6 Tips Optimasi Baterai HP Xiaomi

6 Tips Optimasi Baterai HP Xiaomi cukup gunakan fitur ini untuk menghemat pemakaian baterai selama seharian.
5 Tips Optimasi Baterai HP Xiaomi

Baterai HP yang boros tentu menjadi masalah, terutama saat digunakan ketika berpergian. Karena itu Mengoptimalkan baterai adalah cara yang baik untuk menghemat pemakaian baterai selama seharian.

Setiap smartphone sudah dilengkapi dengan fitur yang berperan untuk hal tersebut, termasuk HP Xiaomi. Ada banyak fitur tersembunyi yang tersedia untuk membantu meningkatkan masa pakai baterai dan kinerjanya. Namun tidak semua orang memanfaatkannya.

Berikut adalah 5 tips optimasi baterai HP Xiaomi yang dapat kamu terapkan agar baterai HP kamu tidak cepat habis.

Table of Contents

Cara Terbaik Mengoptimalkan Baterai HP Xiaomi

Ada beberapa cara yang dapat membantu mengoptimalkan dan menghemat baterai, namun di sini kita hanya akan menunjukkan cara yang paling efektif dilakukan.

Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Aplikasi yang berjalan di latar belakang sering kali menjadi penyebab utama konsumsi baterai yang tinggi. Hal ini di karenakan sinkronisasi otomatis aktif di beberapa aplikasi seperti media sosial, browser.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang sering kali menjadi penyebab utama konsumsi baterai yang tinggi. Hal ini di karenakan sinkronisasi otomatis aktif di beberapa aplikasi.

Semua aplikasi ini terus-menerus mengambil informasi terbaru dari internet untuk menyediakan konten terkini dan segar bagi penggunanya. Pada akhirnya baterai ponsel Anda terkuras karena semua aktivitas latar belakang ini.

Xiaomi menyediakan fitur untuk mengelola aplikasi ini dan mengurangi dampaknya pada baterai.

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih menu Akun & Sinkron.
  • Lalu matikan "Sinkronisasi data otomatis"

Atau kamu juga bisa memilih aplikasi secara individu yang di rasa dapat menguras lebih banyak baterai.

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih menu Aplikasi dan Pilih Kelola Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang dan hentikan atau batasi aktivitasnya.

Aktifkan Mode Penghemat Baterai

Mode hemat baterai adalah salah satu fitur terbaik yang disediakan saat ini. Xiaomi sendiri hadir dengan mode "Penghemat Baterai" dan "Penghemat Baterai Ultra". Mode ini secara otomatis menghentikan semua proses latar belakang, mengurangi animasi dan mengurangi kinerja perangkat untuk menghemat daya.

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih Baterai & Performa
  • Aktifkan "Mode Hemat Baterai" atau "Penghemat Baterai Ultra"

Agar lebih cepat kamu dapat mengakses fitur ini di tombol bar navigasi, cukup dengan menggeser kontrol navigasi dan aktifkan "mode hemat baterai" atau "hemat baterai ulta"

Nonaktifkan Super Wallpaper

Super Wallpaper merupakan fitur visual untuk memberikan pengalaman unik dan menarik dengan efek animasi 3D. Namun fitur dapat mengurangi baterai secara signifikan ketimbang wallpaper statis pada umumnya.

Agar mengurasi konsumsi baterai berlebihan, kamu bisa mengubah tampilan visual ke default atau wallpaper statis biasa di pengaturan.

Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Fitur seperti Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi dapat menguras baterai jika dibiarkan aktif saat tidak digunakan. Matikan fitur-fitur ketika tidak diperlukan untuk menghemat daya.

Kamu bisa melakukannya di pengaturan HP xiaomi, atau langsung melalui pusat kontrol dengan menggeser ke bawah dari bagian atas layar.

Tutup Aplikasi yang Tidak Diinginkan

Saat membuka aplikasi dan kembali ke tampilan awal, kamu merasa aplikasi sudah tertutup. Jika tidak dilakukan optimasi pada pengaturan setiap aplikasi justru aplikasi tersebut akan tetap berjalan di latar belakang, hal itu dapat menguras baterai secara drastis.

Untuk mengatasi hal tersebut, cukup buka recent app dan geser untuk menutup aplikasi yang di inginkan. Atau jika diperlukan kamu bisa optimasi setiap aplikasi secara individu melalui setelan agar tertutup secara otomatis dalam kurun waktu tertentu ketika tidak digunakan.

Hapus Widget

Widget adalah fitur kustomisasi yang bagus di smartphone. Itu dapat membantu melakukan tugas dengan cepat tanpa perlu masuk ke aplikai.

Tapi tidak semua widget cukup baik untuk digunakan, terlebih jika widget perlu menggunakan lokasi atau setelan lain agar terus berjalan. Hal ini berdampak pada baterai yang akan ceapat habis.


Penutup

Nah itu tadi 6 Tips Optimasi Baterai HP Xiaomi tanpa langkah yang rumit, cukup dengan memanfaatkan fitur yang tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba.

#Keep Reading and Keep Working
Gabung dalam percakapan