Ukuran Feed Instagram, Story dan IGTV 2021

Berapa ukuran Ideal Feed instagram, Story dan IGTV Instagram terbaru ditahun ini? Nah berikut ukuran terbaru untuk postingan Instagram.
Ukuran Feed Instagram, Story dan IGTV  2021

Instagram saat ini bukan sekedar digunakan untuk berbagi momen foto atau video saja, tapi sudah banyak orang yang memanfaatkan nya untuk berbagai keperluan seperti bisnis, online shop, mengekspresikan diri melalui unggahan kreatif dan hal lainnya.

Kamu mungkin sering melihat banyak postingan menarik di Instagram dengan berbagai kreativitas nya masing-masing, hal itu dilakukan tidak jauh melalui proses editing dan juga yang tidak kalah penting adalah penentuan sebuah ukuran feed Instagram baik itu feed, story dan juga IGTV. Semua itu memiliki ukuran standar nya masing-masing.

Kenapa ukuran feed Instagram penting untuk diketahui? Fungsinya adalah agar postingan yang kita upload ke Instagram terlihat lebih menarik dan nyaman untuk dilihat karena tidak terpotong atau menurunnya kualitas sebuah foto atau video. Jadi buat kamu yang senang berbagi foto ataupun video di Instagram tentu harus mengetahui hal tersebut, agar hasil foto yang di-posting di Instagram terlihat maksimal. Kamu mungkin tidak akan mau kan jika foto, video atau konten hasil editan kamu terpotong saat diupload?

Tapi apakah kamu tau berapa ukuran standar ideal sebuah foto dan video untuk di upload di Instagram? Nah, pada postingan kali ini saya akan coba berbagai panduan standar ukuran feed IG, Story dan IGTV untuk kamu gunakan agar setiap postingan kamu terlihat lebih menarik.

Ukuran Feed, Story dan IGTV Instagram 2021

Karena saya akan membahas semua ukuran postingan yang berkaitan dengan Instagram, jadi postingan ini akan dibagi menjadi 3 kategori, yaitu ukuran Feed IG Post, Story Post dan IGTV. Karena masing-masing posting memiliki ukuran yang berbeda-beda nah berikut beberapa ukuran nya.

Ukuran Feed Instagram

Ukuran Feed Instagram Terbaru Ukuran feed Instagram sendiri memiliki 3 jenis ukuran rasio posting baik itu foto ataupun video, yaitu persegi, potrait dan landscape. Dari setiap ketiga rasio tersebut tentu saja akan memiliki ukuran yang berbeda-beda pula. Agar tidak bingung berikut ukuran untuk setiap jenis posting foto di feed Instagram.

  • Ukuran Persegi 1:1 ( 1080 x 1080 Pixel )
  • Ukuran Potrait 4:5 ( 1080 x 1350 Pixel )
  • Ukuran Landscape 1.91:1 (1080 x 608 Pixel )

Ukuran diatas tersebut merupakan rekomendasi yang diberikan oleh Instagram agar foto ataupun video memiliki hasil yang maksimal saat di upload. Nah untuk ukuran resolusi minimal nya sendiri di Instagram yaitu 320 pixel.

Jadi ketika kamu mengunggah foto atau video dibawah ukuran tersebut secara otomatis Instagram akan memperbesar secara otomatis ke ukuran 320 pixel, tentu saja akan berdampak buruk karena akan terlihat pecah. Untuk itu usahakan foto atau video yang diunggah sesuai dengan yang direkomendasikan.

Ukuran Instagram Story

Ukuran Instagram Story Terbaru Fitur story menjadi fitur yang menarik ketika pertama kali diluncurkan, dimana pengguna bisa mengunggah foto atau video dengan tambahan berbagai filter, stiker di dalamnya.

Banyak orang yang memanfaatkan fitur story untuk berbagai kebutuhan, seperti berbagi kilas informasi. Karena memang foto atau video yang diupload di story Instagram akan hilang setelah 24 jam. Mungkin kamu juga termasuk orang yang sering membuat sebuah story di Instagram.

Tapi apakah kamu tau berapa ukuran foto atau video yang ideal untuk di upload ke Instagram story? Berikut ukuran Instagram Stories yang bisa kamu gunakan agar tidak terpotong dan terlihat lebih menarik.

  • Ukuran Potrait 4:5 ( 1080 x 1350 Pixel )
  • Ukuran Potrait 9:16 (1080 x 1920 Pixel )

Ukuran Post IGTV

Ukuran Post IGTV Terbaru Fitur baru milik Instagram ini pertama kali diluncurkan bulan juni 2018 untuk menyaingi YouTube sebagai platform video, bedanya IGTV hanya berfokus pada video dengan rasio vertikal. Pengguna Instagram bisa mengunggah video ke IGTV dengan durasi maksimal 60 menit melalui desktop dan 15 menit di smartphone, lebih lama ketimbang story dan feed.

Lalu berapa ukuran ideal untuk postingan video di IGTV? Kita bisa membagikan video ke IGTV dengan berbagi model, Landscape dan Potrait. Nah untuk ukuran terbarunya sendiri sebagai berikut

  • Ukuran Potrait 9:16 ( 1080 x 1920 Pixel )
  • Ukuran Landscape 16:9 (1920 x 1080 Pixel )

Meski awalnya IGTV berfokus pada konten video vertikal yaitu Potrait tapi penggunaan juga bisa meng-upload video ke IGTV dengan bentuk landscape. Selain itu video dengan ukuran landscape juga umumnya lebih banyak orang yang suka karena tampilannya yang penuh. Tapi semua tentu tergantung konsep video yang dibuat

Penutup

Nah itu tadi beberapa ukuran postingan di Instagram mulai dari Feed Instagram, Instagram Story dan IGTV. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu menentukan ukuran postingan Instagram yang sesuai dengan kebutuhan agar foto ataupun video terlihat lebih menarik dan maksimal.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca konten menarik lainnya seputar Sosial Media di Blog ini, Sosial Media.

Referensi:
https://help.instagram.com/1631821640426723
https://help.instagram.com/1038071743007909