Cara Mengunci Artikel atau Halaman Khusus di Blogger

Bagaimana cara Mengunci artikel khusus di blogger? Berikut tutorial Cara Mengunci Artikel atau Halaman Khusus di Blogger dengan mudah.
Cara Mengunci Artikel atau Halaman Khusus di Blogger

Cara Mengunci Artikel Khusus di Blogger - Melakukan proteksi pada halaman atau postingan blog terkadang diperlukan untuk beberapa kondisi dan situasi, karena dengan begitu tidak semua orang bisa mengakses halaman atau artikel yang ada di postingan tersebut.

Cara ini sangat menarik, dimana jika postingan artikel atau halaman tersebut hanya dikhususkan untuk pelanggan atau member perbayar blogger, mengunci halaman konten dengan password adalah hal yang sangat diperlukan.

Tapi masalahnya bagaimana cara mengunci halaman konten di Blogger? Jika website atau blog yang dibuat menggunakan wordpress mungkin tidak akan pusing memikirkan hal tersebut, karena wordpress menyediakan fitur status&visibility untuk mengunci konten halaman dan postingan. Lain hal jika blog dibuat menggunakan Blogger, karena di blogger belum memiliki fitur tersebut.

Cara Mengunci Halaman/Postingan Konten Khusus di Blogger

Meski blogger belum memiliki fitur status&visibility di platform nya, tapi ternyata kita bisa melakukan secara manual untuk mengunci suatu halaman konten di blogger. Lalu bagaimana cara mengunci artikel atau halaman khusus di Blogger?

Ada banyak cara untuk melakukan proteksi konten postingan di blogger, salah satunya adalah dengan menggunakan kode javascript di setiap postingan yang akan di kunci seperti turorial yang akan saya bagikan disini. Jadi buat kamu yang ingin melakukan privat atau proteksi halaman dan konten artikel di Blogger bisa ikuti turorial berikut.
 

Manfaat Mengunci Konten Blogger

Ada banyak manfaat jika mengunci konten artikel psotingan atau halaman, salah satunya sebagai berikut :
  1. Melindungi konten halaman atau Postingan
  2. Bisa dikhususkan untuk Member
  3. Memberikan Dokumen Pribadi dengan Aman
  4. Masih banyak lagi...

Mengunci Konten Postingan Khusus di Blogger

1. Buka dasboard Akun Blogger > Postingan > Edit Postingan dalam Tab HTML Blogger
2. Copy kode dibawah ini lalu tempelkan tepat tepat diatas kode HTML Postingan. Sebagai contoh lihat gambar berikut.

Mengunci Konten Postingan Khusus di Blogger

<SCRIPT LANGUAGE="JavaScript">
<!-- Begin
var password;
var inputeknopass = 'password';
password=prompt('Please enter the password to enter this post:','');
if (password==inputeknopass) alert('Password Benar! Klik OK untuk membuka halaman ini!');
else {
location.href='URL-POSTINGAN-HALAMAN';
}
// End -->
</SCRIPT>

Ubah bagian yang saya tandai "Password" menjadi seperti yang kamu inginkan, dan "URL-POSTINGAN-HALAMAN" ubah menjadi link artikel/halaman kamu.

Kode Script Keterangan
password Rubah teks passoword tersebut sesusi keinginan kamu, dimana ini merupakan password yang nanti digunakan untuk Login ke halaman/Postingan yang kamu Kunci
URL-POSTINGAN-HALAMAN Isi dengan alamat URL Postingan atau Halaman kamu yang akan di protected

3. Jika sudah, kamu bisa Klik simpan/perbarui untuk menerapkan perubahan dan setelah itu lihat hasilnya.

Mengunci Konten Halaman Statis Blogger

Tidak ada cara khusus, kamu bisa mengikuti cara mengunci halaman statis blogger seperti tutorial diatas, sebagai contoh hasilnya kamu juga bisa melihat demo halaman di akhir artikel ini.

Mengunci Konten Halaman Statis Blogger

Penutup

Nah itu tadi cara melakukan protected halaman dan konten postingan di Blogger menggunakan password, dengan begitu halaman dan postingan kamu bisa lebib aman. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat buat kamu, kamu bisa lihat halaman demo nya dibawah ini, dan jika ada pertanyaan silakan berdiskusi di kolom komentar. Terimakasih

Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan