Belajar Prinsip Dasar SEO Meningkatkan Traffic Blog

Belajar Prinsip Dasar SEO Blog untuk Meningkatkan Traffic Blog dan Penghasilan Adsense.
Belajar Prinsip Dasar SEO Blog

Prinsip Dasar SEO Blog - Search Engine Optimization atau sering kita sebut dengan singkatan SEO, yaitu suatu teknik/mode/cara agar sebuah blog atau website mendapatkan pengunjung dari mesin pencarian seperti bing, yandex, yahoo, Google. Yang sering ditargetkan adalah pengunjung dari mesin pencarian Google.

Banyak sekali teori mengenai SEO untuk dipelajari agar blog atau website optimal mendapatkan Traffic dari google. Bagi yang baru terjun ke dunia blog mungkin sedikit pusing untuk mempelajarinya. Belum lagi algoritma mesin pencarian Google yang terus update dan berubah. Mulai dari google penguin, google panda, mobileged dan dan masih banyak lagi.

Meski demikian, kita tetap bias melakukan teknik SEO walaupun tanpa harus mengetahui teorinya. Dengan begitu blog kita bisa mendapatkan pengunjung murni dari mesin pencarian walaupun tidak menggunakan teknik SEO secara penuh. Bagaimana?

Table of Contents

Membangun Konten SEO

Caranya yaitu dengan membangun konten blog secara terus menerus. Karena membangun konten adalah inti dari SEO. Membuat konten yang bermanfaat bagi pembaca secara konsisten sudah pasti akan mendapatkan Traffic organik kunjungan blog yang tinggi.

Karena semakin banyak konten, maka kata kunci pada blog atau website juga akan bertambah banyak dan memudahkan Google untuk menampilkannya pada mesin pencarian. Jadi yang utama adalah membangun konten blog.

Jikalau menggunakan teknik SEO, itu hanyalah sebagai tambahan. Sebagai contoh, menggunakan domain sendiri atau custom domain, dimana pada domain di sertakan kata kunci topik pembahasan.

Seperti alamat www.inputekno.com, dimana alamat blog tersebut terdapat kata kunci topik tekno yaitu teknologi maka konten blog juga perlu relevan dengan membahas mengenai seputar teknologi. Mulai dari tips, gadget, games, dan pembahasan yang bersifat edukiasi.

Apa Itu SEO?

Istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian di dasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut.

Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Keuntungan Melakukan SEO

Ada banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO untuk blog, diantaranya yaitu :

Mendatangkan Traffic Tinggi

Orang yang sedang mencari sesuatu di internet cendrung membuka tautan yang berada pada posisi awal atau deretan artikel yang ada pada halaman awal search engine google.

Jika blog berada pada halaman Page one Search Engine sudah pasti akan mendatangkan pengunjung atau Traffic yang sangat besar, ini merupakan salah satu manfaat dari melakukan teknik SEO.

Untuk bisa mendapatkan posisi ini tergantung pada keyword yang kita targetkan di dalam sebuah konten dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

Meningkatkan Penjualan

Jika situs menjual suatu produk atau barang seperti shopee yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword "jual laptop murah" kemudian situs tersebut berada pada ranking 1 mesin pencaian, maka sudah dipastikan situs tersebut akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

Meningkatkan Daya Saing

Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi.

Mengenal Teknik Dasar SEO Blog

Setelah mengenal apa itu SEO dan manfaatnya, selanjutnya yaitu mengetahui teknik SEO apa saya yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan blog, berikut salah satunya :

1. On Page SEO

On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimasi halaman website dengan cara menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya.

Keuntungan dari on page seo ini yaitu blog akan lebih di nilai relevan oleh mesin pencarian google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking #1 Google. Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :
  • Title Tag
  • Meta Description
  • URL
  • Heading (h1, h2, h3, h4)
  • Image & Image ALt Tag
  • Link to Site Authority

2. Off Page SEO

Off Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs (menggunakan backlink), "Apa itu Backlink?"

Backlink adalah Link dari halaman blog kita yang berada pada halaman blog orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.

Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari blog authority atau blog yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.

Karenanya suatu blog akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang ber-PR tinggi.

Penutup

Nah itu tadi Belajar Prinsip Dasar SEO Blog. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan