Mengenal Istilah dan Arti Status Pengiriman SiCepat Ekspres

Bingung sama istilah status pengiriman SiCepat? Berikut istilah dan artinya biar kamu paham posisi paket kamu.
Mengenal Istilah dan Arti Status Pengiriman SiCepat

Belanja secara online memang menjadi aktifitas yang banyak diminati oleh banyak orang belakang ini karena kemudahannya. Nah biasanya pihak penjual akan mengirimkan barang yang kita beli melalui proses pengiriman layanan jasa ekspedisi. Mungkin kamu juga sudah tahu hal tersebut, karena memang untuk melakukan pengiriman barang atau paket diperlukan yang namanya layanan ekspedisi.

Biasanya kita selaku pembeli atau penerima akan mendapatkan sebuah RESI yang berisi kombinasi angka dan juga huruf atau angka saja, tergantung dari layanan ekspedisi yang kita pilih atau penjualan gunakan. RESI ini berfungsi untuk melacak keberadaan keberadaan paket kita pada saat barang sedang dalam proses pengiriman.

Ada banyak layanan ekspedisi yang ada di indonesia, salah satunya POS INDONESIA, JNE, JNT, TIKI, WAHANA, SICEPAT dan lain sebagainya. Nah, diartikel kali ini kita akan coba membahas salah satu layanan ekspedisi tersebut yaitu SiCepat Ekspres.

Mengenal Perusahaan Ekspedisi SiCepat

Ekspedisi SiCepat Ekspres berdiri sejak bulan Februari tahun 2014. Dan SiCepat ini juga menyediakan beberapa layanan pengiriman yang bisa dipilih sesuai dengan estimasi yang sudah ditentukan. Meski masih terbilang baru, Ekspedisi satu ini memiliki jaringan yang luas di seluruh indonesia. Tidak heran jika layanan Ekspedisi satu ini memiliki banyak pengguna.

Mengenal Istilah dan Arti Status Pengiriman SiCepat Ekspres

Arti Status Pengiriman SiCepat Ekspres Ketika kita memasan barang secara online kemudian penjualan mengirimkan nya melalui layanan ekspedisi, maka kita akan mendapatkan yang namanya RESI. Resi berfungsi untuk memantau status paket kita yang sedang dikirim.

Untuk melakukan pengecekan status paket SiCepat kita menggunakan RESI tersebut bisa dilakukan secara Online melalui situs resmi Cek Resi SiCepat, dengan melakukan pemantauan kita jadi tahu dimana posisi paket kita saat ini. Terdapat istilah kode pengiriman yang digunakan, mungkin jika kamu baru pertama kali menggunakan layanan Ekspedisi SiCepat akan sedikit kebingungan, nah untuk itu berikut istilah dan arti status pengiriman SiCepat Ekspres.

Status pengiriman SiCepat Arti Status
Manifested Barang sudah berada di kantor SiCepat terdekat dan siap untuk dikirim.
On Transit Barang sedang transit di kantor SiCepat kota lain, dan siap untuk dikirim ke kota tujuan.
On Process Barang sedang dalam proses pengiriman menuju alamat tujuan..
Received on Destination (ROD) / Diterima di Perwakilan Barang sudah berada di kantor pusat SiCepat di kota tujuan, dan siap dikirim ke kecamatan.
Delivered Barang sudah sampai kepada penerima sesuai alamat tujuan.
Antar Ulang (AU) Barang diantar ulang, kemungkinan karena hari sebelumnya belum sempat dikirim karena antrean barang yang menumpuk.
Bad Address (BA) Alamat kurang jelas atau ada kesalahan penulisan (bisa nama dan nomor jalan, nomor rumah, nomor RT/RW, kecamatan, kode pos dll). Bisa juga karena nomor HP penerima tidak dapat dihubungi. Maka, barang akan dibawa kembali ke agen SiCepat.
Misroute Rute pengiriman barang keliru. Maka, kurir akan segera membetulkan sesuai rute pengiriman yang sesuai alamat tujuan.
Closed One Delivery Attempt (CODA) Barang sudah sampai alamat tujuan, namun ternyata tidak sesuai dengan data penerima. Bisa jadi alamat tersebut keliru.
Cnee Unknown Nama penerima tidak dikenali, atau tidak tinggal di alamat yang dituju. Bisa jadi karena kesalahan penulisan nama penerima.
Not Home (NTH) Barang sudah diantar sampai ke alamat tujuan, namun di rumah tersebut tidak ada satu orang pun yang menerima barang.

Mengenal Lebih Jelas Status Pengiriman SiCepat

  • Istilah ini biasanya akan ada nama daerah asal pengirim dan ini artinya paket kamu sudah diterima dan sudah di counter oleh SiCepat di daerah pengirim/penjual.

  • Ini artinya paket kamu sudah ada di Gudang Pusat Penjual atau Pengirim Paket.
  • Artinya paket kamu sudah keluar dari Gudang SiCepat dan sedang dalam perjalanan dari daerah asal pengirim paket ke daerah tujuan penerima yg tertera di paket
  • Artinya paket kamu sudah ada di Gudang dan masuk antrian kirim dan dikirim ke Gudang yang lebih dekat dengan alamat Penerima atau alamat kamu.
  • artinya paket sudah dibawa kurir dan dalam proses pengantaran ke alamat penerima atau alamat kamu.
  • Paket kamu telah sampai dan sudah diterima
  • Artinya paket kamu dikembalikan di Pergudangan [NAMA DAERAH/KOTA]. Ini biasanya terjadi Suatu keadaan dimana nama dan alamat yang tertera pada nomor kiriman ternyata tidak sama dengan nama dan alamat yang tertulis di paket, ada kesalahan penulisan alamat, paket tertukar label / resinya, dan bisa juga kesalahan dari pihak kurir/pihak sortir di Gudang Sicepat.

    Sehingga paket salah kirim paket ke gudang yang bukan dekat dengan alamat Penerima yg tertera di paket. Kemudian paket akan dikembalikan ke Gudang Utama, lalu dikirimkan ulang ke gudang terdekat dengan alamat penerima atau bisa juga paket dikembalikan ke kota pengirim yang tertera dipaket.

Penutup

Nah itu tadi artikel mengenai istilah dan arti dari status pengiriman SiCepat ekspres, semoga dengan adanya artikel ini kamu jadi tidak bingung mengenai status paket kamu.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan