Com vs Net – Apa Perbedaannya? Yuk Simak

Mengenal Perbedaan Eksitensi Domain Com dan Net, Mulai dari Pengertian dan alasan memilih domain com atau net.
Com vs Net – Apa Perbedaannya?

Seringkali Anda melihat website dengan ekstensi domain .com dan .net. Lalu, apa sebenarnya perbedaan dari ekstensi domain tersebut? Pemilihan nama domain memang sangat penting karena bisa mempengaruhi branding website. Com vs Net mana yang lebih baik?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara .com dan .net sehingga bisa memilih dan mempertimbangkan mana yang lebih sesuai dengan jenis website yang Anda bangun. Mari kita simak bersama penjelasan dari ekstensi domain ini.

Table of Contents

Apa Itu Ekstensi Domain .Com dan .Net?

Nama domain adalah alamat dari situs web. Contohnya adalah website yang menjual domain murah Indonesia dan harga VPS murah yaitu niagahoster.com.

Jadi, domainnya adalah niagahoster sedangkan ekstensi domainnya adalah .com. Setiap nama domain pasti memiliki ekstensi yang mengikutinya. Ekstensi ini seringkali menggunakan TLD (Top Level Domain).

Adanya dari ekstensi domain tersebut berfungsi untuk membuat website lebih dikenal dan unik dibandingkan dengan website lainnya. Selain itu, ekstensi bisa menunjukkan jenis konten website Anda secara tersirat.

Jadi, Anda perlu untuk memilih ekstensi domain yang sesuai dengan bisnis yang digeluti. Ekstensi juga akan membantu untuk membangun merek agar bisa dikenali dengan mudah. Baik Com vs Net sama-sama ekstensi domain yang saat ini populer dan banyak digunakan.

Namun, perlu diketahui perbedaan Com vs Net agar bisa memilih mana yang terbaik untuk bisnis.

Perbedaan Antara Nama Domain .Com vs .Net

Baik .Com dan .Net adalah domain yang paling populer. Banyak orang yang terkadang tergiur untuk memilih ekstensi .Net jika domain .Com sedang tidak tersedia. Perlu disadari bahwa .Net di beberapa kasus tidak cocok untuk bisnis Anda. Berikut adalah perbedaannya.

1. Perbedaan dari Segi Tujuannya

.Com adalah ekstensi yang digunakan untuk situs komersial. Jadi, ekstensi ini dipakai bagi website yang diperuntukkan menjadi bisnis, menghasilkan uang, web pribadi, blog, portofolio, dsb.

Sedangkan .net adalah ekstensi yang berasal dari kata "network" atau jaringan. Jadi, website dengan ekstensi ini lebih cocok dipakai untuk situs yang digunakan untuk penyedia jaringan, layanan email, dan hal yang serupa dengan itu.

2. Kenapa Harus Pilih Com (Kelebihan Com)

Untuk memahami perbedaan dari Com dan Net, kami berikan alasan kenapa harus memilih Com terlebih dahulu agar bisa mempertimbangkan keduanya.

Penggunaan ekstensi Com ini lebih mudah diingat oleh banyak orang dibandingkan ekstensi lainnya sehingga lebih akrab dan meyakinkan.

3. Kenapa Harus Pilih Net (Kelebihan Net)

Setelah mengetahui keuntungan dari Com, Net juga memiliki keuntungan. Ekstensi ini direkomendasikan bagi Anda yang menyediakan bisnis layanan hosting, penawaran paket internet, modem, dsb.

Tidak hanya itu, beberapa website komunitas desain online juga menggunakan ekstensi ini karena untuk memperkenalkan jaringan seniman dan desainer.

Mana yang Lebih Baik .Com vs .Net untuk SEO

Banyak orang yang bertanya mana yang lebih baik antara Com vs Net untuk menaikkan peringkat website atau SEO friendly. Sejatinya, kedua ekstensi ini tidak memiliki perbedaan dalam segi SEO.

Keduanya memiliki potensi yang sama untuk membawa website dapat rangking pertama. Hal yang harus diperhatikan adalah konten yang bermanfaat agar pengunjung bisa lebih banyak mendatangi website dan meningkatkan rating.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai perbedaan Com vs Net yang harus kalian ketahui. Hal yang tak kalah penting adalah nama domain yang unik dan relevan dengan konten. Pilih nama domain terbaik dari Niagahoster agar bisa meningkatkan rating website lebih baik.
Gabung dalam percakapan