Cara Simpel Mendapatkan Kustom URL Channel YouTube

YouTube sudah menyediakan opsi atau fitur kustom url untuk saluran channel YouTube yang kita buat, dimana kita bisa merubah url channel YouTub kita.
Cara Simpel Mendapatkan Kustom URL Channel YouTube

YouTube merupakan platform online yang banyak digemari saat ini untuk menonton video, musik, tutorial dan video-video lain seperti edukasi, berita, Film, Dokumentasi dan konten kreatif lain, tidak heran YouTube menjadi platform online yang populer saat ini dengan lebih satu miliar pengguna perbulan penggunaan internet mengakses YouTube.

Bukan hanya sekedar untuk menonton, platform YouTube juga memberikan kesempatan bagi apara kreator untuk membuat dan mengunggah video nya kedalam aplikasi mereka, yaitu hanya dengan satu syarat memiliki akun Channel YouTube. Nah, berbicara mengenai channel YouTube kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana membuat sebuah URL Kustom untuk alamat Chanel di YouTube kamu. Tapi apa itu Kustom URL YouTube?

Kustom URL adalah alamat dengan url khusus yang bisa digunakan untuk mengarahkan ke halaman channel akun YouTube kita, dimana kelebihan dari URL ini adalah terlihat profesional dan tentu saja menjadikan nya mudah di ingat ketika orang lain akan mengakses channel yang kita miliki di YouTube.

Sebagai contoh pada saat kita membuat saluran channel YouTube maka secara otomatis channel YouTube yang dibuat akan mendapatkan sebuah alamat berupa link atau URL secara acak, dimana alamat url tersebut berupa sekumpulan karakter acak yang sulit di ingat. Sebagai contoh seperti url channel YouTube dibawah.
// Url Default Channel YouTube
https://youtube.com/channel/UC6m267KNI3GovmWLEcsIHdw
Diatas merupakan contoh url yang dibuat acak secara otomatis pada saat pertama kali kita membuat saluran atau channel YouTube. Tidak ada yang salah dengan URL seperti itu, tapi akan sangat merepotkan jika kita ingin mempromosikan dengan cara berbagi alamat url tersebut kepada orang lain, dimana kamu harus mengingat dan mengetikan url yang panjang dengan kumpulan karakter.

Disinilah peran Kustom URL sangat berguna, dimana kita bisa membuat alamat saluran akun YouTube yang mudah di ingat dan menarik sesuai dengan keinginan, bahkan membuat nya terlihat profesional dengan membuat Kustom URL YouTube sesuai dengan nama Chanel akun kita. Tapi bagaimana cara membuat Kustom URL Channel YouTube tersebut?

Cara Membuat Kustom URL Channel YouTube

YouTube sendiri sudah menyediakan opsi atau fitur kustom url untuk saluran channel YouTube yang kita buat, dimana kita bisa merubah url channel YouTube sesuai dengan keingin. Seperti contoh URL Channel berikut
// Url Kustom Channel YouTube
https://www.youtube.com/inputekno
https://youtube.com/c/inputekno
Jika dibandingkan dengan URL saluran awal diatas tentu saja url ini terlihat menarik dan mudah di ingat bukan? Nah, untuk bisa mendapatkan Kustom url saluran seperti ini tentu saja ada beberapa persyaratan YouTube yang harus dipenuhui, apa saja persyaratannya? Tenang aja, persyaratan yang diberikan oleh YouTube untuk bisa mendapatkan kustom url seperti ini tidaklah sulit ataupun rumit seperti persyaratan doi buat bisa jadi gebetan.

Persyaratan Kustom URL Channel YouTube


Persyaratan Kustom URL YouTube

Untuk membuat kustom url channel YouTube, kamu hanya perlu memenuhi 4 persyaratan yang mudah, Apa aja? Nah berikut pernyataan mendapatkan Kustom url channel YouTube

1. Sudah Mendapatkan 100 Subscribe

Untuk bisa mendapatkan kustom url, channel YouTube kamu harus sudah mendapatkan minimal 100 subscriber atau lebih, jadi buat kamu yang belum memiliki subscribe lebih dari persyaratan tersebut kamu bisa coba meminta bantuan teman, sodara dan keluarga untuk melakukan subscribe ke akun channel kamu.

2. Minimal Umur 30 Hari

Persyaratan kedua yaitu saluran YouTube kamu harus berusia minimal 30 hari atau lebih. Jadi jika channel kamu masih dibawah usia tersebut, coba untuk bersabar sedikit lagi dengan terus memberi makan channel kamu dengan berbagi konten video yang menarik, unik dan bermanfaat supaya "Si Kecil Mulai Aktif".

3. Sudah Menggunakan Foto untuk Icon Channel

Yup, ini bukan sekedar persyaratan tetapi juga memang sudah menjadi keharusan memasang icon profil di channel YouTube kamu, dimana selain menjadi persyaratan untuk bisa mendapatkan kustom URL channel, langkah ini juga menjadi icon atau identitas agar mudah dikenali, bahwa ini memang saluran channel milik kita dengan ciri khas profil tersebut.

4. Sudah Memasang Foto Header Channel

Apalagi nih persyaratan ke 4? Yoi, foto header bagian kepala atas channel YouTube kamu, biasanya dibagian header berisi gambar informasi atau apapun yang ingin ditampilkan seperti promosi. Kamu bisa memasang header YouTube sesuai keinginan.

Penutup

Nah, itu tadi cara simpel dan mudah mendapatkan kustom url channel YouTube kamu, bagaimana mudah bukan? Atau memang sulit? Atau rumit kayak doi? Kalau menurut saya ini adalah cara mudah yang diberikan YouTube untuk mendapatkan kustom url saluran YouTube yang profesional. Dengan begitu kamu akan banyak mendapatkan manfaat dari fitur atau opsi ini mulai dari
  1. Url mudah di ingat
  2. Lebih gampang untuk mempromosikan Channel
  3. Membangun branding, karena dengan menggunakan kustom url channel menggunakan nama kamu ataupun produk, orang akan sadar dengan merek kamu.
Jadi dengan beberapa alasan manfaat tersebut, kita harus melakukan gerak cepat gas poll untuk memenuhi persyaratan diatas tadi agar bisa mengganti url default menjadi kustom url akun YouTube.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, jangan lupa share dan juga cek video kami di YouTube, tidak kalah penting jangan lupa subrek YouTube inputekno mengguna tombol di bawah ya!!

Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan