phising:
  • Jika hal itu tidak ditujukan secara personal kepada anda.
  • Jika anda bukan satu-satunya penerima email. 
  • Jika terdapat kesalahan ejaan, tata bahasa atau sintaks yang buruk atau kekakuan lainnya dalam penggunaan bahasa. Biasanya ini dilakukan penyebar phising untuk mencegah filtering..
  • Menginstall software untuk kemanan internet dan tetap mengupdate antivirus.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat, jika ada waktu luang jangan lupa Share. Terimakasih
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

 

Start typing and press Enter to search