Cara Terbaik Memasang Template Blogger

Panduan Cara Memasang Template Blogger Yang Benar dan Baik.
Cara Terbaik Memasang Template Blogger

Cara Terbaik Memasang Template Blogger - Ada banyak hal yang perlu dilakukan pertama kali saat ingin membuat sebuah blog yang menarik, salah satu hal mendasar yaitu menentukan tampilan blog. Tampilan blog yang unik dan mudah di akses dari perangkat apa saja akan menjadi daya tarik agar pengunjung berlama-lama membaca artikel di blog yang kita buat.

Pada saat membuat blog di blogger kamu akan mendapatkan banyak template blogger yang bisa digunakan secara gratis. Selain itu diluar sana juga ada banyak penyedia template blogger gratis yang bisa kamu gunakan. Nah, biasanya sebagai seorang blogger akan senang menggunakan template dari luar karena ada banyak pilihan sesuai keinginan dan juga Optimasi template yang baik.

Lalu bagaimana cara mengganti template blogger? Ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk mengganti template blogger, cara pertama yaitu dengan upload file xml template dan kedua dengan edit HTML. Semua metode itu bisa kamu gunakan untuk bisa merubah tampilan template blog kamu. Nah di tutorial kali ini saya akan membahas dua jenis metode pemasangan tersebut dengan panduan langkah demi langkah.

Table of Contents

Cara Memasang Template Blogger Yang Benar

Sebelum saya mulai ke tutorial tentu ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan yaitu file template blogger. Jika kamu belum mendapatkan template yang cocok mungkin kamu bisa coba menggunakan template jagodesain seperti Fletro Pro, Median UI atau iMagz.

Ketiga tema blog tersebut bisa jadi rekomendasi untuk kamu gunakan. Jika kamu sudah memiliki file template untuk dipasang, maka selanjutnya kita akan ke panduan pemasangannya.

Metode 1 : Unggah Template Blogger XML

Panduan pertama untuk mengganti template blogger yaitu dengan caa mengunggah file template, Berikut langkangnya :

Langkah #1 : Masuk ke Halaman Dashbord Blogger
Langkah #2 : Klik "Tema" di panel opsi di sebelah kiri
Langkah #3 : Kamu akan melihat tampilan seperti gambar berikut, Klik "Panah bawah" dan klik "Cadangkan"

Cara Unggah Template Blogger XML

Melakukan backup template sebelumnya direkomendasikan karena jika kamu memiliki masalah setelah mengupload template baru, file backup akan membantu kamu untuk memulihkan.

Langkah #4 : Masih di tampilan yang sama dan klik tombol "Pulihkan" lalu klik "Upload" dan cari file .xml template yang telah kamu miliki
Langkah #5 : Tunggu hingga proses selesai dan template kamu sudah berubah

Metode 2 : Ganti Template Blogger Edit HTML

Selain metode kesatu, kamu juga bisa ganti template blogger dengan cara manual yaitu menyalin kode xml template ke blogger di mode edit HTML

Langkah #1 : Buka file .xml menggunakan teks editor seperti notepad, wordpad, notpad++ atau semacamnya
Langkah #2 : Salin semua kode template tersebut dengan cara tekan Ctrl+A lalu Ctrl+C (Ctrl+A untuk memilih semua kode, Ctrl+C untuk menyalin kode yang dipilih)

Cara Ganti Template Blogger Edit HTML

Langkah #3 : Masuk ke Halaman Dashbord Blogger
Langkah #4 : Klik "Tema" di panel opsi di sebelah kiri
Langkah #5 : Kamu akan melihat tampilan seperti gambar berikut, Klik "Panah bawah" dan klik "Edit HTML"

Cara Ganti Template Blogger Edit HTML

Langkah #6 : Hapus semua kode template blog lama kemudian kemudian Paste kode template baru yang sebelumnya sudah di salin
Langkah #7 : Terakhir klik tombol "Simpan tema"

Kedua cara tersebut tentu bisa kamu praktikan dengan mudah, lalu bagaimana jika kamu ngeblog menggunakan HP, apakah bisa ganti template? Jawabannya tentu saja bisa meskipun memang sedikit rumit karena keterbatasan tampilan HP yang kecil. Tapi ada trik sederhana yang bisa kamu lakukan, berikut panduan langkahnya

Ganti Template Blogger Lewat HP Android

Langkah #1 : Masuk ke Halaman Dashbord Blogger lewat Browser di HP kamu
Langkah #2 : Ubah tampilan Browser HP kamu ke Mode Desktop dengan cara klik titik tiga di browser lalu centang mode tampilan desktop. Secara otomatis halaman dashbord blogger kamu akan sama seperti tampilan Desktop
Langkah #3 : Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah diatas yang sudah dijelaskan

Penutup

Nah itu tadi Panduan Cara Terbaik Memasang Template Blogger, Bagiamana mudah bukan? jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan.
#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan