Troubleshooting Driver Komputer dan Laptop Windows

Troubleshooting Driver Komputer dan Laptop Windows Agar Tetap Update dan Berfungsi dengan baik.
Troubleshooting Driver Komputer dan Laptop Windows
Troubleshooting Driver/ Google

Troubleshooting Driver Komputer dan Laptop Windows - Kata driver jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia berarti pengendali, sopir, atau orang yang menjalankan. Tanpa driver yang sesuai, sebuah hardware tidak akan dapat digunakan dengan maksimal.

Sesuai dengan pengertiannya, driver dalam komputer memiliki fungsi yang serupa yaitu sebagai software yang mengendalikan hardware. Dengan kata lain driver merupakan sebuah software khusus yang ditanam ke dalam Operating System untuk menjalankan sebuah hardware.

Misalkannya saja kamu hendak memasang printer pada komputer, OS pada komputer akan medeteksi harware printer tersebut dan mencari driver hardware-nya.

Table of Contents

Cek Driver Komputer/Laptop

Nah, untuk itu periksalah susunan driver yang terinstal di dalam OS apakah telah sesuai dengan hardware yang terpasang di dalam rangkaian PC atau Laptop Anda. Caranya sebagai berikut :
  1. Klik kanan shortcut My Computer dan pilih Properties
  2. Jalankan fitur Device Manager
  3. Selanjutnya periksa strukur driver yang kamu miliki apakah semua telah lengkap
Jika terjadi ketidak sesuaian hardware yang dipasang dan driver yang diinstal maka akan tampil dengan logo Other device atau bisa juga tanda segitiga kuning.

Artinya, hardware telah terpasang di dalam komputer, namu OS belum mengenali driver hardware tersebut. Untuk itu, instal driver-nya agar hardware (device) tersebut dapat berjalan dengan normal.

Update Driver Komputer/Laptop

Salah satu cara untuk menjaga driver selalu update kamu bisa gunakan software DriverPack Solution. Software ini memiliki driver pada database DriverPack sudah melebihi 1.1 juta jenis.

Backup Driver Komputer/Laptop

Melakukan Backup Driver wajib untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak di inginkan, misal saja instala ulang PC/Laptop. Software yang bisa digunakan yaitu DriverMax.

Nah untuk cara backup driver pc menggunakan Tools DriverMax sudah saja bagikan pada artikel Cara backup driver komputer dan laptop.

Penutup

Nah itu tadi Logo HUT Kemerdekaan Ke-77 RI. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan