Pengertian Update dan Upgrade! Apa bedanya?

Perbedaan upgrade dan update

Update vs Upgrade! Apa Bedanya?
Dalam dunia teknologi ada banyak istilah tertentu, salah satunya istilah update dan upgrade, istilah ini sering disampaikan baik itu dalam dunia Komputer atau Ponsel. Mungkin masih banyak orang yang kesulitan membedakan antara upgrade dan update, hal ini pasti membuat Anda bingung.

Lalu menimbulkan pertanyaan Apakah Update dan Upgrade Sama? Jawabannya adalah Tidak. Upgrade bisa dari bagian hardware dan software sedangkan update hanya dari bagian software.

Untuk itu agar Anda paham mengenai perbedaan tersebut pada kesempatan kali ini kita akan membahas perbedaan upgrade dan update dari berbagai sudut pandang.

Perbedaan Update dan Upgrade

Update menurut kamus indonesia yaitu memperbarui, yakni perbaruan yang dirancang untuk memperbaiki sebuah program atau software (Perangkat Lunak) komputer mapun smartphone. Update dilakukan dengan tujuan pemberbaiki kelemahan keamaan (Bug), menambah fitur atau fasilitas terbaru dari software atau program itu sendiri. Intinya apapun yang diperbarui itu disebut update.

Upgrade menurut kamus indonesia berarti menaikan, yaitu pengganti suatu produk secara fisik/alat dengan versi yang lebih baik dari produk/perusahaan yang sama. Contoh, untuk hardware komputer yang sebelumnya menggunakan RAM 2 GB menjadi 4 GB, itu meruapakan salah satu contoh upgrade secara fisik/alat pada sebuah komputer.

Istilah upgrade juga bisa digunakan untuk perngkat lunak seperti software, atau sistem operasi. Sebagai contoh jika komputer atau laptop menggunakan sistem operasi windows 7 kemudian beralih ke windows 8 atau bahkan beralih ke windows 10, itu bisa disebut upgrade dibagian software. Kenapa begitu? Karena jika serangkaian perubahan yang dilakukan sangat signifikan dan cukup berarti, serta terjadi perubahan pada struktur utama, maka hal ini bisa disebut dengan upgrade.

Kesimpulan Perbedaan Update dan Upgrade

Upgrade tidak hanya ditunjukan pada Hardware (perangkat keras) tapi bisa juga ditunjukan untuk software atau pernagkat lunak. Upgrade mempunyai arti meninggikan atau menaikan, sebagai contoh meninggikan spesifikasi Komputer seperti mengganti RAM, prosessor, VGA, dll. Intinya Upgrade adalah penambahan fitur dan opsi baru yang ada, mengubah versi utama suatu perangkat lunak atau hardware itu sendiri.

Adapun kesimpulan update pada software seperti contoh memperbarui sistem operasi android Nougat 7.0 ke 7.1 yang masih Nougat. Intinya update hanyalah tindakan perubahan kecil pada aplikasi atau sistem sitem termasuk perbaikan bug, penambahan fitur dukungan barun, tanpa melakukan perubahan struktur utama, jadi hanya mengubah versi.

Baca juga