7+ SEO Tools Gratis Untuk Blogger & Wordpress

7 SEO Tools Gratis Untuk Blogger & Wordpress untuk Optimasi SEO On-Page, Search Keyword, Optimasi Image.
SEO Tools Gratis

SEO Tools Gratis Untuk Blogger & Wordpress - Optimasi SEO sangat penting dalam dunia blogging. SEO On-Page memainkan peran kunci dalam menentukan peringkat halaman blog untuk menghasilkan trafik lalu lintas.

Optimasi SEO bisa mencakup Kata Kunci, Optimasi Gambar, SEO On-page dan pemeriksaan Plagiarisme, dll. Karena itu diperlukan berbagai jenis Alat SEO yang dapat digunakan di blog atau Situs Web baik di WordPress atau Blogger.


Table of Contents

7 Alat SEO Gratis Untuk Blogger & Wordpress

Semua alat SEO yang akan kita bahas di sini sepenuhnya gratis dan sebagian besar adalah alat online sehingga kamu dapat dengan mudah mengaksesnya.

Berikut 7 SEO Tools Gratis untuk Blogger dan Wordpress :

Research Keyword

Ada banyak alat riset kata kunci atau keyword yang tersedia di internet. Salah satu alat research keyword gratis yaitu UberSuggest.

Alat research keyword gratis ini mengintegrasikan hasil dari Google Trends dan penargetan kata kunci Google yang dapat digunakan untuk YouTube dan Blogging.

Selain dapat di akses melalui web, Uber Suggest juga menyediakan Chome Extention bernama Ubersuggest - SEO and Keyword Discovery yang sangat berguna untuk menghasilkan volume pencarian instan, BPK, dan Persaingan.

Optimasi Gambar

Pengoptimalan Gambar tentu sangat penting untuk mengurangi waktu pemuatan situs web. Penting menentukan format gambar untuk web, salah satunya jenis gambar dengan format webp.

Jenis gambar webp sering digunakan untuk keperluan web konten blog. Karena memiliki ukuran 26% sampai 34% lebih kecil jika dibanding gambar dengan format lain seperti Jpeg & PNG.

Jadi di sini kamu dapat menggunakan alat online untuk mengconvert gambar webp seperti web tools image to webp.

Pemeriksa Plagiarisme

Konten yang menarik dan unik dari kebanyakan konten yang ada di blog lain lebih disukai oleh Google, begitupun pengunjung blog kita.

Jangan sampai ada plagiat yang terdapat di konten situs web. Jadi alat terbaik untuk memeriksa plagiarisme adalah duplichecker.

Selain memeriksa kemungkinan plagiarisme, pastikan juga kita menggunakan gambar bebas royalti atau hak cipta. Ada banyak situs yang menyediakan gambar bebas hak cipta.

Thumbnail Generator

Selain judul, Gambar atau sering disebut Thumbnail konten juga sangat penting dalam sebuah konten artikel untuk menarik pengunjung membaca artikel yang kita buat.

Ada banyak tools gratis yang bisa dimanfaatkan untuk membuat Thumbnail artikel, salah satu yang saya rekomendasikan adalah Canva karena dapat digunakan secara gratis.

Google Search Console

Google Search Console adalah SEO Tools gratis milik Google yang berfungsi untuk mengidentifikasi data blog.

Terdapat berbagai fitur yang bisa di manfaatkan sepenuhnya secara gratis, mulai dari menganalisis trafik blog, mengatur sitemap blog, melihat blacklink, mempercepat crawling dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya fitur yang membantu di dalam Google Search Console akan lebih mudah untuk meningkatkan SEO blog kita.

Google Analytics

Google Analytics (GA) adalah layanan gratis dari Google yang dapat memberikan analisa perkembangan performa blog.

Alat ini dapat memantau jumlah pengunjung aktif secara real time, lokasi hingga sumber trafik.

Google PageSpeed Insights

Kecepatan loading sebuah situs web terutama pada perangkat mobile menjadi salah satu indikator terpenting di hasil pencarian Google.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan loading situs web lambat mulai dari gambar, script dan lain sebagainya.

Alat untuk mengukur kecepatan situ web gratis yaitu Google PageSpeed Insights. Dengan alat milik Google ini, kita bisa melihat skor kecepatan blog dan rekomendasi perbaikan yang diperlukan.

Dengan begitu kita bisa mengetahui performa kecepatan blog dan menjaga performa SEO dengan lebih mudah agar blog selalu dapat di akses dengan cepat.

Penutup

Nah itu tadi SEO Tools Gratis Untuk Blogger & Wordpress. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.
#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan