Mudah! Ini Cara Cek Status Bootloader UBL Xiaomi

Mudah! Ini Cara Cek Status Bootloader UBL Xiaomi apakah masih di lock atau sudab di UBL unlock bootloader.
Ini Cara Cek Status Bootloader UBL Xiaomi

Berbicara mengenai perangkat smartphone berbasis Android memang tidak ada habisnya, karena selalu saja ada informasi baik tips dan trik ataupun berita terkini mengenai Android. Seperti yang akan saya bahas disini, yaitu mengenai status Bootloader UBL pada perangkat Xiaomi.

Setiap perangkat smartphone berbasis Android memiliki bootloader yang fungsinya untuk mengintruksikan karnel sistem operasi melakukan booting secara normal. Karena setiap device berbeda-beda, maka berbeda pula status bootloader untuk setiap pabrikan ada yang rerkunci atau lock bootloader dan ada juga yang unlock bootloader.

Meskipun Android berbasis Open Source, tapi beberapa pabrikan hp memilih untuk untuk mengunci bootloader untuk tujuan keamanan agar sistem tidak mudah dimodifikasi. Di Xiaomi sendiri status bawaan pabrik bootloader akan terkunci, tapi terkadang beberapa orang akan melakukan unlock bootloader Xiaomi untuk tujuan tertentu, salah satunya root, ganti rom dan lain sebagainya.

Hanya Satu Langkah Cara Cek Status Bootloader Xiaomi

Jika kamu membeli hp Xiaomi baru, status bootloader sudah dipastikan masih terkunci, tapi bagaimana jika membeli hp Xiaomi bekas orang lain? Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah bootloader masih di lock atau sudah di unlock (UBL). Bisa menggunakan perangkat desktop ataupun langsung melalui hp Xiaomi itu sendiri, nah untuk tutorial cara cek bootloader melalui hp Xiaomi berikut caranya :

Cara Cek Status Bootloader UBL Xiaomi Cara Cek Status Bootloader UBL Xiaomi Cara Cek Status Bootloader UBL Xiaomi

Langah #1 : Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan mode pengembang dengan cara Pergi ke Setelan > Masuk ke About Phone / Tentang Ponsel.

Pada halaman tentang ponsel, ketuk menu Versi MIUI sebanyak 7 kali sampai mode pengembangan aktif. Langkah ini untuk menampilkan opsi developer, karena memang menu ini secara default disembunyikan.

Cara Cek Status Bootloader UBL Xiaomi Cara Cek Status Bootloader UBL Xiaomi Cara Cek Status Bootloader UBL Xiaomi

Langah #2 : Jika sudah aktif, sekarang pergi ke menu pengembangan dengan cara masih di menu setting > Setelan Tambahan > Klik Opsi Pengembang.

Pada halaman opsi pengembang, cari dan klik menu Status Mi Unlock. Maka akan tampil status bootloader perangkat HP Xiaomi kamu seperti gambar di bawah. Mudah! Ini Cara Cek Status Bootloader UBL Xiaomi Apabila muncul gembok terkunci berarti perangkat Xiaomi kamu masih terkunci atau lock bootloader, sedangkan kalau gembok terbuka berarti hp Xiaomi kamu sudah di unlock (UBL).

Penutup

Nah itu cara mudah mengetahui apakah hp Xiaomi kamu masih di lock bootloader atau sudab di unlock bootloader (UBL) semoga bermanfaat dan membantu.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan