10 Alasan Kenapa Seorang Hacker Lebih Memilih Linux

Kekuatan dan fleksibilitas dari Linux inilah yang menjadikannya teman bermain bagi hacker. Mereka menggunakan, mempelajari, dan memahaminya dengan sangat dalam. Alasan mendasar hacker menggunakan Linux adalah karena kemampuan untuk melihat setiap baris kode Linux dan patch ketika masalah muncul. Lebih lanjut, inilah beberapa alasan kenapa seorang hacker lebih memilih Linux daripada Windows.
10-Alasan-Kenapa-Seorang-Hacker-Lebih-Memilih-Linux
ilustrasi/ pictures google
10 Alasan Kenapa Seorang Hacker Lebih Memilih Linux - Kenapa Linux dianggap sebagai sistem operasi terbaik, dan banyak digunakan oleh hacker, programmer, developer, Geeks, dan lainnya? Penggunaan Linux memang tumbuh pada tingkat yang luar biasa dan mampu bersaing dengan sistem operasi populer lainnya seperti Windows atau OS X.

Sistem operasi yang 100% open source ini semakin populer karena dapat dimodifikasi tampilannya dengan melakukan kustomisasi baris kode dalam kernel Linux. Linux memiliki kemampuan grafis yang kuat, begitu juga alat-alat pendukungnya. Hanya dengan menggunakan barisan kode, kamu bisa membuat Linux melakukan hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux Daripada Windows


Kekuatan dan fleksibilitas dari Linux inilah yang menjadikannya teman bermain bagi hacker. Mereka menggunakan, mempelajari, dan memahaminya dengan sangat dalam. Alasan mendasar hacker menggunakan Linux adalah karena kemampuan untuk melihat setiap baris kode Linux dan patch ketika masalah muncul. Lebih lanjut, inilah beberapa alasan kenapa seorang hacker lebih memilih Linux daripada Windows.

1. Open Source


Linux adalah sistem operasi yang 100% open source. Artinya, kode sumber Linux berada di ujung jari kamu. Kamu dapat dengan mudah memodifikasi kode sumber OS ini sesuai dengan kebutuhan. Ditambah lagi, sebagian besar aplikasi yang berjalan di sistem operasi ini juga open source dan sangat menguntungkan. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, ada alternatifnya di Linux.

2. Kompatibilitas


Sistem operasi ini mendukung banyak perangkat keras komputer dengan persyaratan hardware minimum. Linux juga telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, super komputer, bahkan smartphone.

3. Instalasi Mudah


Seiring dengan perkembangannya, sekarang sebagian besar distribusi Linux datang dengan program instalasi dan setup user-friendly. Waktu boot dari sistem operasi ini juga lebih cepat daripada beberapa sistem operasi lainnya.

4. Stabilitas


Komputer dengan OS Windows, biasanya membutuhkan reboot secara berkala agar tidak lemot. Namun, di Linux kamu tidak perlu pusing melakukan reboot untuk mempertahankan performa. Jadi, nggak perlu takut komputer bakal lemot.


5. Jaringan Komputer


Pada dasarnya, seorang hacker akan menerobos masuk ke dalam jaringan komputer. Di Linux, hacker bisa lebih efektif mengelola jaringan. Di Linux juga terdapat banyak perintah yang dapat digunakan untuk melakukan penetrasi jaringan. Selain itu, sistem operasi ini lebih handal untuk membuat backup jaringan yang lebih cepat daripada sistem operasi lain.

6. Multitasking


Linux dirancang untuk melakukan banyak hal pada saat yang sama. Meskipun kamu membuka banyak aplikasi di latar belakang, hal itu tidak akan memperlambat pekerjaan lain. Ya, jauh lebih banyak pekerjaan yang dapat kamu lakukan di Linux.

7. Fleksibilitas


Meskipun harddisk kamu hampir penuh, Linux bisa terus bekerja dengan baik. Hal ini hampir mustahil bisa dilakukan oleh OS lainnya. Fleksibilitas Linux juga menjadi yang terpenting karena dapat digunakan sebagai aplikasi server berkinerja tinggi, aplikasi desktop, dan embedded systems.

8. Keamanan Lebih Unggul


Linux memiliki sistem keamanan yang lebih unggul dari pada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dan lainnya. Hal ini hampir tidak pernah terjadi pada Linux. Sejak awal, Linux didesain multi-user. Apabila ada virus yang menjangkiti user tertentu, akan sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Maka, jika dilihat dari sisi maintenance data maupun perangkat keras tentu akan lebih efisien.


9. Dukungan Banyak Bahasa Pemrograman


Linux memiliki banyak dukungan untuk bahasa pemrograman. Mulai dari C/C ++, Java, PHP, Ruby, Python, Perl dan banyak lagi. Jutaan baris kode yang telah ditulis untuk aplikasi Linux, biasanya juga dalam cara yang sangat modular. Hal ini memungkinkan untuk diintegrasikan ke dalam pekerjaan yang sangat beragam.

10. Tools Hacking yang Lengkap


Sebagai hacker tentunya tak terlepas dari yang namanya kegiatan-kegiatan hacking dan cracking. Linux pun memiliki tools hacking yang sangat lengkap dan kemampuan aplikasinya juga bisa dibilang setingkat lebih canggih. Tools Hacking tersebut antara lain, John the Ripper, NMAP, Nessus, Wireshark, Etherape, Kismet, TCPDump, Firestarter, THC Hydra, dan Dsniff.

Baca Juga: Kumpulan tools hacking terlengkap yang digunakan hacker

Itulah alasan kenapa seorang hacker lebih memilih Linux daripada Windows atau OS lainnya. Masih banyak keunggulan-keunggulan dari Linux. Kamu dapat menggunakan Linux untuk berbagai keperluan.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan