Petingkah Memiliki Cloud Storage? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

Petingkah Memiliki Cloud Storage? Berikut Penjelasan dan Manfaat memiliki penyimpanan berbasi cloud.
Petingkah Memiliki Cloud Storage? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

Petingkah Memiliki Cloud Storage? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya - Media Penyimpanan sudah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki di era yang serba digital seperti saat ini, tentunya media untuk tempat menyimpan data-data dan juga dokentasi penting dikehidupan sehari-hari.

Media penyimpanan seperti Hardisk, Flashdisk, CD dan SD Card sudah menjadi tempat penyimpanan data yang umum banyak digunakan. Tapi, apakah kamu pernah mencoba Media Penyimananan Cloud Storge? Nah, kali ini saya akan membahas apa itu Cloud Storage dan manfaatnya secara lengkap.

Table of Contents

Pengertian Cloud Storage

Cloud Storage adalah sebuah teknologi penyimpanan data digital yang memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Tidak seperti media penyimpanan perangkat keras pada umumnya seperti CD atau hard disk.

Teknologi Cloud Storage tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang kamu perlukan untuk mengakses file digital anda hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet

Konsep pada cloud storage pada umumnya sama seperti pada konsep file server di suatu perusahaan. Perbedaannya terletak di infrastruktur pada media storage tersebut yang dikelola oleh provider cloud, dan selanjutnya pemanfaatannya dijadikan sebagai layanan penyimpanan file yang bisa diakses dari internet.

Keunggulan Dari Teknologi Cloud Storage

Dengan mengadopsi penggunaan internet sebagai media penyimpanannya, teknologi Cloud Storage nyatanya mempunyai banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan media penyimpanan perangkat keras seperti CD, hard disk, portable disk atau bentuk yang lain.

6 Keunggulan Teknologi Cloud Storage

#1. Skalabilitas

Penggunaan Cloud Storage dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri. Dengan penambahan kapasitas penyimpanan, sebuah penyedia layanan Cloud Storage bisa meningkatkan daya tampung datanya. Dan bagi para pengguna tentunya menjadi pilihan yang lebih baik dan efektif dengan menyesuaikan kapasitas Cloud Storage yang diperlukan.

#2. Aksesibiltas

Dengan adanya teknologi Cloud Storage, kamu bisa dengan mudah mengunduh, membuka atau melakukan editing terhadap data yang telah tersimpan kapanpun dan dimanapun selama perangkat anda masih terkoneksi internet.

Hal ini menjadi opsi yang sangat penting bagi para pengguna layanan Cloud Storage terutama bagi perusahaan yang membutuhkan bisa mengakses data yang diperlukan dengan lebih mudah dan cepat.

#3. Keamanan

Keamanan

Hal ini menjadi salah satu faktor yang paling penting karena para pengguna tentunya mengharapkan data yang tersimpan di Cloud Storage dapat terjaga keamanannya. Tidak hanya itu dengan menyimpan data digitalnya pada Cloud Storage akan mengurangi resiko kehilangan data jika terjadi masalah pada perangkat elektronik kita.

Kejadian hilangnya data akibat kerusakan perangkat seperti komputer, laptop atau gadget lain pun bisa teratasi dengan adanya teknologi penyimpanan tersebut.

Baca Juga: Pengertian Samba Server, Fungsi dan Manfaatnya

#4. Memudahkan dalam Pengarsipan Data

Seperti yang diketahui bahwa cloud storage memiliki kemampuan menyimpan atau mengarsipkan data dengan mudah. Dimana ini menjadi suatu cara untuk mencegah data rusak atau hilang ketika disimpan di media penyimpanan lokal seperti hard disk, flash disk dan lain sebagainya.

Dengan pengarsipan ini tentunya tidak akan menjadi masalah besar, karna file atau data kita tersimpan di Layanan Cloud Storage.

#5. Dapat Berkolaborasi

Dapat Berkolaborasi

Berkolaborasi di sini diartikan sebagai bekerja secara bersama-sama. Jika kamu memiliki grup atau kelompok yang berkerja secara team tentu hal ini dapat memudahkan pekerjaan untuk saling berbagi file, dokumentasi dan data tanpa perlu kesana kemari.

Sama halnya Di lingkungan perkantoran, cloud storage dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkolaborasi antar sesama karyawan dimana dapat digunakan untuk saling bertukar pikiran dan ide. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan dapat lebih efektif dan cepat selesai.

#6. Sebagai Alat Berbagi

Ini sama seperti diatas, Layanan cloud storage dapat kamu gunakan untuk membagi file yang kamu punya kepada orang lain. Fungsi yang sering ditemui pada layanan file sharing seperti Mediafire maupun Google Drive ini juga dapat dijumpai di cloud storage.

Penutup

Nah itu tadi Penyimpanan Cloud Storage diera digital saat ini, Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan