OpenAI Luncurkan GPT-4o dengan Fitur Canggih dan Pemahaman Bahasa Global

OpenAI secara resmi memperkenalkan model kecerdasan buatan terbaru mereka, GPT-4o, yang hadir dengan sejumlah fitur premium.
Cara Download File di Terabox Tanpa Login

Jakarta - OpenAI secara resmi memperkenalkan model kecerdasan buatan terbaru mereka, GPT-4o, yang hadir dengan sejumlah fitur premium dan antarmuka web yang diperbarui untuk meningkatkan kualitas interaksi manusia-komputer. Peluncuran ini diumumkan pada Senin (13/5), dengan janji bahwa model ini akan tersedia untuk publik dalam beberapa pekan mendatang.

Menurut laporan dari Gizmochina seperti yang dilansir dari Harian Sriwijaya, GPT-4o dirancang untuk memajukan teknologi kecerdasan buatan menuju interaksi yang lebih alami dan efisien. Model ini tidak hanya mampu memproses teks, tetapi juga gambar dan audio, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan cara yang lebih bervariasi dan intuitif.

Salah satu fitur utama yang ditonjolkan dalam GPT-4o adalah mode suara yang ditingkatkan. Sebelumnya, sistem suara menggunakan tiga model terpisah untuk transkripsi, pengolahan kecerdasan, dan konversi teks-ke-suara, yang sering kali mengakibatkan penundaan dalam respons. Dengan GPT-4o, OpenAI berhasil menggabungkan semua ini menjadi satu kesatuan yang lebih efisien, sehingga memberikan respons suara yang lebih cepat dan lebih alami.

"Pengguna kini dapat berinteraksi dengan model ini melalui suara dengan latensi yang sangat rendah, hanya 232 milidetik, mendekati kecepatan respons manusia," jelas perwakilan OpenAI. Pengguna juga dapat mengunggah gambar melalui kamera ponsel dan menerima respons instan, memungkinkan mereka untuk mengajukan pertanyaan atau permintaan dengan cara yang lebih fleksibel.

Selain itu, GPT-4o menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan penerjemahan bahasa non-Inggris. Ini menjadikannya alat yang lebih efektif bagi pengguna di berbagai belahan dunia yang membutuhkan penerjemahan bahasa secara cepat dan akurat. Model ini diharapkan dapat mendukung berbagai aplikasi, mulai dari layanan penerjemahan hingga asisten virtual yang lebih canggih.

GPT-4o juga akan tersedia melalui API, memungkinkan pengembang untuk memanfaatkan teknologi ini dalam aplikasi mereka. Ini membuka peluang baru untuk inovasi dalam pengembangan perangkat lunak dan layanan berbasis kecerdasan buatan.

OpenAI juga menawarkan model ini secara gratis dengan batasan tertentu, tetapi bagi pengguna yang membutuhkan kemampuan lebih, tersedia opsi premium. Pengguna premium akan mendapatkan akses ke sumber daya yang lima kali lipat lebih banyak dibandingkan versi gratis, memberikan fleksibilitas yang lebih besar untuk menangani aplikasi yang memerlukan komputasi intensif.

Selain peluncuran GPT-4o, OpenAI juga memperkenalkan aplikasi ChatGPT khusus untuk desktop berbasis macOS. Aplikasi ini dirancang untuk integrasi yang lebih baik dengan ekosistem Apple, memungkinkan pengguna untuk mengakses dan menggunakan alat ini dengan lebih mudah dalam alur kerja mereka sehari-hari. Dengan adanya pintasan keyboard (Opsi + Spasi), pengguna dapat dengan cepat membuka halaman percakapan, menjadikan aksesibilitas dan penggunaan ChatGPT lebih efisien.

Langkah strategis ini menunjukkan komitmen OpenAI dalam terus berinovasi dan memberikan alat yang lebih maju dan mudah digunakan kepada masyarakat luas. GPT-4o diharapkan dapat memberikan dampak besar dalam cara orang berinteraksi dengan teknologi kecerdasan buatan, menciptakan pengalaman yang lebih intuitif dan bermanfaat bagi pengguna di seluruh dunia.

Dengan kehadiran GPT-4o, OpenAI tidak hanya meningkatkan kemampuan teknologi kecerdasan buatan mereka, tetapi juga memberikan peluang baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan teknologi ini secara lebih efektif dan efisien. Peluncuran ini menjadi tonggak penting dalam perkembangan teknologi AI, membuka jalan bagi interaksi manusia-komputer yang lebih alami dan bermanfaat di masa depan.

GPT-4o diharapkan dapat membawa perubahan signifikan dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, bisnis, hingga layanan publik, dengan memberikan alat yang lebih canggih dan mudah diakses. Dengan terus berinovasi dan mendukung perkembangan teknologi, OpenAI berupaya menciptakan masa depan di mana kecerdasan buatan dapat membantu manusia dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Penulis: Adjie Prasetyo

Gabung dalam percakapan