Memindahkan WhatsApp Ke HP Baru Tanpa Hilang Data

Bagaimana cara memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa hilang data? Jangan bingung berikut cara mudah dan simpelnya agar data WA tidak hilang
Cara pindahkan WhatsApp ke HP baru

Aplikasi pesan instan WhatsApp memang menjadi aplikasi populer yang banyak digunakan untuk bertukar pesan, tidak heran jika sebagian dari kita tergantung dengan aplikasi yang satu ini dalam banyak hal untuk melakukan aktifitas chatting, telepon bahkan video call. Selain digunakan untuk melakukan chatting biasa, WhatsApp juga kerap digunakan untuk keperluan bisnis mulai dari bertukar pesan, mengirim gambar, dokumen kerjaan dan hal lain.

Ada banyak keunggulan fitur yang ditawarkan WhatsApp untuk penggunanya, tapi disisi lain ada beberapa kekurangan aplikasi pesan instan satu ini yaitu tidak bisa digunakan secara sekaligus di beberapa perangkat smartphone. Dengan begitu semua data yang ada, baik pesan, foto, video, dokumen hanya akan tersimpan dalam satu smartphone yang kita gunakan saat ini.

Lalu apa jadinya jika HP yang kita gunakan selama ini mengalami kendala dan harus mengganti nya dengan yang baru? WhatsApp sendiri menyediakan fitur backup yang bisa dilakukan secara otomatis baik melalui google driver ataupun manual secara lokal. Jadi jika kamu hendak ingin beralih ke HP baru tapi tidak ingin kehilangan data WhatsApp kamu bisa memindahkan secara otomatis ataupun manual. Bagaimana caranya?

Cara Memindahkan WhatsApp Ke HP Baru Tanpa Hilang Data dan Chat

Melakukan Backup WhatsApp

Hal pertama yang perlu di lakukan adalah melakukan Backup data WhatsApp di HP lama kamu, jika kamu mengaktifkan fitur backup otomatis mungkin langkah ini tidak perlu dilakukan tapi ada baiknya kita memastikan data WhatsApp yang terakhir di backup adalah data baru. Untuk caranya sendiri sebagai berikut

Cara Backup data WhatsApp via Google Drive

1. Buka aplikasi WhatsApp di HP lama kamu
2. Klik menu titik tiga dipojok kanan atas, Pilih opsi setelan
3. Kemudian pilih menu Chat dan Klik "Cadangan Chat"
4. Pilih akun Google Drive menjadi tidak untuk menyimpan hasil backup secara lokal, setelah itu klik tombol "Cadangkan"
5. Kemudian tunggu hingga proses pencanangan selesai, lama proses nya sendiri tergantung besar data chat WhatsApp kamu.

Cara Backup data WhatsApp secara Lokal

1. Buka aplikasi WhatsApp di HP lama kamu
2. Klik menu titik tiga dipojok kanan atas, Pilih opsi setelan
3. Kemudian pilih menu Chat dan Klik "Cadangan Chat"
4. Pilih akun Google Drive untuk menyimpan hasil backup, setelah itu klik tombol "Cadangkan"
5. Kemudian tunggu hingga proses pencanangan selesai, lama proses nya sendiri tergantung besar data chat WhatsApp kamu.

Sebetulnya WhatsApp akan melakukan backup lokal yang dibuat selama 7 hari terakhir secara otomatis setiap jam 02.00 dan akan disimpan sebagai file di penyimpanan telepon kamu. Jadi kamu tidak perlu melakukan nya secara manual.

Cara Memindahkan WA ke HP Baru

Setelah berhasil melakukan Backup dengan cara diatas, langkah berikutnya yaitu proses memindahkan data WA ke HP baru, ada 2 cara yaitu melalui google drive atau memindahkan backupan data tadi ke HP baru. Berikut caranya

Memindahkan Data WA dengan Google Drive

1. Install Aplikasi WhatsApp di HP baru kamu
2. Buka HP yang sudah di install, kemudian masukan Nomor telepon kamu yang kamu gunakan sebelumnya di WA lama
3. Masukan kode verifikasi yang dikirim oleh WhatsApp
Cara Memindahkan Data WA 1 Cara Memindahkan Data WA 2 Cara Memindahkan Data WA 3

4. WhatsApp akan melakukan pencarian pemulihan data cadangan kamu di google drive, jika ada notif seperti berikut Klik "Izinkan"

Notifikasi
Jika Anda sebelumnya mencadangkan pesan Anda ke Google Drive dan ingin memulihkannya, berikan izin ke WhatsApp untuk memeriksa cadangan di akun Google Anda.


Pastikan sebelumnya kamu sudah login akun Google yang sama di HP baru dengan yang ada di HP lama, jadi sebelum menyiapkan langkah ini pastikan kamu login Akun google terlebih dahulu.
5. Sekarang google akan memproses memulihkan pencadangan data WhatsApp lama kamu ke HP baru.

Dengan cara ini riwayat berupa Chat, media, log panggilan tidak akan terhapus dan akan kembali seperti biasa secara normal. Cara ini sangat sederhana tetapi memerlukan proses yang cukup lama tergantung dari besar data yang di backup dan yang akan di pulihkan ke WhatsApp baru, dan kekurangan lain yaitu perlu data internet.

Alternatif lain yaitu ada cara yang lebih hemat dan mudah, memulihkan data secara lokal, nah untuk caranya sendiri hampir sama tapi akan ada proses tahapan tambahan. Berikut caranya

Memindahkan Data WA ke HP Baru Secara Lokal

Secara default, proses backup data WA secara lokal akan tersimpan di penyimpangan telepon kamu, yaitu di "Penyimpanan Internal > WhatsApp > Databases/ Backup".

Dengan kata lain, kamu harus memindahkan data tersebut ke HP baru, baik dengan cara di transfer ataupun di salin menggunakan PC. Jika bingung berikut tutorialnya

1. Salin data WA di HP lama kamu ke HP baru, bisa di transfer menggunakan aplikasi pihak ketiga. Data yang wajib dipindahkan adalah data yang ada di folder berikut "Penyimpanan Internal > WhatsApp > Databases/ Backup"

Memindahkan Data WA ke HP Baru Secara Lokal

Opsional
Kamu juga bisa memindahkan data media WA di HP lama ke HP baru tersebut.


2. Pindahkan data tersebut ke HP baru di "Penyimpanan Internal > WhatsApp" *) Jika belum ada folder WhatsApp kamu bisa buat terlebih dahulu, tapi pastikan penulisan nama foldernya seperti berikut "WhatsApp"
3. Install Aplikasi WhatsApp di HP baru kamu,
4. Buka HP yang sudah di install, kemudian masukan Nomor telepon kamu yang kamu gunakan sebelumnya di WA lama
5. Masukan kode verifikasi yang dikirim oleh WhatsApp
6. Jika langkah 1 dan 2 berhasil, WhatsApp akan secara otomatis menemukan data lokal WhatsApp yang sebelumnya kita pindahkan tadi.

Cara Memindahkan Data WA 1 Cara Memindahkan Data WA 2 Cara Memindahkan Data WA 3

7. Klik "Pulihkan" untuk memulihkan semua data WhatsApp kamu
8. Maka WhatsApp akan melakukan proses pemulihan data tersebut

Penutup

Nah itu tadi cara memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa perlu takut harus kehilangan data chat kamu mulai dari riwayat panggilan, isi chat, media. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang sedang mencari cara tersebut.