Panduan Memperbaiki Masalah Ads.txt Google Adsense

Panduan Cara Memperbaiki Masalah Ads.txt Google Adsense di Blogger dan Wordpress.
Panduan Memperbaiki Masalah Ads.txt Google Adsense

Memperbaiki Masalah Ads.txt Google Adsense - Memiliki blog yang sudah terdaftar di Google Adsense memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pemilik blog. Karena dengan kata lain blog kita sudah bisa di manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Nah, pada saat pertama kali blog di terima oleh Google Adsen setiap pengguna atau publisher di wajibkan mengunggah file ads.txt kedalam situsnya.

Jika ads.txt belum terpasang maka akan terdapat notifikasi di dalam akun Adsense dimana pengguna diharuskan segera memasang file ads.txt tersebut kedalam situs web nya, jika tidak maka penghasilan yang di dapatkan akan beresiko. Kurang lebih isi notifikasi ads.txt tersebut seperti berikut.

Penghasilan Anda beresiko - Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.

Lalu bagaimana cara memperbaiki masalah ads.txt Adnsese tersebut? Cara memperbaiki nya sendiri kita hanya tinggal mengikuti panduan yang telah di sediakan pada notifikasi tersebut. Karena banyak blog yang dibuat menggunakan Blogger dan wordpress untuk itu kita akan membahas tutorial cara memperbaiki masalah Ads.txt untuk blog yang dibuat menggunakan kedua platform blog tersebut.

Mengenal File Ads.txt

Mengutip dari laman bantuan google, File Ads.txt adalah sebuah program yang dirancang oleh IAB untuk membantu mengurangi tindak kecurangan Inventaris iklan digitala hnya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telahdi identifikasi.

Program ini juga solusi yang dibuat secara khusus untuk melawan spoofing domain, pembeli dapat memeriksa apakah penjual adalah sumber investaris yang sah dan bersertifikat.

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Langkah #1 : Masuk ke Dasbhoard Blogger
Langkah #2 : Kemudian masuk ke menu Setelan
Langkah #3 : Selanjutnya gulir kebawah sampai menemukan opsi Monetisasi
Langkah #4 : Aktifkan ads.txt kustom, Pada kolom ads.txt kustom masukan kode berikut ini
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Ganti kode yang ditandai dengan ID Penayang akun Google Adsense milik kamu.

Langkah #5 : Simpan dan selesai

Cara melihat ID Penayang Adsense kamu bisa masuk ke Dasbhoard Adsense > Setelan > Informasi Akun seperti tambilan gambar berikut ini.

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Wordpress

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Wordpress

Ada dua cara untuk bisa mengaktifkan Ads.txt Adsense di Wordpress, yaitu dengan memanfaatkan plugin atau memasang ads.txt secara manual dengan cara upload file ads.txt ke direktori root melalui Cpanel.

Mengaktifkan Ads.txt di Wordpress (Plugins)

jika kamu menggunakan WordPress Non Self-Hosted maka menggunakan plugins adalah cara terbaik untuk bisa mengaktifkan ads.txt Adsense. Nah untuk tutorialnya sendiri ikuti panduan berikut :

Langkah #1 : Masuk ke Dasbhoard Wordpress Admin
Langkah #2 : Buka menu plugins
Langkah #3 : Kemudian Klik Add New lalu cari plugins bernama "ads.txt manager" lalu Install
Langkah #4 : Setelah plugins berhasil terpasang, selanjutnya masuk ke settelan ads.txt manager tersbut
Langkah #5 : Masukan kode Ads.txt berikut
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Ganti kode yang ditandai dengan ID Penayang akun Google Adsense milik kamu.

Langkah #6 : Simpan dan selesai

Mengaktifkan Ads.txt di Wordpress (Cpanel)

Langkah ini mengaktifkan ads.txt langsung ke direktori root situs, jika kamu memiliki WordPress Self-Hosted tentu langkah ini menjadi opsi terbaik ketimbang menggunakan plugins. Nah, untuk caranya kamu perlu membuat file Ads.txt terlebih dahulu kedalam notepad.

Langkah #1 :Salin kode berikut ke dalam notepad
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Ganti kode yang ditandai dengan ID Penayang akun Google Adsense milik kamu.

Langkah #2 : Lalu Save file tersebut dengan nama ads tersebut.

Jika kamu sudah menyiapkan file ads.txt tersebut, langkah selanjutnya yaitu upload file tersebut ke direktori root situs menggunakan cpanel. Berikut langkahnya :

Langkah #1 : Login ke cPanel web hosting kamu
Langkah #2 : Cari fitur file manager di cPanel
Langkah #3 : Setelah itu Masuk kedalam halaman root blog kamu, Klik menu public_html kemudian Klik folder dimana kamu menghubungkan blog kedalam cpanel.
Langkah #4 : Selanjutnya Klik Upload dan cari file ads.txt yang kamu buat tadi.
Langkah #5 : Selesai

Cara Cek File Ads.txt

Jika kamu sudah melakukan langkah diatas, sekarang yang perlu dilakukan adalah memastikan file ads.txt sudah terpasang dengan benar. Caranya yaitu melalui url domain kamu, seperti berikut :
// Custom Domain
https://nama-domain-anda.com/ads.txt

// Domain Blogspot
https://nama-domain-anda.blogspot.com/ads.txt

Penutup

Nah itu tadi Panduan Cara Memperbaiki Masalah Ads.txt Google Adsense Bagiamana mudah bukan? jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan