Cara Menghubungkan Blogger Ke Cloudflare

Cara Menghubungkan Blogger Ke Cloudflare? Begini cara mudahnya agar blog kamu bisa dengan cepat diakses.
MenghCaraubungkan Blogger Ke Cloudflare

Memiliki website dengan kecepan akses yang cepat tentu menjadi hal yang wajib, karena selain memudahkan pembaca membuka halaman blog kita kecepatan sebuah blog juga menjadi faktor penting untuk Kualitas SEO. Banyak cara untuk melakukan optimasi tersebut, salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur Content Delivery Network (CDN)

CDN menjadi salah satu solusi dari banyak solusi yang bisa diandalkan untuk meningkatkan performa sebuah website agar dapat diakses dengan cepat. Ada banyak penyedia layanan Content Delivery Network yang ada di internet, salah satu nya adalah yang akan saya bahas kali ini, yaitu Cloudflare.

Cara Menghubungkan Blogger ke Cloudflare

Lalu bagaimana menghubungkan sebuah website dengan layanan Cloudflare untuk meningkatkan performa blog? Disini saya akan menjelaskan langkah-langkah nya secars lengkap menghubungkan sebuah website yang dibuat menggunakan Blogger ke layanan Cloudflare. Tapi sebelum ke tutorial, apa sih Cloudflare?

Pengertian Sederhana Cloudflare

Cloudflare merupakan layanan Content Delivery Network (CDN) dan juga Distribusi Domain Name Server untuk meningkatkan kinerja dan akses suatu website menjadi lebih optimal disertai dengan fitur keamanan yang memadai dan power full.

Menariknya layanan CDN Cloudflare merupakan layanan gratis yang banyak digunakan oleh pemilik blog karena memiliki banyak fitur keunggulan yang mendukung untuk kebutuhan blog, seperti meningkatkan keamanan blog, mengatasi serangan DDos, menyaring bot, jingling, spam karena Cloudflare menyembunyikan identias asli atau utama yang disaring melalui layanannya.

Memasang Domain TLD Blogger ke Cloudflare

Jika kamu tertarik memasang Cloudflare kamu bisa mengikuti tutorial berikut untuk menerapkan ke Blogger. Tapi sebelum itu kamu diharuskan memiliki akun Cloudflare, berikut tutorialnya

Daftar Akun Cloudflare dan Konfigurasi

1. Daftar Cloudflare terlebih dahulu melalui tautan berikut Daftar Cloudflare
2. Masukan Email dan Password kemudian Klik "Create Account"
3. Selanjutnya masukan alamat website kamu dan Klik "Add site" (contoh: inputekno.com)
4. Setelah itu pilih paket layanan cloudflare free, kemudian Klik "Continue"

Cara Menghubungkan Blogger Ke Cloudflarel

5. Setelah itu cloudflare akan secara otomatis melakukan pencarian konfigurasi DNS yang sudah ditetapkan di layanan hosting dan domain kamu, tunggu saja sampai proses scanning selesai.
6. Matikan semua awan proxy warna oren menjadi abu, kecuali awan proxy www. Kemudian jika sudah Klik "Continue"

Cara Menghubungkan Blogger Ke Cloudflarel

7. Tahap selanjutnya yaitu mengganti Nameserver domain dengan Nameserver yang diberikan Cloudflare, caranya yaitu masuk ke layanan penyedia domain kamu > Management DNS, setelah itu ganti nameserver nya dengan nameserver yang diberikan Cloudflare (lihat gambar)

Cara Menghubungkan Blogger Ke Cloudflarel

Cara Menghubungkan Blogger Ke Cloudflarel

8. Kemudian Klik "Done, Check nameserver" di halaman Cloudflare tadi, dan tunggu beberapa saat sampai perubahannya berhasil diterapkan. Jika sudah berhasil, blog akan kembali normal dan dapat diakses seperti biasa.

Penutup

Nah itu tadi cara menghubungkan domain blogger ke cloudflare dengan mudah. Sebagai tambahan pada saat melakukan perubahan biasanya blog tidak akan bisa diakses untuk sementara, tapi itu tidak akan lama karena setelah berhasil melakukan migrasi blog akan kembali seperti semula. Semoga bermanfaat

Buat kamu yang penasaran dengan perubahan kecepan akses blog, kamu bisa menggunakan tools bernama DNS Speed Benchmark.

Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan