Cara Menambahkan FAQ Schema Markup di Blog

Panduan Lengkap Menambahkan FAQ Schema Markup di Blog Agar Tampil di Mesin Pencarian Google.
Cara Menambahkan Notifikasi Cookies di Blog (Responsif)

Cara Menambahkan FAQ Schema Markup di Blog - FAQ Page atau halaman faq merupakan salah satu fitur penting dalam mengelola sebuah blog untuk memberikan informasi atau pertanyaan yang sering diajukan oleh pengunjung seputar topik tertentu.

Saat kamu menggunakan Schema FAQ di dalam postingan blog, mesin pencarian google akan dengan mudah menampilkan hasil cuplikan kaya tekait kata kunci pencarian.

Sebelum masuk kepembahasan inti ada baiknya memahami terlebih dahulu apa itu Markup Schema FAQ, alasan dan manfaat menggunakan Schema FAQ untuk sebuah blog.

Table of Contents

Apa Itu Markup Schema FAQ?

FAQ Page schema adalah schema markup data terstruktur berbentuk JSON untuk menyajikan sekumpulan pertanyaan dan jawaban yang ada di dalam artikel langsung di halaman pencarian sesuai dengan kata kunci.

Contoh dari hasil pencarian google yang menerapkan markup schema faq :

Apa Itu Markup Schema FAQ?

Manfaat Menggunakan Schema FAQ?

Lalu apa manfaat menggunakan schema faq di blog? dari gambar di atas sudah bisa di lihat artikel yang tampil di mesin pencarian memiliki tampilan yang lebih profesional, unik dari yang lain.

Tingkatkan Kualitas dan Peringkat SEO

Selain terlihat lebih unik menambahkan FAQ Schema markup juga membantu perayap web memahami topik dan menampilkan cuplikan kaya dihalaman mesin pecarian.

Meningkatkan CTR

Bisa meningkatkan Click Tharough Rate (CTR) karena kata kunci yang terdapat pada pertanyaan dianggap dapat meningkatkan artikel karena rata-rata blog yang menggunakan schema FAQ akan di tempatkan pada halaman pertama Serp Google.

Menambahkan FAQ Schema Markup di Blog

Sekarang kita sudah masuk ke bagian tutorial, buat kamu yang ingin menambahkan FAQ Schema berikut cara menambahkan FAQ Schema Markup di Blog :

Cara Memasang FAQ Schema Markup di Blogger

Langkah #1: Buat daftar pertanyaan dan jawaban, kemudian masukan ke dalam postingan artikel di blog. Ini merupakan syarat untuk membuat Schema Markup FAQ, dimana Frequently Asked Questions sendiri harus benar ada di dalam artikel.

Langkah #2: Buka FAQPage JSON-LD Schema Generator

Cara Memasang FAQ Schema Markup di Blogger

Langkah #3: Kemudian tambahkan pertanyaan dan jawaban yang sudah kamu buat di langkah pertama tadi

Langkah #4: Masuk ke Postingan atau Halaman kemudian ubah ke Mode HTML lalu tempatkan kode JSON-LD FAQ Schema yang di dapat tadi di dalam artikel tersebut.

Cara Memasang FAQ Schema Markup di Blogger

Cara Memasang FAQ Schema Markup di Wordpress

Menambahkan FAQ Schema Markup di wordpress sangat mudah ketimbang di blogger, karena di wordpress tersedia banyak dukungan plugin yang bisa digunakan unutuk menambahkan FAQ Schema.

Beberapa diantaranya bisa menggunakan plugin berikut :
  1. YOAST
  2. Rank Math
  3. SEPPress
Biasanya tidak memerlukan langkah manual seperti di blogger, kamu bisa mengikuti panduan plugin yang digunakan.

Validasi Schema FAQ

Untuk melihat FAQ Schema Markup sudah terpasang dengan benar atau tidak kamu bisa menggunakan alat pengujian hasil kaya google.

Masukan alamat url artikel yang sudah di tambahkan FAQ Schema Markup kemudian Klik Test URL untuk melihat hasil kaya sudah terpasang dengan baik atau tidak. Jika sudah akan nampak struktur data FAQ seperti berikut :

Index Ulang Artikel

Index Ulang Artikel

Setelah berhasil menambahkan schema markup terakhir adalah memberi tahu google untuk melakukan index ulang artikel, cara nya yaitu menggunakan Google search console.

Masukan URL Artikel di kolom URL Inspection > Enter dan minta Index ulang disana.

Index Ulang Artikel

Fungsi melakukan index ulang agar google melakukan crawl secara langsung agar tidak menunggu terlalu lama untuk pengindexan.

Penutup

Nah itu tadi Cara Menambahkan FAQ Schema Markup di Blog. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan