Thursday, 15 February 2018

Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan

Pemakaian software asli jauh dinilai lebih baik dibanding produk palsu atau bajakan. Kebanyakan orang jika mencari software atau aplikasi di internet selalu menggunakan kata kunci "full version gratis" di ujung kalimat. Ya, dikarenakan kita dapat memakainya tanpa perlu keluar duit sepeserpun.

Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan

Tetapi mengakibatkan, keamanan data-data utama serta berbentuk data pribadi yang ada didalam pintanti terpasang software palsu jadi taruhannya.

Membedakan software asli dan bajakan


Sebagai orang awam atau orang yang baru bergulat di dunia komputer mungkin bingung bagaimana membedakan software asli atau aplikasi bajakan dengan yang asli. Tetapi dengan melihat ciri-ciri aplikasi atau software bajakan, kita dapat langsung mengetahui perbedaan antara software bajakan dengan yang asli.

1. Nomor Lisensi

Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan
Gambar By Freepik

Dalam setiap produk yang kita beli, kita hanya akan dapat 1 nomor lisensi. Nomor yang kita dapat tidak mungkin sama dengan yang orang lain. Biasanya nomor lisensi digunakan untuk mengaktifkan sebuah produk tersebut. Tetapi jika kalian mendownload aplikasi bajakan, maka kita akan dapat langsung menggunakannya tanpa harus membayar, dikarenakan software bajakan tersebut sudah derdapat default nomor lisensi dari cracker.

2. CD (Compact Disc)

Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan

CD atau compact disc menjadi salah satu indikator keaslian sebuah software, itu karena kebanyakan industri software akan memberikan software dengan media CD jika kita membeli produk mereka. Misalnya jika kita membeli Software asli antivurus A maka kita akan mendapat CD dengan banyak keterangan dari brand antivurus tersebut. Berbeda jika kita membeli software antivirus tersebut secara bajakan, mungkin CD yang kita dapat akan berupa CD yang sering kita jumpai di toko-toko komputer.

3. Hologram

Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan

Industri besar yang bergerak dibidang software akan memberikan hologram khusus di CD yang akan dipasarkan. Itu sudah jadi hak paten kepada perusahaan software guna mencegah penipuan aplikasi. Jika kita membeli software tanpa ada Hologram perusahan dari CD, sudah dapat dipastikan software tersebut palsu.

4. Sumber

Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan
Gambar by Freepik

Maksud dari sumber sendiri berasal dari manakah software atau aplikasi tersebut kita peroleh. Contoh, jika kita mendownload sebuah software di website yang bukan official dari software tersebut, maka kemungkinan besar itu adalah software bajakan (palsu).

5. Reaksi Antivirus

Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan
Gambar By Freepik

Jika kita menginstal software dari hasil copy pase atau mendownloadnya dari website tertentu dan bukan dari official, tiba-tiba antivurus kita memberikan sinyal jika terdapat virus, sudah dipastikan itu adalah software bajakan. Karena sebagian besar crack atau keygen yang telah di inject kedalam sebuah software akan terbaca sebagai virus oleh antivurs.

Itulah bagaimana kita dapat membedakan software asli atau bajakan. Dari beberapa penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa software bajakan terdapat sekali perbedaan, dari perbedaan tersebut semoga kita dapat acuan untuk mengetahui keaslian dari sebuah software.

Cara Membedakan Software Asli atau Bajakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin Inputekno
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments