Perbedaan Google Adsense dan Google Ads? Ini Bedanya!

Perbedaan Google Adsense dan Google Ads? Ini penjelasan lengkap mengenai perbedaan kedua layanan tersebut di dunia digital marketing!
Perbedaan Google Adsense dan Google Ads
Google merupakan perusahaan raksasa teknologi yang berpengaruh saat ini, berawal dari situs mesin pencarian di internet kini google banyak mengeluarkan produk digital lain yang sering kita gunakan sehari-hari. Salah satu nya yaitu Gmail, Mesin Pencarian Google, Chome, YouTube, Meet, Blogger, Google Map dll.

Bahkan Google juga memiliki layanan digital marketing yaitu Google Ads dan Google Adsense. Sudah pernah dengar? Mungkin bagi sebagian orang yang terjun di dunia digital marketing kedua layanan ini mungkin sudah tidak asing lagi. Meski terlihat mirip karena keduanya bergerak di bidang yang sama namun nyatanya memiliki fungsi yang berbeda.

Mungkin buat kamu yang baru mendengar nama Google Ads dan Google Adsense mungkin akan sedikit bingung dengan istilah marketing digital tersebut dan akan beranggapan sama. Nah di postingan kali ini kita akan coba membahas perbedaan dari kedua layanan yang memiliki nama hampir mirip tersebut.

Perbedaan Google Ads dan Google Adsense

Pengertian Google Adsense

Pengertian Adsense
Google Adsense adalah layanan yang kerap digunakan untuk menghasilkan uang bagi sebagian konten creator video youtube dan pemilik website. Dengan kata lain, Google adsense merupakan program kerjasama antara Google dengan pemilik channel Youtube ataupun pemilik website untuk menanyangkan iklan.

Iklan yang muncul dalam channel atau sebuah website akan menghasilkan pundi-pundi uang berdasarkan jumlah orang yang melihat atau keterlibatan (klik). Meski begitu Google menerapkan peraturan yang ketat. Dimana metode pembayaran hanya dilakukan berdasarkan PPC dan PPM.

Nah untuk bisa ikut dalam program Adsense, sebuah channel ataupun website harus memiliki ketentuan dan kriteria tertentu, salah satunya adalah viewer, subscribe, SEO. Lalu bagaimana pengertian Google Ads?

Pengertian Google Ads

Pengertian Google Ads
Jika Google Adsense adalah jaringan iklan maka Google Ads adalah Platform iklan, dimana program Ads Google ditunjukkan untuk pengiklan. Jadi jika kamu hendak mengiklankan sebuah produk di sebuah situs atau aplikasi dengan tujuan mengembangkan bisnis ataupun penjualan Google Ads adalah tempatnya.

Lalu apa perbedaannya?

Sebetulnya tidak ada perbedaan yang signifikan anatara Google Ads dan Adsense, karena keduanya merupakan layanan digital marketing yang salinh berhubungan.

Perbedaannya hanya terletak pada sistem pembayaran, dimana Google Adsense adalah tempat mencari penghasilan di dunia digital marketing, sedangkan Google Ads adalah tempat mengiklankan pada layanan Google dengan kata lain kamu yang harus mengeluarkan penghasilan.

Penutup

Nah itu tadi perbedaan sederhana mengenai kedua layanan Google antara Adsense dan Ads. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu untuk memahami fungsi dari kedua layanan tersebut.

Buat kamu yang memerlukan tutorial terkait Google Adsense bisa berkunjung ke halaman berikut "Belajar Adsense". Semoga bermanfaat.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan