7 Tips Atasi Kejahatan Dunia Internet

7 Tips terhindar dari kejahatan dunia Internet agar terhindar dari peretasan dan kebocoran data.

6 Tips Jitu Atasi Kejahatan Dunia Online - Hampir sebagian aktivitas yang kita jalani dalam kehidupan sehari-hari, di awali dari hal dasar seperti belanja, chatting, bepergian dan sebagainya sudah dilakukan secara online. Semua itu tercatat dan tersimpan oleh layanan dan perusahaan yang berbeda.

Dimana segala berubah menjadi terbuka, mulai dari menginput indentitas data-data penting untuk kebutuhan layanan, bersosial melalui media dan sebagai.

Masih sedikit pengguna internet yang peduli terhadap kebijakan privasi yang diberlakukan oleh layanan online, Karena itu kita harus mengetahui cara untuk melindungi data pribadi yang berharga.

Table of Contents

Tips Atasi Kejahatan Dunia Internet

Untuk mengatasi hal-hal yang tidak di inginkan terkait data kita yang ada di internet, tentu harus ada upaya dari diri sendiri untuk mencegah dan melindungi data-data pribadi jatuh ketangan orang jahat.

Mengamankan Akun Sosial Media

Kita terkadang terlalu acuh dalam memperhatikan keamanan akun sosial media mereka sendiri, padahal meski layanan yang digunakan sudah memiliki fitur keamanan tapi nyatanya kita sebagai pengguna juga harus tetap memperhatikan secara pribadi.

Mulai dari menverifikasi email ataupun nomor telepon yang digunakan, dan mengaktifkan verifikasi login.

Mengamankan Email Utama

Jaga selalu keamanan email pribadi kamu, terlebih jika email tersebut digunakan dalam layanan perbankan dan situs penting lainnya. Kamu bisa menggunakan fitur Authenticator Login agar tidak mudah diretas oleh orang lain.

Layanan email google ataupun sejenisnya sudah memiliki fitur Authenticator login, tapi karena alasan malas atau enggan ribet fitur ini tidak banyak yang memanfaatkannya.

Jangan Sembarang Mengunggah Foto

Selalu berhati-hati dalam mengunggah foto apalagi yang berhubungan dengan indentitas pribadi berupa KTP, tiket dan dokumen penting lainnya.

Hacker bisa menggunakan informasi tersebut untuk mengetahui celah pada diri kita pribadi, mencuri data-data pribadi, seperti kredensial perbankan, kontak dan lain sebagainya.

Sekarang seperti aplikasi chatting seperti Whastapp dan media sosial sudah memiliki fitur pembatas akun, kamu tentu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membatasi siapa saja yang dapat melihat hal-hal yang kita unggah.

Jangan Menggunakan WiFi terbuka

Hindari menggunakan akses Wifi publik untuk mengakses data atau aplikasi yang penting seperti M-banking atau e-wallet. Karena kita tidak tau secara pasti di balik itu semua.

Bisa saja jaringan yang dibuat merupakan kloning atau tiruan. Dimana peretas atau orang berniat jahat bisa melakukan apapun untuk mendapatkan akses kedalam perangkat yang kita gunakan.

Hindari Password Yang Mudah Di Tebak

Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan password yang singkat dengan alasan mudah digunakan. Padahal jika kita menggunakan password dengan kombinasi yang lemah, dimana hanya terdiri dari huruf, itu akan rentan diretas.

Membiasakan menggunakan password dengan kombinasi yang unik dan baik tentu tidak ada salahnya agar segala informasi login atau apapun itu bisa terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Hati-Hati Melakukan Instal Aplikasi MOD

Aplikasi MOD atau crack merupakan aplikasi yang sudah di modifikasi oleh pihak ketiga untuk membuka semua fitur premium menjadi gratis atau bisa digunakan dengan leluasa.

Karena hal tersebut, banyak orang menyukai aplikasi jenis ini ketimbang menggunakan versi aslinya. Padahal aplikasi Crack tidak menjamin keamanan dan data pribadi kita.

Bisa jadi aplikasi crack atau MOD tersebut sudah di tanam software berbahaya keylogger atau script yang bisa merekam segala aktifitas perangkat dan data kita.

Sebisa mungkin selalu biasakan menggunakan aplikasi resmi yang ada di play store atau app store, atau melalui website resmi aplikasi tersebut.

Hindari Klik Link Tidak Dikenal

Sekarang banyak orang yang menyebarkan link yang aneh, baik melalui pesan instan ataupun lewat sosial media.

Jika memang dirasa mencurigakan lebih baik hindari asal klik link yang diterima. Bisa saja itu link phising ataupun link yang mengarah ke halaman berbaya.

Penutup

Nah itu tadi 7 Tips Atasi Kejahatan Dunia Internet. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada pertanyaan lain bisa bertanya melalui komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan