Cara Daftar dan Verifikasi Blog Ke Bing Webmaster

Cara Daftar dan Verifikasi Blog Ke Bing Webmaster dengan mudah untuk meningkatkan Optimasi Situs Web.
Cara Daftar dan Verifikasi Blog Ke Bing Webmaster

Salah satu cara untuk optimasi pencarian situs yang lebih baik kita harus mempertimbangkan semua jenis mesin pencarian yang ada. Mulai dari mesin pencarian Google, Bing, Yandex dll. Dengan begitu situs yang kita kelola akan mendapatkan traffic lalu lintas yang kaya dari berbagai sumber.

Sebagai seorang blogger pemula biasanya mereka hanya fokus pada satu layanan mesin pecarian Google, hal tersebut memang tidak salah karena hampir seluruh pengguna internet memanfaatkan Google search sebagai alat mencari informasi.

Tapi Bing milik Microsoft juga menyumbang diurutan ke dua hampir lebih banyak dari mesin pencarian lain dalam dalam kategori mesin pencarian, yang artinya tidak ada salahnya melakukan Optimasi Blog di Bing agar mendapatkan trafik yang kaya. Lalu bagaimana melakukan Optimasi blog di Bing?

Melakukan Optimasi Blog di Mesin Pencarian Bing

Untuk bisa mendapatkan trakif dan melakukan optimasi blog di Bing, salah satu caranya yaitu mendaftarkan blog ke mesin pencarian Bing melalui Bing webmaster tools. Dengan begitu konten artikel blog yang kita buat bisa berada dalam urutan pencarian milik Microsoft tersebut.

Bukan hanya itu, Bing Webmaster Tools juga mirip seperti Google Search Console. Kita bisa melakukan analisis menggunakan Tools SEO milik Bing Webmaster Tools, Keyword Research, dan banyak lagi. Dengan begitu, potensi mendapatkan peringkat dan trafik blog yang kaya dari berbagai negara bisa dengan mudah.

Lalu pertanyaannya bagaimana cara mendaftarkan Blog di Bing webmaster tools? Berikut caranya :

Cara Daftar dan Verifikasi Blog Ke Bing Webmaster

Cara Daftar dan Verifikasi Blog Ke Bing Webmaster

Langkah #1 : Kunjungi halaman Bing Webmaster Tools
Langkah #2 : Klik "Sign Up", kemudian pilih opsi daftar yang tertera dimana kamu bisa mendaftar menggunakan Akun Microsoft (outlook), Google (Gmail) atau menggunakan akun Facebook.
Agar lebih mudah kamu bisa menggunakan akun google, Klik "Google" kemudian login akun google kamu.
Langkah #3 : Setelah berhasil, kamu akan diarahkan ke halaman dimana kamu harus menambahkan situs.

Terdapat dua opsi disini, yang pertama yaitu "Import Situs Anda dari GSC" dan "Tambahkan Situs Anda Secara Manual".

Jika sebelumnya Blog kamu sudah terverifikasi di GSC (Google Search Console) lebih baik memilih opsi pertama. Karena akan lebih mudah dan tidak perlu melakukan verifikasi ulang.

Alat Webmaster Bing memerlukan izin untuk mengakses informasi dari akun Search Console kamu. Dengan menggunakan akses ini, Alat Webmaster Bing akan menampilkan daftar situs terverifikasi yang ada di akun Google Search Console bersama dengan jumlah Situs dan peran yang sesuai untuk setiap situs.Kamu dapat memilih situs yang ingin di tambahkan ke Alat Webmaster Bing dan klik Impor. Setelah berhasil diselesaikan, situs yang dipilih akan ditambahkan dan diverifikasi secara otomatis di Alat Webmaster Bing.

Jika kamu memilih Menambahkan situs secara manual: Situs juga dapat ditambahkan secara manual dengan memasukkan URL di kotak input dan mengklik tambahkan.

Verifikasi kepemilikan situs web di Bing

Jika kamu memilih secara manual menginput situs untuk ditambahkan dalam Bing Webmaster Tools tadi, maka untuk menyelesaikan penambahan situs baru ke akun tersebut, kamu perlu memverifikasi bahwa Anda pemilik situs tersebut dengan membuktikan kepemilikannya. Ada empat metode verifikasi kepemilikan yaitu Verifikasi otomatis DNS, XML file, HTML Meta Tag, Add CNAME. Klik opsi yang paling sesuai untuk situs kamu dan ikuti petunjuk di layar.

Cara paling mudah jika situs kamu dibuat menggunakan Blogger yaitu dengan menambahkan HTML Meta tag Bing ke dalam template, berikut caranya :

Langkah #1 :? Salin tag yang ditampilkan dengan kode verifikasi
Langkah #2 : Kemudian Buka Dashboard Blogger, Klik Tema dan Masuk Ke menu Edit HTML
Langkah #3 : Kemudian Paste Kode dibawah Tag <head> dan Klik Save Template

<!DOCTYPE html>
<html dir='ltr' lang='en'>
  <head>
    <meta content='09EA3198364AF56399F82F1C890A3D31' name='msvalidate.01'/>
  </head>

  <!--[ <body> open ]-->
  <body>
    <p>Sample content here!</p>
  </body>
  <!--[ </body> close ]-->
</html>

Langkah #4 : Terakhir kembali ke halaman Webmaster Bing dan Klik Verifikasi

Jika proses berhasil biasanya ditandai dengan tulisan Verifed berwarna hijau. Langkah terakhir yaitun kamu perlu menambahkan daftar isi atau sitemap ke Bing Webmaster, fungsinya yaitu agar Bing melakukan Crawling setiap artikel dalam blog untuk di indeks. Berikut caranya :

Cara Menambahkan Peta Situs di Bing Webmaster Tools

Langkah #1 : Pilih menu sitemap di halaman webmaster bing
Langkah #2 : Lalu Klik Submit Sitemap
Cara add Sitemap di Bing Webmaster
Langkah #3 : Salin link berikut dan paste di kolom sitemap bing tadi

http://www.example.com/sitemap.xml

Informasi : Ubah link yang ditandai dengan alamat blog kamu

Langkah #4 : Terakhir Klik Submit

Mengirimkan Peta Situs merupakan cara terbaik untuk memberi tahu Bing tentang URL di situs kita yang akan sulit ditemukan oleh perayap web Bing sendiri. Kamu juga bisa menggunakan beberapa format peta situs untuk dikirimkan ke Bing:
  1. peta situs XML
  2. RSS 2.0
  3. Atom 0.3 & 1.0 &
  4. Teks (file teks biasa yang berisi satu URL per baris)
Kamu tidak perlu melakukan submit sitemap setiap saat, karena Bing Webmaster akan mengindeks secara otomatis jika terdapat artikel atau halaman baru yang kamu buat.

Penutup

Nah itu tadi Daftar dan Verifikasi Blog Ke Bing Webmaster, bagaimana mudah bukan? Dengan mengikuti langkah diatas maka setiap artikel yang kamu punya akan terindeks secara otomatis di mesin pencarian Bing. Tentu saja ini bisa menjadi langkah optimasi Blog untuk meningkatkan traffic blog kamu.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan