5 Processor Intel Murah Cocok Untuk Gaming

Rekomendasi processor murah dari intel Cocok Untuk Gaming & konten kreator yang low budget.
5 Processor Intel di Bawah 500 Ribu Cocok Untuk Gaming
Sumber: maxikhsan.my.id

Perkembangan teknologi komputer saat ini terus berkembang dan semakin canggih. Bahkan beberapa perusahan pembuat processor seperti Intel dan AMD sengaja membuat processor dengan segmen khusus, contohnya seperti processor yang diperuntukan untuk desktop (umum), gaming dan konten kreator, gaming, dan server.

seiring perkembangan teknologi komputasi yang semakin berkembang, maka harga dari processor pun ikut naik karena adanya upgrade dari segi spesifikasi serta durabilitas. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah informasi tentang beberapa processor Intel yang sudah jadul dan harganya sudah murah banget, dan tentunya masih sangat worth it untuk Anda beli dan Anda gunakan untuk bermain game.

Table of Contents

5 Processor Intel Murah Untuk Gaming

1. Core 2 Quad Q6600

Diurutan pertama processor murah yang masih worth it untuk diajak main game adalah processor Core 2 Quad Q6600. Saat ini processor tersebut ada dikisaran harga 80 sampai 100 ribuan saja. Kelebihan dari processor Core 2 Quad Q6600 adalah sudah memiliki 4 core dan 4 thread, sehingga kinerjanya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan processor dual core pada masanya.

Kelebihan lain dari processor tersebut adalah kecepatannya yang cukup tinggi, yaitu sekitar 2.4 GHz. Selain itu TDP dari processor ini juga cukup rendah, jadi Anda tidak perlu khawatir listrik di rumah Anda akan boros.

Kelebihan terakhir yaitu processor tersebut bisa digunakan pada motherboard dengan chipset G31 dan G41, sehingga processor ini siap digunakan pada motherboard yang masih menggunakan RAM jenis DDR2 dan DDR3.

2. Xeon X5460

Xeon X5460 adalah processor dengan segmen vertikal server. Jadi processor ini sebenarnya diperuntukan untuk komputer server, namun ternyata processor ini bisa di modifikasi sehingga bisa digunakan pada motherboard dengan socket LGA 775.

Kelebihan processor ini adalah sudah menggunakan 4 core, sehingga untuk urusan multitasking, processor ini sangat bisa diandalkan. Kelebihan lain dari Xeon X5460 adalah kecepatannya cukup tinggi, yaitu 3.1 GHz. Sehingga meski tanpa di overclock, processor ini sudah sangat worth untuk diajak editing dan gaming.

Kekurangan processor Xeon X5460 adalah TDP nya yang cukup besar, yaitu sekitar 120 Watt. Dengan TDP sebesar itu tentu akan membuat processor panas dan listrik cukup boros.

Tapi itu cukup setimpal dengan performa yang didapatkan, terlebih lagi apabila processor Xeon X5460 ini di overclock ke 3.4 GHz.

3. Xeon X3470

Sama seperti processor Xeon X5460, processor Xeon X3470 juga memiliki segmen vertikal untuk server. Namun saat ini banyak yang menggunakan processor ini untuk digunakan di desktop. Alasan mengapa processor Xeon X3470 masuk kedalam processor jadul yang direkomendasikan untuk gaming adalah karena Xeon X3470 ini spesifikasinya mirip dengan core i7.

Spesifikasi singkat processor Xeon X3470 yaitu memiliki 4 core dan 8 thread, memiliki kecepatan 2.9 GHz yang bisa di overclock hingga 3.6 GHz, TDP rendah hanya sekitar 95 Watt, dan yang paling penting saat ini harga processor ini sangat murah, yaitu sekitar 360 ribuan saja.

4. Core i5 2400

Core i5 2400 adalah seri core i pada codename Sandy Bridge yang menggunakan socket LGA 1155. Processor tersebut dibekali dengan 4 core dan 4 thread, sehingga akan sangat cocok untuk diajak main game atau editing bagi konten kreator.

Kecepatan processor Core i5 2400 yaitu 3.1 GHz dan bisa di overclock hingga 3.4 GHz. Processor ini sangat cocok digunakan Anda yang berniat membuat Rig gaming dengan budget terbatas.

5. Core i5 3570

Processor yang harganya sudah murah dan memiliki performa top untuk diajak editing dan main game adalah Core i5 3570. Processor ini adalah update dari processor seri core i di codename Sandy bride yang di update menjadi Ivy Bridge.

Kelebihan processor ini adalah kecepatan default Core i5 3570 adalah 3.4 GHz dan bisa ditingkatkan menjadi lebih tinggi dengan cara di overclock. Selain itu TDP dari processor dengan jumlah core dan thread 4 ini hanya sekitar 77 watt saja. Sehingga processor ini tidak akan membuat listrik di rumah Anda.

Penutup

Nah, itulah rekomendasi processor murah dari intel. Meski harganya murah namun untuk urusan performa tidak usah diragukan, selain itu rekomendasi processor ini sangat cocok untuk para konten kreator yang low budget.
Gabung dalam percakapan