Petingkah Memiliki Cloud Storage? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

- Juni 18, 2019
Petingkah Memiliki Cloud Storage? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya - Media Penyimpanan sudah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki di era yang serba digital seperti saat ini, tentunya media untuk tempat menyimpan data-data dan juga dokentasi penting dikehidupan sehari-hari.

Pentingnya-memiliki-penyimpanan-cloud-storage

Media penyimpanan seperti Hardisk, Flashdisk, CD dan SD Card sudah menjadi tempat penyimpanan data yang umum banyak digunakan. Tapi, apakah kamu pernah mencoba Media Penyimananan Cloud Storge? Nah, kali ini saya akan membahas apa itu Cloud Storage dan manfaatnya secara detail.

Pengertian Cloud Storage


Cloud Storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umumnya seperti CD atau hard disk, teknologi Cloud Storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang anda perlukan untuk mengakses file digital anda hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet

Konsep pada cloud storage pada umumnya sama seperti pada konsep file server di suatu perusahaan. Perbedaannya terletak di infrastruktur pada media storage tersebut yang dikelola oleh provider cloud, dan selanjutnya pemanfaatannya dijadikan sebagai layanan penyimpanan file yang bisa diakses dari internet.

Keunggulan Dari Teknologi Cloud Storage


Dengan mengadopsi penggunaan internet sebagai media penyimpanannya, teknologi Cloud Storage nyatanya mempunyai banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan media penyimpanan perangkat keras seperti CD, hard disk, portable disk atau bentuk yang lain.

6 Keunggulan Teknologi Cloud Storage

#1. Skalabilitas


Penggunaan Cloud Storage dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri. Dengan penambahan kapasitas penyimpanan, sebuah penyedia layanan Cloud Storage bisa meningkatkan daya tampung datanya. Dan bagi para pengguna tentunya menjadi pilihan yang lebih baik dan efektif dengan menyesuaikan kapasitas Cloud Storage yang diperlukan.

#2. Aksesibiltas


Dengan adanya teknologi Cloud Storage, anda bisa dengan mudah mengunduh, membuka atau melakukan editing terhadap data yang telah tersimpan kapanpun dan dimanapun selama perangkat anda masih terkoneksi internet. Hal ini menjadi opsi yang sangat penting bagi para pengguna layanan Cloud Storage terutama bagi perusahaan yang membutuhkan bisa mengakses data yang diperlukan dengan lebih mudah dan cepat.

#3. Keamanan

Keamanan-penyimpanan-cloud-storage

Hal ini menjadi salah satu faktor yang paling penting karena para pengguna tentunya mengharapkan data yang tersimpan di Cloud Storage dapat terjaga keamanannya. Tidak hanya itu dengan menyimpan data digitalnya pada Cloud Storage akan mengurangi resiko kehilangan data jika terjadi masalah pada perangkat elektronik kita. Kejadian hilangnya data akibat kerusakan perangkat seperti komputer, laptop atau gadget lain pun bisa teratasi dengan adanya teknologi penyimpanan tersebut.

Baca : Pengertian Samba Server, Fungsi dan Manfaatnya

#4. Memudahkan dalam Pengarsipan Data


Seperti yang diketahui bahwa cloud storage memiliki kemampuan menyimpan atau mengarsipkan data dengan mudah. Dimana ini menjadi suatu cara untuk mencegah data rusak atau hilang ketika disimpan di media penyimpanan lokal seperti hard disk, flash disk dan lain sebagainya. Dengan pengarsipan ini tentunya tidak akan menjadi masalah besar, karna file atau data kita tersimpan di Layanan Cloud Storage.

#5. Dapat Berkolaborasi

Manfaat-cloud-storage-bagi-perusahaan

Berkolaborasi di sini diartikan sebagai bekerja secara bersama-sama. Jika Anda memiliki grup atau kelompok yang berkerja secara team tentu hal ini dapat memudahkan pekerjaan untuk saling berbagi file, dokumentasi dan data tanpa perlu kesana kemari.

Sama halnya Di lingkungan perkantoran, cloud storage dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkolaborasi antar sesama karyawan dimana dapat digunakan untuk saling bertukar pikiran dan ide. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan dapat lebih efektif dan cepat selesai.

#6. Sebagai Alat Berbagi


Ini sama seperti diatas, Layanan cloud storage dapat Anda gunakan untuk membagi file yang Anda punya kepada orang lain. Fungsi yang sering ditemui pada layanan file sharing seperti Mediafire maupun 4shared ini juga dapat dijumpai di cloud storage.

Nah, itu tadi penjelasan bagaimana pentingnya sebuah Penyimpanan Cloud Storage diera digital saat ini. Lalu apa saja Layanan Cloud Storage? Saya akan bahas nanti diartikel selanjutnya. Semoga bermanfaat

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

 

Start typing and press Enter to search