Ciri-Ciri Komputer Kena Hack dan Cara Mengatasinya

ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan seorang hacker mungkin telah menyerang jaringan atau komputer yang kamu gunakan. Dilansir dari Techworm , berikut ciri-ciri komputer kena hack.
ciri-komputer-kena-hack-dan-cara-mengatasinya

Ciri-Ciri Komputer Di Retas dan Cara Mengatasinya - Cybersecurity atau keamanan komputer memang menjadi salah satu ancaman terbesar bagi siapa saja yang melakukan aktivitas di dunia maya. Meski komputer kamu sudah dipasang antivirus, tidak menjamin bahwa sistem kamu telah benar-benar aman dari serangan cyber. Maka dari itu, kamu harus tau ciri-ciri komputer jika kena hack.

Masalahnya adalah kebanyakan hacker tidak akan memberitahu korban bahwa mereka telah diretas. Biasanya, hacker dapat masuk ke komputer korban tanpa sepengetahuan penggunanya saat melancarkan aksi. Lalu Bagaimana cara mengatasinya?

Ciri Komputer Kamu Kena Hack

Dengan sikorban tidak mengetahui kalau komputernya sedang diretas, mereka bisa datang kembali dengan mudah pada lain waktu untuk melihat apa lagi yang bisa mereka lakukan atau temukan. Sayangnya, sangat sulit untuk mengetahui apakah komputer kamu telah di-hack oleh seseorang. Lalu harus bagaimana cara mengetahui dan mengatasinya?

Untungnya, ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan seorang hacker mungkin telah menyerang jaringan atau komputer yang kamu gunakan. Dilansir dari Techworm , berikut ciri-ciri komputer kena hack.

1. Pesan Antivirus Palsu

ciri-komputer-kena-hack-dan-cara-mengatasinya

Kata siapa semua antivirus itu baik dan dapat menghilangkan virus yang ada di komputer kamu? Di zaman serba canggih ini, bentuk penipuan dan ancaman juga semakin canggih.

Jangan salah, kini virus maupun malware juga bisa menyamar sebagai antivirus dengan tampilan yang tidak kalah rapi dan bagus. Mereka menginfeksi komputer kamu dengan menampilkan pesan bahwa kamu sedang terinfeksi virus dan membutuhkan software antivirus khusus untuk menghilangkannya.

Ancaman seperti ini dikenal dengan nama scareware dan kamu harus tau bagaimana membedakan mana antivirus yang asli dan mana yang palsu. Jangan sampai deh komputer kamu justru didiami oleh antivirus yang malah semakin menambah ancaman daripada perlindungan

Baca : Cara membedakan software asli dan palsu

2. Adanya Toolbar Baru di Browser Padahal Tidak Pernah Install

Ciri-ciri komputer kamu telah di-hack selanjutnya bisa kamu lihat di browser. Kamu mungkin memiliki beberapa toolbar baru, coba periksa. Jika bukan dari vendor yang sangat terkenal, segera hapus toolbar palsu tersebut.

3. Pengalihan Internet

Jika pencarian Internet kamu dialihkan, itu adalah tanda lain bahwa komputer kamu telah di-hack. Hacker dibayar dengan mendapatkan klik kamu untuk muncul di situs orang lain.

Masalahnya adalah kadang kita dialihkan ke situs yang berbahaya. Untuk mengatasi hal ini, coba periksa lagi ekstensi yang terpasang dan update browser ke versi terbaru.

4. Password Berubah Sendiri

ciri-komputer-kena-hack-dan-cara-mengatasinya

Pernah nggak sih password dari suatu akun online kamu berubah sendiri? Ada dua kemungkinan, mungkin akun kamu sudah di-hack atau layanan online yang kamu gunakan telah di-hack.

Jika sudah begitu, ubah lagi password akun layanan kamu dan akun terkait lainnya. Serta, gunakan otentikasi dua faktor.

5. Adanya Software Baru

Jika kamu perhatikan lebih seksama dan komputer kamu terdapat software yang tidak pernah kamu install sebelumnya, ada kemungkinan sistem kamu telah di-hack.

Biasanya komputer yang telah terinfeksi virus akan menginstal sendiri program tertentu seperti software yang sebenarnya.

Kamu harus selektif menonaktifkan mereka. Kamu bisa cek Autoruns (untuk Windows), meski tidak menampilkan semua program yang diinstall tapi akan membiarkan kamu tahu program apa saja yang otomatis berjalan ketika komputer kamu di-restart.

Kamu dapat menemukan banyak program malware di sini. Namun, sulit memang untuk mengetahui yang mana program asli dan malware. Jika kamu tidak yakin tentang hal ini, hapus saja program yang tidak kamu inginkan di control panel.

Itulah ciri-ciri komputer kena hack dan cara mengatasinya. Kalau memang ada cara yang terlewat, silahkan beri masukan dikolom komentar, Kami siap untuk meng-update cara yang kalian beriakan ke postingan ini.

Di era digital ini, penting untuk menyadari adanya ancaman serangan cyber agar kita bisa lebih waspada dan bisa mengamankan diri dari kejahatan teknologi maupun Internet. Selamat mencoba!
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan