-->

Cara Mudah Menyembunyikan File atau Folder Penting di Android

Cara Menyembunyikan File dan Folder Rahasia di Android

Cara Mudah Menyembunyikan File atau Folder Penting di Android
Punya File atau Folder penting di penyimpanan Android? Pasti kamu punya dong, entah itu foto, video, atau bahkan dokumen. Lalu seberapa amam folder atau file yang kamu miliki dari gangguan orang lain? 

Nah, pada pembahasan kali ini saya akan berbagi tutorial ringan yang mudah diterapkan, mungkin sangat berguna buat kamu yang memiliki file penting dan tidak ingin diketahui ketika perangkat Android kamu dipinjam orang lain.

Lalu bagaimana menyembunyikan file penting tersebut? Sesuai dengan yang saya sebutkan, cara menyembunyikan file di Android sangatlah mudah, salah satunya kamu bisa menginstal aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya atau bahkan tidak perlu sama sekali.

Tapi yang akan saya bahas disini adalah menyembunyikan file atau folder tanpa aplikasi pihak tambahan. Karena akan sangat mereporkan kalau harus menginstal aplikasi lain jika kapasitas perangkat kamu terbatas, untuk itu pada tips ringan ini saya akan memanfaatkan file manager bawaan untuk melakukannya. Penasaran? 


Cara Menyembunyikan File atau Folder Penting di Android

1. Tambahkan Tanda Titik pada Awal Nama Folder

Secara default, nama Folder yang berawalan dengan simbol titik (.) akan dideteksi sebagai folder tersembunyi.

Folder seperti ini tidak akan bisa dibaca oleh system Android, misalkan kamu menyimpan sebuah foto di dalamnya, folder dengan nama awalan titik (.) yang berisi foto tersebut tidak akan ditampilkan di galeri ponsel sampai kamu memindahkan semua fotonya kedalam folder yang lain, ini akan sangat berguna jika memang galeri kamu sering di kepoin orang lain atau mungkin sama doi.

Menyembunyikan Folder Penting

Lalu bagaimana cara menampilkan folder sembunyi di File manager?
Folder tersembunyi hanya dapat ditemukan setelah menyetel opsi file manager kamu dari "sembunyikan file tersembunyi" menjadi "tampilkan file tersembunyi" begitupun sebaliknya.

Menampilkan File atau Folder Sembunyi Android

Jika ingin menyimpan file penting, kamu dapat membuat folder tersembunyi didalam sdcard atau penyimpanan internal dengan nama berawalan titik (.), misalnya ".FolderRahasia".
(atau nama lain seperti contoh foto diatas)

Cara menambahkan titik (.) ini tidak hanya bisa dilakukan untuk folder saja, kamu bisa menerapkan nya pada file tertentu, misalkan file foto dengan nama "SAVE_20200503.jpg" ingin kamu sembunyikan tetapi tidak ingin dicampur adukan dengan folder rahasia lain, maka hanya tinggal rename dan tambahkan titik (.) pada awalan nama file, contohnya seperti ini ".SAVE_20200503.jpg".

2. Ubah Eksitensi File dengan Cara Merename Bagian Akhir Format File

Jika kamu mempunyai file penting berformat dokumen (.word,.pdf,.ppt, dll), atau format gambar seperti JPG, PNG, GIF, atau format audio mp3 dan video mp4 dan ingin menyembunyikannya, kamu bisa merubah format file dengan format lain. Misal kamu memiliki file JPG yang ingin disembunyikan, nah kamu dapat coba merubah formatnya menjadi txt.

Tujuan mengubah extensi seperti ini hanya menyembunyikan file untuk sementara waktu saja, dan jika ingin mengembalikan file kamu dapat merename seperti semula.

Agar mendukung rename sampai ke format file kamu diharuskan memiliki aplikasi "File Manager" yang mendukung opsi tersebut, agar proses lancar sebaiknya gunakan aplikasi yang mudah digunakan seperti aplikasi explorer. Tapi rasanya file manager bawaan sudah hampir semuanya support untuk melakukan perubahan extensi file.

Berikut cara mengubah extensi file:

Merubah Format File di Android

1. Buka Aplikasi Explorer
2. Cari file yang ingin kamu ubah extensinya.
3. Rename ubah format akhirnya dengan format yang lain atau hapus saja formatnya agar file penting kamu tidak dapat dibaca oleh orang lain.
4. Jangan lupa untuk merename kembali seperti semula jika ingin mengakses file kamu kembali.

Penutup
Itu tadi cara mudah menyembunyikan file atau folder di Android. Semoga data kamu tetap aman, karena akan sangat menjengkelkan ketika sebuah rahasia sudah bukan rahasia lagi, apalagi itu menyangkut dengan data pribadi, akun sosmed, atau akun internet banking. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini