Fungsi dan Manfaat Opsi Pengembang Android Serta Kelebihannya

Memahami Fungsi dan Manfaat Opsi Pengembang Android Serta Kelebihannya.
Fungsi dan Manfaat Opsi Pengembang Android Serta Kelebihannya!

Fungsi Opsi Pengembang Serta Kelebihan dan Kekuarangannya! - Sercara umum aplikasi setelan HP berfungsi untuk melakukan optimasi fungsi pada perangkat itu sendiri. Dari mulai menyesuaikan tampilan, privasi, konfigurasi jaringan dan lain sebagainya.

Salah satu menu khusus yang terdapat pada aplikasi setelan adalah Opsi Pengembang atau Developer Options Android. Opsi ini merupakan sebuah fitur yang terdapat pada semua model perangkat android dan di berbagai merek yang berfungsi mengonfigurasi perilaku sistem.

Karena secara default opsi pengembang letaknya tersembunyi banyak pengguna Android yang tidak tahu cara mengaktifkan dan fungsi atau kegunaan dari opsi pengembang ini. Karena itu kali ini kita akan membahas fitur opsi pengembang mulai dari cara mengaktifkan serta manfaat, fungsi, kelebihan dan kekurangannya.

Table of Contents

Cara Aktifkan Opsi Pengembang Android

Secara default opsi pengembang atau Developer Option Android membutuhkan langkah khusus untuk mengaktifkannya. Berikut langkah-langkah mengaktifkan fitur opsi pengembang:
  1. Masuk ke Settings > About Phone
  2. Kemudian tekan Build Number sebanyak tujuh kali
  3. Muncul notif "anda sudah menjadi pengembang"
Pada langkah diatas kamu sudah berhasil memunculkan menu opsi pengembang pada menu setelan, selanjutnya yaitu mengaktifkan fitur tersebut dengan cara :
  1. Kembali ke menu awal settings
  2. Lalu masuk ke Setelan Tambahan > Opsi Pengembang atau Developer Options
  3. Klik Aktifkan Opsi Pengembang

Setiap merk Android akan berbeda tampilannya, kamu hanya perlu menyesuaikan langkah tersebut sesuai tata letak menu setelan Android yang kamu gunakan.

Manfaat Opsi Pengembang Android

Manfaat mode pengembang bisa di lihat dari masing masing menu nya, kamu bisa menggunakan menu ini untuk perubahan dan tweak berbagai macam pengaturan khusus yang ada di HP Android supaya sistem bisa bekerja lebih maksimal.

Mulai dari pengaturan otorisasi debug USB, koneksi, tampilan layar, animasi sistem, proses render hardware terutama GPU sampai opsi untuk kinerja sistem dan aplikasi yang berjalan di hp Android kamu.

Fungsi Opsi Pengembang Android

Secara fungsi fitur yang ada dalam opsi pengembang untuk memaksimalkan atau mengatur HP Android agar memperoleh kinerja yang maksimal baik secara umum ataupun secara fitur developernya untuk melakukan berbagai pengujian.

Artinya kamu bisa memanfaatkan beberapa fungsi untuk memaksimalkan atau mengatur ponsel Android. Berikut ini fungsi mode pengembang atau Developer Options Android berdasarkan menu yang tersedia dan umum digunakan.

1. Debuging (Take Bug report)

Manfaat opsi pengembang debuging adalah menu yang memungkinkan kamu merekam berbagai perizinan dari aplikasi. Sistem ini akan secara otomatis melakukan debug, setiap informasi terkait perangkat akan dikumpulkan dan menjadi report.

Fitur ini sangat berguna bagi seorang pengembang melakukan pengujian aplikasi dan mendapatkan laporan bug-nya.

2. Background Process Limit

Manfaat Background Process Limit adalah untuk membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background dalam satu waktu. Entah mencegah semua proses berjalan di latar belakang atau membatasi proses ke nomor tertentu.

Jika kamu memilih opsi ini, semua aplikasi kamu akan dihentikan setelah selesai digunakan. Fitur ini bisa digunakan untuk menghemat jumlah RAM yang berjalan ataupun sumber daya Android.

Namun ini juga akan menyebabkan peralihan aplikasi ke aplikasi lainnya akan lebih lambat karena aplikasi akan dimuat dari awal ketika kamu membuka kembali aplikasi sebelumnya.

3. USB debugging

Fungsi USB debug yaitu menjadi sebuah jembatan komunikasi port usb ponsel dengan PC melalui sambungan Android Debug bridge (ADB). Inilah yang memungkinkan Android menjalin komunikasi antara perangkat dengan komputer sesuai perintah ADB.

Jika fitur ini diaktifkan, sistem ponsel akan secara otomatis memberikan otoritas kepada PC atau laptop yang terhubung via USB atau nirkabel melalui Wireless Debugging.

Secara umum fitur ini sering diaktifkan untuk melakukan flash ulang Android ataupun menguji aplikasi bagi para developer.

4. Stay Awake

Stay awake berfungsi untuk memaksa menyalakan layar Android secara lama, Atau membuat perangkat Android tetap terjaga kapanpun bahkan ketika pengisian daya atau saat terhubung ke port USB komputer.

Sarannya jika kamu tidak terlalu memerlukannya jangan gunakan menu ini kecuali dalam keadaan yang diperlukan!

Selain opsi layar tetap terjaga, beberapa menu pengembang juga memiliki menu yang mengatur kondisi layar tetap menyala hanya dalam keadaan tertentu misal saat pengisian daya layar hanya akan terus menyala.

5. Window Animation Scale

Window Animation Scale adalah lama waktu yang dibutuhkan Android untuk menyalakan jendela pop up Fungsi opsi pengembang ini adalah mengatur kecepatan sistem animasinya.

Dimana kamu bisa mengaturnya sesuai dengan pilihan atau kondisi Android. Semakin rendah jumlah skala 1x, sedikit waktu yang dialokasikan untuk animasi, maka animasi akan semakin cepat.

Jika kamu mengaturnya semakin tinggi ke skala 10x maka kamu akan membutuhkan waktu yang lama untuk memunculkan animasi jendela pop up.

Fitur ini dapat membantu perangkat Android lebih cepat. Caranya dengan nonaktifkan animasi perangkat sehingga tidak ada efek transisi ketika melakukan tugas-tugas tertentu.

6. Transition Animation Scale

Transition Animation Scale pada dasarnya adalah hal yang sama dengan Window Animation Scale, tetapi hal ini lebih dimaksudkan untuk transisi antara sistem layar, seperti antara satu aplikasi dan yang lain atau ketika meluncurkan sebuah aplikasi dari layar awal.

7. Animator Duration Scale

Fungsi Animator Duration Scale pada dasarnya hanya mengontrol kecepatan loading animasi. Semakin rendah jumlah skala nya, sedikit waktu yang dialokasikan untuk animasi, maka animasi akan semakin cepat dan performa Android akan lebih ringan.

8. Revoke USB Debugging Authorizations

Jika sebelumnya diatas USB Debug berfungsi agar Android dan PC bisa terhubung, dan memberikan otoritas pada PC. Revoke USB adalah fitur menonaktifkan atau mencabut otorasisasi tersebut.

Kamu harus mengaktifkan USB Debug kembali dan menyetujui otoritas Android jika ingin menggunakannya untuk berbagai hal.

9. Show Taps

Manfaat mode pengembang Android Show Taps adalah memungkinkan kamu untuk melihat aktifitas sentuhan di layar. Di mana menampilkan tanda bulat visual di setiap lokasi di mana kamu menyentuh layar.

Fitur ini sangat bermanfaat buat kamu yang sering membuat rekaman layar, sehingga setiap sentuhan yang dibuatnya akan terdapat indikator.

10. Pointer Location

Fungsi dari Pointer Location untuk melihat bilah informasi terperinci di bagian atas layar yang memberitahukan koordinat sebenarnya dari titik saat ini. Fitur ini dapat digunakan sebagai tools pengujian atau memeriksa apakah layar HP Android merespons dengan baik atau rusak.

11. Show Refrest Rate

Fitur Show Refrest Rate di Developer Options berfungsi untuk memantau kecepatan layar ponsel. Fungsi ini cukup berguna buat kamu yang senang bermain game untuk melihat refresh rate yang cepat atau tidaknya.

12. Aggressive Wi-Fi to Cellular handover

Manfaat mode pengembang Android lainnya adalah untuk mempercepat data seluler. Jika kamu mengaktifkan fungsi ini, Wi-Fi akan lebih efisien dalam menyerahkan sambungan data ke jaringan seluler saat sinyal Wi-Fi rendah.

Bahayakah Mengaktifkan Opsi Pengembang Android?

Bahayakah Mengaktifkan Opsi Pengembang Android?

Secara umum Opsi pengembang ini tidak akan membahayakan sistem atau fungsi dari HP Android, karena secara fungsi dan fitur justru menjadi pilihan yang dapat membantu.

Memahami dan mengetahui berbagai macam pilihan tersebut membantu kamu terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan seperti error. Jadi, sekali lagi opsi pengembang ini tidaklah berbahaya apabila kamu sudah paham fungsi dan manfaat berbagai fiturnya.

Perlukah Mengaktifkan Opsi Pengembang?

Jawabannya adalah tergantung kebutuhan pengguna perangkat Android itu sendiri. Di mana jika kamu ingin melakukan opsi lanjutan untuk mengoptimalkan kinerja sistem atau ingin memahami lebih dari semua fitur devicenya tidak ada salahnya mengaktifkan Opsi Pengembang.

Atau sesuai kebutuhan seperti saat ingin menyambungkan USB ke PC agar ponsel dapat terdeteksi pada Port 9008, OEM Unlock bagi yang akan Root ponsel, atau melakukan perbaikan ponsel dengan cara flashing.

Penutup

Nah itu tadi Fungsi dan Manfaat Opsi Pengembang Android Serta Kelebihannya. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.
#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan