Penting Memeriksa Spesifikasi Komputer dan Laptop

Penting memeriksa spesifikasi komputer atau laptop sebulum membeli nya, agar perangkat yang dibeli tidak ketinggalan jaman.
Pentingnya Memeriksa Spesifikasi Komputer dan Laptop

Kenapa komputer atau laptop harus diperiksa spesifikasinya? Perkembangan teknologi komputer sudah tidak dapat  di bendung lagi. Setiap waktu, selalu muncul tipe atau varian baru dari komputer ataupun laptop. Untuk itu pengetahuan tentang perkembangan tersebut memang diperlukan khususnya bagi Anda yang akan meng-update atau membeli perangkat pc.

Penting memeriksa spesifikasi komputer atau laptop sebulum membeli nya, agar perangkat yang dibeli tidak ketinggalan jaman atau nantinya akan sulit untuk menyembangkan aplikasi yang dibutuhkan, karena terus berkembangnya perbaruan aplikasi-aplikasi komputer.

Memeriksa spesifikasi komputer dan Laptop

Cara yang palih mudah memeriksa spesifikasi komputer adalah dengan melihat informasi yang ada di dalam My Computer > Properties Jika OS yang kamu gunakan adalah Microsoft Windows.

Hal tersebut dapat kamu lakukan dengan cara: 1. Klik Start menu
2. Klik kanan My Computer dan pilih Properties
3. Selanjutnya kamu akan melihat jendela View basic information about your computer yang berisikan informasi tentang komputer. Seperti gambar dibawah :

Spesifikasi Komputer Core i7

Alternatif lain untuk melihat spesifikasi komputer adalah dengan menggunakan perintah bawaan Windows yang bernama DXDIAG (DirectX Diagnostic Tool). Perintah ini akan menampilkan spesifikasi komputer dalam bentuk tab-tab yang lebih terperinci dibandingkan cara diatas tadi. Jalankan perintah DXDIAG dengan cara: 1. Klik Start
2. Ketik Run pada kolom Search program and file. Atau pencet tombo Win+ R
3. Ketik perintah DXDIAG lalu OK. Maka akan muncul kontak dialog DirectX Diagnostic Tool seperti gambar dibawah.


Jika kedua Cara diatas masih dirasa kurang memenuhi informasi yang Anda inginkan misalkan tentang mainboard. Maka Anda dapat menggunakan utility khusus untuk mendeteksi spesifikasi hardware yang digunakan secara lengkap.

Terdapat banyak aplikasi untuk mendeteksi spesifikasi hardware. Diantaranya CPU-Z dan Everest.

Kamu tidak perlu menginstal utility ini ke dalam komputer atau laptopmu. gunakan versi portible (tanpa harus diinstal) yang berjalan di setiap tipe Windows karena biasanya kita tidak terlalu sering melihat spesifikasi komputer atau laptop kita.

CPU-Z yang digunakan dalam contoh ini adalah CPU-Z portible. kamu dapat mendownload nya dengan bantuan Search Engine.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan