Jenis Bahasa Pemrogramman dan Fungsinya

Jenis-Bahasa-Pemrogramman-dan-Fungsinya
Programmer/ Pictures Google
Jenis Bahasa Pemrogramman dan Fungsinya - kalian tau program yang ada di komputer? sering menggunakannya? kita yang awam tentang dunia programmer tentu asing dengan bahasa-bahasa pemrograman, kita hanya terbiasa menggunakannya saja.

Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang ada di dunia ini, dan dari sekian banyaknya Bahasa pemrograman yang ada ternyata mempunyai tingkatan atau level masing-masing.

Pengertian Bahasa Pemrograman


Bahasa Pemrograman (programming language) atau disebut Bahasa Komputer adalah instruksi standar untuk memerintah komputer, yang merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik. seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data disimpan dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Tingkatan Bahasa Pemrograman
  • Bahasa Tingkat Tinggi - Bahasa pemrograman masuk tingkat ini karena bahasa tersebut mendekati bahasa manusia. Contohnya seperti Bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java, dan lainnya.
  • Bahasa Tingkat Menengah - Disebut tingkat menengah karena bisa masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi maupun rendah. Contohnya seperti Bahasa C.
  • Bahasa Tingkat Rendah - Bahasa pemrograman tingkat ini karena bahasanya masih jauh dari bahasa manusia. Contohnya bahasa Assembly
  • Bahasa Mesin - yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110

Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

Fungsi Bahasa Pemrograman


Dilansir dari Wikipedia, Fungsi dari bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

Bahasa Pemrograman yang kita kenal ada banyak sekali di belahan dunia, tentang ilmu komputer dan teknologi dewasa ini. Perkembangannya mengikuti tingginya inovasi yang dilakukan dalam dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita kenal antara lain adalah untuk membuat aplikasi game, antivirus, web, dan teknologi lainnya.

Bahasa pemrograman komputer yang kita kenal antara lain adalah Java, Visual Basic, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan ratusan bahasa lainnya. Namun tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya.

Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu :
  1. Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
  2. High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
  3. Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
  4. Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

Setelah Mengetahui pengertian, tingkatan dan fungsi dari Bahasa Pemrograman, sekarang kita baca Macam-Macam Bahasa Pemrograman. Bahasa Pemrograman ini sering dipakai oleh programmer sekarang.

Macam-Macam Bahasa Pemrograman

1. Bahasa pemrograman C

Kalu di dalam Bahasa manusia, terdapat beberapa bahasa yang menjadi bahasa Induk, seperti Bahasa Yunani, Bahasa Latin dan juga Bahasa Arab, maka dalam bahasa pemrograman, hal ini juga berlaku. Ya, ada satu bahasa pemrograman yang tertua, dan merupakan bahasa induk dari berbagai macam bahasa pemrograman yang ada hingga saat ini. Dialah bahasa pemrograman C.

Bahasa pemrograman C ini merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada era 70-an, yang mana merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang tertua. Saat ini, bahasa C mungkin sudah jarang digunakan, namun demikian, Bahasa C ternyata mendalangi pembentukan bahasa pemrograman lainnya, seperti Bahasa C++, C#, Java dan berbagai macam bahasa pemrograman lainnya.

Dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.

2. Bahasa pemograman JAVA

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk handphone ataupun smartphone. Dengan keunggulan ini, maka java memang benar–benar menjadi sebuah bahasa pemrograman yang sangat populer. Uniknya, nama bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh SUN microsystem pada era 1991 ini, merupakan bahasa pemrograman yang namanya terinspirasi dari kopi buatan Indonesia, tepatnya dari dataran Jawa. Maka jadilah hingga saat ini, bahasa pemrograman ini memiliki lambang berupa kopi yang sedang diseduh.

3. Bahasa pemograman PYTHON

Python adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

Python sediri mrupakan salah satu bahasa pemrograman yang masuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang berarti komunikasi antara manusia dan juga mesin dapat berjalan dengan baik dan lebih lancar apabila dibandingkan dengan bahasa mesin.

4. Bahasa pemograman RUBY

Ruby adalah bahasa skripting yang berorientasi obyek. Tujuan dari Ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

5. Bahasa pemograman SQL

SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

6. Bahasa pemograman ColdFusion

ColdFusion adalah server aplikasi dan framework pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk  pengembangkan perangkat lunak komputer, khususnya situs webdinamis.

7. Bahasa pemograman PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai untuk pembuatan sebuah situs oleh para pengembang dan juga developer

8. Bahasa pemograman HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.

9. Bahasa pemograman MICROSOFT VISUAL BASIC

Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputerberbasis grafik dengan cepat.

10. Bahasa pemograman VISUAL C++

Visual C++ adalah sebuah produk Integrated Development Environment (IDE) untukbahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan Microsoft. Visual C++ merupakan salah satu bagian dari paket Microsoft Visual Studio.

11. Bahasa pemograman DELPHI

Umumnya delphi lebih banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop danenterprise berbasis database, tapi sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose ia juga mampu dan digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software.

12. Bahasa pemograman C++

C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.

13. Bahasa Pemrograman ASP

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

14. Bahasa Pemrograman XML

Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

15. Bahasa Pemrograman PERL

Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

16. Bahasa Pemrograman CFM

Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.

17. Bahasa Pemrograman Javascript

Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

18. Bahasa Pemrograman CSS

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Jenis jenis  bahasa pemrograman komputer dan mesin memang sangat banyak, jika kita totalkan mungkin bisa ada ratusan bahasa, namun yang dibagikan disini haya beberapa dari sekian banyak bahasa pemrogramman komputer di dunia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel