Mengenal Istilah dan Arti Status Pengiriman JNE

Mengenal Istilah dan Arti Status Pengiriman JNE Lengkap.
Istilah dan Arti Status Pengiriman JNE

Ada banyak layanan ekspedisi yang ada di indonesia, salah satunya layanan ekspedisi JNE. Mungkin kamu sudah tidak asing dengan ekspedisi tersebut karena sering menggunakan layanannya.

Pada pembahasan kali ini kita akan mengenal arti dari status pengiriman JNE tersebut. Buat kamu yang belum terbiasa dan masih bingung mengenai status dari kode resi JNE bisa simak penjelasan berikut.

Table of Contents

Mengenal Perusahaan Ekspedisi JNE

Siapa disini yang sering nerima atau mengirimkan paket lewat layanan JNE? Ya, JNE atau PT. Jalur Nugraha Ekakurir merupakan perusahaan yang menawarkan layanan ekspedisi sejak tahun 1990 hingga saat ini.

Dengan pengalaman yang cukup lama, JNE menjadi ekspedisi populer hingga sekarang. Memiliki 1.500 lebih titik lokasi untuk menjangkau pelanggan dalam memaksimalkan pelayanan.

Istilah dan Arti Status Pengiriman JNE

Ketika kita memasan barang secara online kemudian penjualan mengirimkan nya melalui layanan ekspedisi JNE, Kita akan mendapatkan yang namanya RESI. Resi berfungsi untuk memantau status paket.

Untuk melakukan pengecekan status paket JNE kita menggunakan RESI tersebut bisa dilakukan secara Online melalui situs resmi JNE atau cek resi online, dengan melakukan pemantauan kita jadi tahu dimana posisi paket kita saat ini.

Terdapat istilah kode pengiriman JNE, mungkin jika kamu baru pertama kali menggunakan layanan Ekspedisi JNE akan sedikit kebingungan, nah untuk itu berikut istilah dan arti status pengiriman JNE.

Status pengiriman JNE Arti Status
SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [nama kota] paket telah di antar oleh pengirim dan di terima oleh agen jne sesuai lokasi pengirim,biasanya di belakang tertulis nama kota
RECEIVED AT ORIGIN GATEWAY Barang telah di terima di gudang jne baru kemudian akan di kirim melalui udara maupun darat
DEPARTED FROM TRANSIT yaitu paket yang kamu kirim Sedang berada di Gudang kota tertentu. Namun, Sudah dalam penjadwalan untuk Diteruskan ke kota tujuan.
SHIPMENT PICKED UP BY JNE COURIER status ini menandakan bahwa Petugas telah menjemput Barang dari agen atau diambil oleh kurir jne untuk diantarkan ke agen berikutnya.
RECEIVED AT SORTING CENTER sekarang Paket telah sampai di tempat sortir baru kemudian melakukan sortir sesuai dengan kota tujuan
PROCESSES AT SORTING CENTER Barang sedang dalam proses sortir di tempat sortir, hal ini mungkin bertujuan untuk memisahkan paket yang sesuai dengan kota tujuan.
RECEIVED AT WAREHOUSE Barang anda berada di Gudang kota tujuan, yang nantinya akan dikirim ke agen pusat JNE tingkat kabupaten.
SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION Artinya barang anda telah dalam proses pengiriman ke agen tingkat kabupaten.
RECEIVED AT INBOUND STATION [NAMA KOTA] Barang anda telah diterima oleh Sub Agen JNE.
WITH DELIVERY COURIER JNE Artinya barang dalam proses pengiriman ke alamat tujuan melalui Kurir JNE.
DELIVERED TO [penerima] Paket telah berhasil diterima oleh nama yang tercantum pada statusnya

Istilah dan Arti Status Pengiriman JNE [Update]

Status pengiriman JNE Arti Status
ON-PROCESS Paketnya sedang diproses oleh JNE
ON-TRANSIT Pengiriman tengah transit khususnya untuk kiriman antar pulau
MISROUTE (MR) Terjadi kesalahan dari rute pengiriman
JNE ON PROCESS Paketnya dalam proses pengiriman, biasanya terjadi karena sistem error ataupun status belum ada pembaharuan
HAND OVER (HO) Paket tengah diserahkan ke pihak tertentu lalu dikirimkan ke agen JNE terdekat
HIGH VALUE SHIPMENT (HVS) HO TO HVS Paketnya termasuk dalam barang yang berharga dimana memiliki harga 10 kali lipat dari ongkos kirim. Paket ini ditangani oleh tim JNE khusus
CRISS CROSS (CC) Memiliki arti adanya kemungkinan barang tertukar
LUAR BATAS ANTAR (LBA) Artinya alamat terlalu jauh dijangkau oleh agen JNE, pada daerah pelosok ataupun tidak ada akses kendaraan. Untuk mengatasinya kamu harus datang ke kantor JNE sendiri
HO HOLD FOR FURTHER INSTRUCTIONS Pengiriman ditahan JNE, kamu harus menunggu instruksi berikutnya
HOLD REQUEST BY SHIPPER Pengiriman ditahan berasal dari permohonan pengirim atau penerima.
BAD ADDRESS (BA) Kurir JNE tidak dapat menemukan alamat dan lokasi
ANTAR ULANG (AU) Pengiriman dilakukan ulang karena hari sebelumnya tidak berhasil dilakukan
AU TO OPS Pengiriman ulang dilakukan ke bagian operasional
REDELIVERY Pengiriman ulang ketika kurir sudah mengantarkan barang namun tidak ada penerimanya

Penutup

Nah itu tadi Mengenal Istilah dan Arti Status Pengiriman JNE. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.
Photography, Traveler, Blogger, Graphic Designer.
Gabung dalam percakapan