Cara Membuat Link Sumber Artikel Otomatis di Blog

Panduan Membuat Link Sumber Artikel Otomatis di Blogger Ketika Artikel di Copy Paste Menggunakan JavaScript.
Cara Membuat Link Sumber Artikel Otomatis di Blog

Cara Membuat Link Sumber Artikel Otomatis di Blog - Pernah melihat sumber link artikel muncul ketika kita meng-copy isi artikel tersebut? Contohnya seperti tampilan di bawah ini.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque vel bibendum ex, eget bibendum turpis. Cras vitae lectus felis. Maecenas odio justo, porta tempor fermentum ac, cursus nec dui. In consectetur efficitur dui suscipit commodo.

Terimakasih sudah berkunjung, artikel ini bersumber dari : https://www.inputekno.com/2022/04/upgrade-properti-google-analytics-4.html

Bagi seorang blogger menerapkan fungsi ini ada banyak manfaat, salah satunya menghindari copy-paste secara utuh dan membublikasikan nya ke blog orang lain tanpa menyantumkan sumber artikel.

Dengan begitu link sumber akan muncul otomatis untuk memberikan informasi dan peringatan kepada copaser artikel blog. Lalu bagaimana cara membuat link sumber otomatis ketika artikel di copy paste?

Table of Contents

Cara Membuat Link Sumber Artikel Otomatis di Blog

Untuk membuat link sumber otomatis saat artikel di copas oranglain, kita bisa menambahkan kode JavaScript ke dalam HTML template blog.

Agar lebih jelas, kamu bisa mengikut langkah-langkah berikut ini :

Membuat Link Sumber Artikel Otomatis Blogger

  • Buka Dashboard Blogger
  • Pilih Menu Tema/Template
  • Klik EDIT HTML
  • Cari kode tag </head>, gunakan fungsi Find (CTRL + F)
  • Salin kode dibawah ini kemudian paste tepat diatas tag tersebut
  • Klik SIMPAN jika sudah
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function copaslink(){var e,n=document.getElementsByTagName("body")[0],t=(e=window.getSelection())+("<br/><br/>&copy; Sumber Artikel : <a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br/>"),o=document.createElement("div");o.style.position="absolute",o.style.left="-99999px",n.appendChild(o),o.innerHTML=t,e.selectAllChildren(o),window.setTimeout(function(){n.removeChild(o)},0)}document.oncopy=copaslink;
//]]>
</script>

Sesuaikan teks yang di tandai menggunakan kalimat yang di inginkan

Kode di atas berfungsi untuk menampilkan sumber link artikel saat tulisan di copy dan di paste dimana saja, baik di blog, media sosial, word, notepad, dan sebagainya.

Penutup

Nah itu tadi Cara Membuat Link Sumber Artikel Otomatis di Blogger. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.

Source Code:
https://www.gurudzgn.com/2022/02/cara-membuat-link-sumber-artikel.html

#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan