Pengertian Phising, Cara Kerja dan Terhindar dari phising

Phising adalah suatu metode yang digunakan hacker untuk mencuri password dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login.
Pengertian-Phising-Cara-Kerja-dan-Terhindar-dari-phising
Membuat fake login menggunakan teknik phising/ Pictures Google

Phising (Password Harvesting Phising) adalah suatu metode yang digunakan hacker untuk mencuri password dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs asli.

Teknik Phising ini suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kartu kredit dan kata sandi, dengan menyamar sebagai sebagai orang atau bisnis terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan (Dikutip dari Wikipedia).

Table of Contents

Pengertian Phising, Cara Kerja dan Terhindar dari phising

Ketika kita tahu cara kerja phising maka akan lebih mudah untuk menghindarinya. Tahapan atau Cara kerja Phishing adalah sebagai berikut :

Cara kerja phising

  1. Dengan suatu cara si peretas membuat sang korban melakukan klik terhadap link situs palsu yang mereka buat, biasanya si peretas akan menyisipkan gambar pada link tersebut agar menarik perhatian si korban, bujukan pada email dan lain sebagainya.
  2. Setelah melakukan klik, korban akan di arahkan ke situs palsu yang mana pada situs tersebut terdapat form isian misalnya form login facebook dengan kata kata yang meyakinkan bahwa facebook kita telah logout dan meminta kita memasukkan username dan password kembali. Korban yang tidak menyangka bahwa situs tersebut hanyalah tiruan akan mengisi saja username dan password tanpa curiga.
  3. Apa yang korban masukkan ke form isian itu akan tersimpan di server si peretas. Jadi korban masih punya waktu untuk merubah password kita sebelum si peretas melihat username dan password kita di servernya.
  4. Lalu, akun akan di ambil alih oleh peretas. Dan kemungkinan besar menggunakan akun korban untuk menyebarkan url psihing ke teman teman korban untuk mendapatkan "mangsa" yang lebih banyak.
Meretas password dengan metode phishing adalah yang paling mudah di praktikkan, itu sebabnya banyak sekali di dunia maya tersebar rujukan alamat alamat yang mengarahkan browser kita ke alamat web pishing atau web palsu.

Cara Terhindar dari phising

Sebenarnya trik phishing ini sangat bergantung pada kehati-hatian dan kewaspadaan target. Web phishing sangat mudah di kenali sehingga jika kita sudah cukup berhati hati maka seharusnya akun kita tetap aman. Hanya satu saja yang perlu kita lakukan agar phishing tidak mempan terhadap kita, yaitu :

Cermati alamat atau url situs tujuan, pastikan url tersebut resmi atau tidak. pernah ada atau tidak

Domain yang mirip mirip sering digunakan oleh hacker untuk menjebak user yang kurang berhati hati, kurang cermat.

Cara Kerja dan Terhindar dari phising

ada juga alamat atau domain yang di pelesetkan satu atau dua hurufnya, misalkan google.com menjadi g00gle.com, atau golgee dan lain lain.

Phishing yang paling sering ditemui biasanya adalah phising pada akun media sosial, situs palsu tersebut tersebar dengan menggunakan foto foto porno, memancing korban untuk mengkilknya, tidak jarang foto tersebut menyerupai sebuah video yang siap di klik. maka dari itu sebaiknya cermati lagi alamat tujuannya.

Ambil contoh, yang harus kita waspadai. Periksa URL tersebut terlebih dahulu sebelum Anda login menggunakan akun Anda. Sepintas halaman websitenya terlihat sama, tapi berbeda. Yang membedakan adalah URL yang tertera di address bar. Contoh, URL situs Facebook yaitu www.facebook.com, bukan yang lain. Jika Anda masih ragu-ragu untuk mengklik link tersebut, silahkan Anda langsung ke situs utama dan login dengan cara yang biasanya Anda lakukan.

Penutup

Nah itu tadi Pengertian Phising, Cara Kerja dan Terhindar dari phising. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan