Cara Membatalkan Pesan Email Terkirim?

Bagaimana membatalkan pesan email Gmail, Yahoo, Outlook yang terlanjur terkirim? Berikut caranya.
Cara Membatalkan Pesan Email Terkirim?

Kesalahan memang kerap terjadi dilakukan dalam sebuah pekerjaan, salah satunya adalah salah mengirimkan pesan email ke alamat email yang tidak semestinya ataupun salah dalam penyampaian kata. Tentunya hal ini sangat merepotkan apalagi jika data dalam email yang kita kirim merupakan data atau pesan rahasia. Lalu pertanyaannya apakah bisa email tersebut dibatalkan pengirimannya?

Di era digital saat ini email menjadi kebutuhan yang tidak bisa terpisahkan lagi dalam kehidupan sehari-hari, jadi akan sangat tidak mungkin jika email tidak dilengkapi fitur membatalkan pesan email yang terkirim untuk menghindari kesalah tersebut. Semua layanan email sudah dipastikan memiliki fitur untuk membatalkan pesan atau sering disebut Undo send atau unsend email.

Untuk caranya sendiri setiap layanan email pasti memiliki caranya sendiri-sendiri, seperti Gmail, Outlook, dan Yahoo mail. Nah untuk mengetahui bagaimana melakukan undo send atau unsend email untuk setiap layanan tersebut, berikut tutorialnya

Cara Membatalkan Pengiriman Pesan Email

Secara default setiap layanan email pasti sudah mengaktifkan fitur undo send yang akan muncul setelah pesan email dikirim, tapi fitur undo send atau membatalkan email yang sudah terkirim memiliki batas durasi/ waktu tertentu. Jadi kita perlu mengubah waktu durasi ke durasi paling lama agar tetap bisa melakukan unsend email.

Cara Unsend Email di Gmail

Secara default, Gmail menyediakan fitur pembatalan pesan email yang terkirim dengan durasi 5 detik. Lebih dari itu, pesan yang sudah dikirim tidak dapat di batalkan, tentu saja ini waktu yang sangat singkat untuk menyadari kalau email yang kita kirim sudah tepat ke alamat yang dituju atau bukan.

Tapi jangan khawatir, Gmail juga sudah menyadiakan pengaturan untuk merubah durasi tersebut menjadi 5 detik, 20 detik, 30 detik. Nah, untuk mengatur durasi unsend di Gmail berikut langkahnya Login ke Akun Email Gmail kamu Dashboard Akun Google
Kemudian Buka pengaturan gmail dengan cara klik tombol setelan lalu masuk ke Lihat Semua Setelan.

Cara Unsend Email di Gmail

Pada tampilan setelan masuk ke tab umum dan cari menu "Urungkan Pengiriman", kemudian ganti batas waktu pembatalan pengiriman sesuai dengan ke opsi tersebut. Tersedia 5 detik, 10 detik, 20 detik dan 30 detik.

Cara Unsend Email di Gmail

Jika sudah kemudian simpan pengaturan dengan cara Klik "Simpan Perubahan" dibagian paling bawah.

Cara Unsend Email Yahoo!

Meski gmail memiliki fitur unsend, ternyata layanan email Yahoo tidak memiliki fitur unsend untuk penggunannya, alhasil setiap kali email sudah di kirim tidak ada waktu batas jeda untuk melakukan pembatalan pengiriman.

Meski begitu, ini hanya berlaku untuk versi desktop saja atau ketika kamu membuka email Yahoo melalui komputer di browser. Untuk versi mobile, Yahoo menyediakan fitur unsend yang harus diaktifkan secara manual, pada menu setting dan secara default memiliki jeda 2 detik saja tidak bisa dirubah.

Penutup

Nah itu tadi beberapa langkah mengenai bagaimana cara membatalkan pesan email yang sudah terlanjur terkirim, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menyelesaikan masalah tersebut.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan