Mengenal Berbagai Jenis Lisensi Font

Mengenal dan memahami berbagai jenis lisensi font sebelum kita memakainya.
Mengenal Berbagai Jenis Lisensi Font

Font merupakan elemen penting untuk sebuah desain grafis atau hal lain yang menyangkut dengan teks. Ada banyak jenis font yang bisa diunduh melalui website yang ada di internet, seperti yang pernah saya bagikan diartikel sebelumnya 6 Rekomendasi situs download font gratis.

Meski bisa di download secara gratis, tapi nyatanya tidak semua font bisa digunakan sembarangan sesuka hati. Karena ada lisensi dan hak cipta yang diberikan oleh pembuat font.

Tentu hal ini perlu diperhatikan oleh kita sebagai pengguna. Jangan sampai terjadi hal yang tidak di inginkan hanya karena ceroboh dalam penggunaan font.

Table of Contents

Mengenal Jenis-Jenis Lisensi Font

Ada font yang hanya bisa digunakan untuk tujuan personal, dan ada font yang bisa digunakan untuk tujuan komersial, semua itu memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing.

Lisensi font diberikan oleh pembuat untuk digunakan dengan cara tertentu sesuai ketentuan yang diuraikan dalam isi lisensi tersebut.

Jangan sampai font berlisensi personal malah digunakan untuk kepentingan komersial. Jadi memahami lisensi font ini sangat penting. Nah diartikel ini kita akan mengenal jenis lisensi font, terdapat 7 jenis lisensi font yang ada di internet, berikut penjelasan nya.

Jenis-jenis Lisensi Font

Lisensi Free for Personal Use

Free for personal use merupakan jenis lisensi font yang hanya bisa digunakan untuk keperluan personal, seperti portofolio atau proyek yang tidak mengarah ke tujuan komersial.

Jika font dengan lisensi ini digunakan untuk tujuan komersial maka pengguna diharuskan membeli font tersebut agar bisa digunakan secara bebas untuk tujuan apapun.

Lisensi Free Commercial Use

Free commercial use merupakan jenis lisensi font yang bisa digunakan untuk tujuan komersial, seperti banner iklan, logo dan hal lain apapun itu yang berkaitan dengan tujuan komersial.

Meski font berlisensi free commercial, tapi font dengan lisensi ini bisa digunakan juga untuk tujuan personal. Berbeda dengan liasensi sebelumnya yang memang hanya diperuntukkan untuk tujuan personal.

Jika kamu menggunakan jenis font ini, perhatikan dengan teliti saat mengunduh file font pada situsnya. Meskipun dilebeli dengan kata "unduh gratis" nyatanya selalu aja ada yang menyalahgunakan lisensi tersebut.

Dimana font yang seharusnya tidak boleh digunakan untuk tujuan commercial tetapi dilabeli free commercial use dan sebagainya.

Cara sederhana untuk menghindarinya dengan melihat detail font yang akan didownload. Biasanya nama pemilik asli akan tertulis dalam readme file nya.

100% Free

Font dengan Lisensi 100% free bisa digunakan untuk berbagai keperluan, entah untuk tujuan komersial seperti logo, poster atau untuk tujuan personal apapu itu. Google Font adalah penyedia font dengan lisensi ini karena bisa dengan bebas digunakan.

Donationware

Donationware adalah jenis lisensi font yang mengharuskan kita sebagai pengguna untuk memberikan donasi, meski font yang tersedia dapat di unduh secara gratis tapi sebelum bisa menggunakan font tersebut kita diharuskan melakukan donasi untuk bisa digunakan dengan bebas.

Commercial atau Perbayar

Font dengan lisensi commercial atau perbayar adalah font yang harus dibeli terlebih dahulu untuk bisa digunakan, font jenis ini biasanya hanya tersedia di situs-situs creative market.

Demo

Jenis font dengan lisensi demo hampir mirip dengan free personal use, tapi terdapat perbedaan peraturan yang diberikan tergantung pembuat font.

Jadi untuk menggunakan font jenis ini kita harus benar-benar melihat peraturan yang diberikan baik pada detail situs atau lisensi untuk digunakan.

Secara umum, font dengan lisensi ini biasanya ada keterbatasan karakter, dimana kamu tidak akan bisa menggunakan keseluruhan karakter dari jenis font tersebut.

Public Domain

Lisensi Public domain merupakan karya yang tidak memiliki hak cipta, dengan begitu kita bisa bebas menggunakan tanpa takut terkena pelanggaran hak cipta.

Ada beberapa alasan kenapa suatu karya bisa masuk ke ranah domain publik, kamu bisa baca jelasnya di WikiPedia.

Mengetahui Jenis Lisensi Font

Penyedia situs download font selalui menyertakan jenis lisensi dan peraturan font secara jelas entah berbentuk label informasi atau tertulis dalam readme file nya.

Seperti contoh label lisensi yang ada pada situs 1001freefonts dibawah.

Mengetahui Jenis Lisensi Font

Jadi ada baiknya baca terlebih dahulu lisensi yang ada untuk setiap font yang akan kamu download dan sesuaikan dengan kebutuhan dan kegunaan.

Penutup

Nah itu tadi 7 jenis-jenis lisensi font yang harus diperhatikan, jangan sampai kamu mengoleksi font-font tersebut tanpa tahu lisensi dan peraturan penggunaan font yang telah di download.

Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan