HP Hilang? Ini Cara Mudah Melacaknya Untuk Semua Tipe HP

HP Hilang? Ini cara ampuh dan mudah Melacaknya Untuk Semua Tipe HP termasuk melacak HP Xiaomi yang hilang
HP Hilang? Ini Cara Mudah Melacaknya Untuk Semua Tipe HP

Kehilangan smartphone atau HP memang kerap sering terjadi, ada banyak faktor penyebabnya mulai dari keteledoran sendiri, jatuh atau ada tangan usil yang mencurinya. Semua bisa terjadi, atau yang lebih parah lupa kalau HP udah dijual hihi, memang sangat merepotkan.

Tapi jika kamu mengalami ha tersebut diusahakan jangan panik, karena di era serba canggih seperti saat ini semua hal bisa diatasi dengan terus mencarinya melalui bantuan teknologi. Salah satunya yang akan saya bahas kali ini. Lalu bagaimana mencari HP yang hilang?

Salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mencari Smartphone atau HP hilang adalah dengan menggunakan GPS ataupun aplikasi pihak ketiga seperti Find My Device milik Google. Bahkan saat ini semua provider smartphone sudah mendukung alat pelacakan HP hilang untuk penggunanya.

Melacak HP yang Hilang Untuk Semua Tipe HP

Seperti layanan Xiaomi, Samsung yang memiliki alat pelacakan hp hilang yang sejauh ini saya ketahui. Nah kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mencari HP kamu yang jatuh atau hilang dicuri. Lalu seperti apa caranya? Berikut caranya.

Cara Umum Melacak Smartphone yang Hilang

Cara umum yang bisa kamu dilakukan untuk mencari perangkat smartphone yang hilang adalah dengan memanfaatkan fitur milik google yaitu Find My Device, untuk caranya sendiri berikut langkah-langkah nya.
 
Melacak HP yang Hilang secara Umun
  1. Buka Browser kemudian buka halaman Find My Device (Kamu bisa menggunakan Browser desktop atau HP)
  2. Masukkan akun Google yang digunakan di perangkat smartphone kamu yang hilang
  3. Jika sudah, kamu akan diarahkan ke halaman detail perangkat HP yang hilang dengan tampilan MAP untuk mengetahui lokasi dimana HP kamu yang hilang
  4. Selain itu, terdapat 3 Opsi untuk mengambil tindakan untuk HP kamu yang hilang, yaitu :
  • Play Sound atau bunyikan ringtone ini adalah opsi dimana HP kamu akan berbunyi dan bergetar selama kurang lebih 5 menit, tentu saja opsi ini memudahkan kamu untuk mengetahui dimana posisi HP sebenarnya.
  • Lock atau kunci ponsel adalah opsi dimana HP kamu akan terkunci secara otomatis. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengamankan data dari pencuri atau orang lain yang menemukan HP kamu.
  • Erase atau menghapus adalah opsi dimana semua data yang ada pada Smartphone yang hilang mulai dari Foto, Video hingga aplikasi. Namun jika ponsel dalam keadaan mati, fungsi fitur ini akan menghidupkan kembali HP yang dalam keadaan mati.

Cara Melacak HP Xiaomi Hilang

Menariknya, jika kamu lupa atau terjadi hal terhadap HP Xiaomi kamu seperti hilang terjatuh atau dicuri orang, kamu bisa menemukan hp xiaomi dengan cara melacaknya melalui Akun Mi, nah caranya adalah sebagai berikut

Melacak HP Xiaomi yang Hilang
  1. Buka browser kemudian masuk ke https://i.mi.com/
  2. Login dengan akun Mi Cloud yang ada di HP Xiaomi kamu yang hilang
  3. Kemudian kamu akan diarahkan ke menu Mi Cloud, disana terdapat banyak menu, nah untuk mencari perangkat HP Xiaomi kamh yang hilang buka menu Find My Device atau Temukan Perangkat.
  4. Secara otomatis sistem tersebut akan melacak dimana HP Xiaomi kamu terakhir berada.
Terdapat tiga opsi di fitur tersebut, kamu bisa memilih opsi ini sesuai dengan kebutuhan dan keadaan HP Xiaomi, berikut penjelasannya
  • Located : Opsi ini untuk mengetahui lokasi terkini Hp kita
  • Noise : Opsi ini untuk membunyikan alarm (Jadi kalau Hp kita hilang tidak jauh dari lokasi kita melacak, kita bisa membunyikan alarm agar lebih mudah mencarinya, tapi kalau Hp kita tidak ada di sekitar kita, maka fungsi ini tidak akan berguna)
  • Wipe Device : Menghapus semua data di Hp Xiaomi (Misal kita sudah mengikhlaskan Hp kita, tapi takut orang yang mencuri Hp kita membuka data2 penting di Hp kita, kita bisa menggunakan menu ini)

Catatan:
ada beberapa kondisi yang harus terpenuhi sebelum melacak ponsel kamu, yaitu :
  1. Ponsel harus dalam keadaan menyala;
  2. Lokasi ponsel anda sedang diaktifkan;
  3. Akun Google anda sedang masuk;
  4. Ponsel anda terhubung dengan Internet;
  5. Temukan Perangkat Saya diaktifkan di Pengaturan(>Pengaturan lainnya)>(Keamanan & Privasi>Pengaturan keamanan lainnya)Keamanan>Pengelola perangkat (administrator perangkat)

Penutup

Nah itu tadi beberapa cara melacak Smartphone atau HP yang hilang dengan mudah, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu yang membutuhkan informasi atau tutorial tersebut, semoga Bermanfaat dan jangan lupa share.