Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Gratis [Update]

Tutorial Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri untuk keperluan bisnis menggunakan layanan zoho mail gratis.
Membuat Email Bisnis Dengan Domain Sendiri Gratis

Cara Membuat Email Menggunakan Domain sendiri - Ada banyak manfaat memiliki alamat email dengan domain sendiri, keamanan, reputasi, branding dan sebagainya terlebih jika email diperuntukan untuk keperluan bisnis.

Sebagai contoh penggunaan email dengan domain sendiri seperti [email protected], berbeda dengan penggunaan email biasa seperti [email protected]. Lalu bagaimana membuat email menggunakan domain sendiri secara gratis?

Nah, tutorial kali ini saya akan berbagi cara bagaimana membuat email domain sendiri dengan layanan gratis zoho mail, untuk caranya kamu bisa mengikuti panduan berikut.

Table of Contents

Pengertian Email

Email atau surat elektronika adalah sarana untuk mengirim dan menerima surat secara digital melalui internet. Ada banyak layanan email gratis yang bisa digunakan seperti Gmail, Yahoo! dan Outlook milik Microsoft.

Selain membuat email dengan ketiga layanan tersebut kita juga bisa membuat email dengan domain sendiri. Salah satu caranya adalah memiliki domain.

Terdapat banyak perusahaan penyedia layanan domain murah di Indonesia. Mulai dari Niagahoster, IDCloudHost, idwebhost, Dewaweb, dan lainnya.

Cara Membuat Email Domain Sendiri di Zoho Mail Gratis

Masuk ke tahap tutorial cara membuat email domain sendiri dengan layanan gratis zoho mail. Meskipun menggunakan paket gratis tapi terdapat banyak fitur.

Dimana kita dapat membuat maksimal 5 akun email dengan masing-masing kapasitas email 5GB, akses web dan aplikasi seluler gratis. Tentu saja fitur dan layanan ini cukup bisa diandalkan.

Cara Daftar Zoho Mail Gratis

  1. Buka halaman ZOHO MAIL melalui tautan berikut https://www.zoho.com/mail/, > Pilih Paket Gratis Selamanya
  2. Pada halaman daftar akun zoho isi Nama, Email atau Nomor Handphone dan Password
  3. Masukan kode verifikasi zoho yang dikirim ke alamat email ataupun nomor HP kamu
Membuat Email Dengan Domain Sendiri Membuat Email Dengan Domain Sendiri Membuat Email Dengan Domain Sendiri

Setelah sukses verifikasi kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya yaitu untuk menghubungkan domain ke akun zoho yang sudah kita buat tadi. Untuk langkahnya kamu bisa simak panduan berikut:

Pengaturan Email dan Domain di Zoho Mail

Ada 7 tahap yang perlu kamu lakukan, yaitu Hosting Summary, Setup Users, Setup Groups, DNS Mapping, Email Migration, Go Mobile. Tapi tidak semua tahapan tersebut harus di kerjakan.

Yang paling utama saat ini hanya proses Hosting Summary/Domain Verification, User Setup dan DNS Mapping. Konfigurasi ini untuk menghubungkan domain ke layanan email zoho agar nantinya user atau setiap email yang kita buat menggunakan domain sendiri bisa digunakan dengan normal.

Hosting Summary

Cara Membuat Email Domain Sendiri Cara Membuat Email Domain Sendiri Cara Membuat Email Domain Sendiri
  1. Pada tampilan berikut klik "Add Now" pada menu Add an existing domain
  2. Muncul jendela Pop up, Masukan alamat domain kamu, pada kolom nama Organisasi kamu bisa pakai nama branding dan Tipe Industri
  3. Jika sudah klik "Add" > lalu klik "Proceed to domain verification"

Domain Verification

Cara Membuat Email Domain Sendiri Cara Membuat Email Domain Sendiri Cara Membuat Email Domain Sendiri
  1. Login ke penyedia layanan domain kamu
  2. Selanjutnya masuk ke tab menu DNS Manajement domain
  3. Kemudian Add Records > Pilih Type TXT Records > Biarkan kolom Name Kosong > Isi Bagian Text Data dengan Destination zoho yang kamu dapatkan
  4. Jika sudah kembali ke halaman verification domain zoho sebelumnya dan klik "Verify TXT Records"

Disini saya menggunakan penyedia layanan niagahoster, maka pergi ke menu Layanan > Domain > Kelola Domain. Selanjutnya masuk ke tab menu DNS Manajement.

Letak DNS Manajement untuk setiap layanan domain bisa berbeda, jika kamu bingung bisa menghubungi layanan domain tempat membeli.

Setup User

Jika berhasil kamu akan di arahkan ke tahap pembuatan User Super Administrator. Dimana ini merupakan akun utama yang nantinya bisa digunakan untuk keperluan Administrator email.

Masukan alamat email yang ingin kamu gunakan pada kotak kolom yang disediakan > lalu klik Creat. Disini saya membuat alamat email [email protected]

Cara Membuat Email Domain Sendiri Cara Membuat Email Domain Sendiri

Lalu kamu akan melihat list user yang sudah kamu buat, di bagian ini kamu bisa menambahkan alamat email lain yang ingin di buat dengan cara klik "Add".

Jika sudah lanjut ke tahap berikutnya Klik "Proses Setup Group" > Lewati tahap tersebut lalu klik "Proceed to DNS Mapping" untuk ketahap selanjutnya.

Proceed to DNS Mapping

Tahap Configure Proceed to DNS Mapping adalah tahap yang penting agar bisa menerima email masuk jika ada yang mengirim email ke alamat email domain kamu.

Cara Membuat Email Domain Sendiri Cara Membuat Email Domain Sendiri Cara Membuat Email Domain Sendiri

Tambahkan ketiga MX Records, SPF dan DKIM tersebut ke DNS Manajement penyedia domain kamu, dimana caranya sama seperti tahap sebelumnya, sesuaikan type recorder sesuai intruksi yang pada tabel tersebut.

Jika sudah kembali ke halaman DNS Mapping sebelumnya dan klik "Verify All Records".

Youre All Setting

Lewati semua tahap Email Migration dan Go Mobile sampai kamu berada pada tampilan akhir "Your setup is complate!". Kemudian Klik "Go to Admin Console" untuk masuk ke tampilan dasbhoard administrator.
Cara Membuat Email Domain Sendiri Cara Membuat Email Domain Sendiri

Sampai disini kamu sudah berhasil membuat email domain sendiri menggunakan layanan zoho mail gratis. Dimana kamu bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan bisnis ataupun informasi kontak blog.

Cara Login Zoho Mail dengan Email Domain

Lalu bagaimana mengakses email yang sudah kita buat tadi? caranya yaitu masuk https://www.zoho.com/id/mail/ dengan email domain yang sudah dibuat tadi.

Dan untuk melakukan konfigurasi lain, seperti menambhakan akun, dll sebagainya bisa mengakses kontrol panel zoho mail di https://www.zoho.com/id/mail/control-panel.html

Kamu juga bisa menginstal aplikasi Zoho mail Mobile melalui Play Store agar lebih mudah mengakses email melalui smartphone.

Membuat Email Domain Sendiri Gratis Membuat Email Domain Sendiri Gratis

Cara Lain Membuat Email Domain Sendiri

Cara lain untuk membuat email domain sendiri bisa menggunakan Paket Web Hosting yang kita sewa, karena fitur untuk membuat email tersebut biasanya sudah terdapat di dalam akses Cpanel.

Jika memiliki hosting dengan kapasitas besar kamu bisa dengan mudah membuat alamat email dengan custom domain melalui Cpanel Hosting tersebut.

Atau bisa dengan layanan perbayar seperti Google Workspace yang memang menyediakan berbagai alat untuk keperluan bisnis, termasuk email bisnis di dalam nya.

Penutup

Nah itu tadi cara membuat email dengan domain sendiri menggunakan layanan gratis zoho mail, semoga bermanfaat dan jika ada pernyataan silakan tinggalkan komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan