Macam - Macam Desktop Environment Linux

Macam-Macam-Desktop-Environment-Linux
Jenis-Jenis Desktop Environment Linux/ Pictures Google
Macam - Macam Desktop Environment Linux - Pada komputer, sebuah lingkungan desktop (desktop environment (DE)) umumnya merujuk ke gaya grafis antarmuka pengguna (Grafik User Interface) yang memperlihatkan kiasan desktop di layar komputer modern.

Lingkungan desktop adalah alternatif yang paling populer untuk mengganti antarmuka baris perintah (Command line interface) yang umumnya digunakan terbatas oleh para pakar komputer.

Sebuah lingkungan Desktop biasanya terdiri dari ikon, sistem jendela (Windows), bilih alat (tool bar), map (folder), latar belakang (wallpaper) dan gawit layartama (desktop widgets).

Sistem operasi Microsoft dan Mac OS X masing-masing mempunyai lingkungan desktop tersendiri. UNIX/Linux juga mempunyai berbagai lingkungan desktop, diantaranya yang paling populer adalah GNOM dan KDE.

Macam - Macam Desktop Environment Linux


Agar tidak bingung dengan banyaknya DE yang beredar untuk linux, berikut beberapa jenis Desktop Environment terbaik dan populer dikalangan pengguna linux dunia.

1. GNOME

Macam-Macam-Desktop-Environment-Linux
GNOME
GNOME versi 3.x adalah generasi penerus GNOME 2.x. Diawal kemunculannya DE ini sempat dikecam (bahkan oleh pembuat Linux sendiri Linus Torvalds) dikarenakan sulitnya kustomisasi. Namun seiring berjalannya waktu, GNOME shell yang menjadi shell utama dari GNOME 3.x ini lambat laun mulai disukai banyak kalangan pengguna karena tampilannya yang sederhana namun sangat baik untuk multitasking.

Jika anda ingin menginstal bisa dilakungan dengan perintah :

apt-get install gnome-shell


2. KDE Plasma Desktop

Macam-Macam-Desktop-Environment-Linux
KDE Plasma Desktop
KDE (Kontrol Desktop Environment) adalah jenis DE yang terkenal dengan tampilannya yang "wah". namun sayangnya tampilan yang sangat bagus tersebut harus dibanyar mahal dengan borosnya sumber daya yang digunakan terutama saat startup.

Untuk melakukan instalasi KDE Plasma Desktop dapat menggunakan perintah berikut :

apt-get install kubuntu-desktop


3. XFCE

Macam-Macam-Desktop-Environment-Linux
XForms Cool Environment
XFCE (XForms Cool Environment) adalah desktop environment Linux berlogo tikus yang terkenal dengan performanya yang cepat dan sangat irit sumber daya. Sejak kemunculan GNOME3 yang dikritisi, Xfce menjadi populer karena mempunyai banyak kesamaan dengan GNOME 2 terutama dalam hal kustomisasi karena XFCE memakai GTK2 yang sama dengan GNOME2 namun jauh lebih ringan sehingga cocok digunakan pada komputer tua.

Untuk menginstallnya bisa menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get install xubuntu-desktop

4. LXDE

Macam-Macam-Desktop-Environment-Linux
Lightweight X11 Desktop Environment
LXDE (Lightweight X11 Desktop Environment) adalah DE yang sangat ringan sehingga cocok untuk komputer tua, netbook, ataupun komputer mini seperti raspberry pi. DE ini memiliki banyak kesamaan dengan openbox karena memang bisa dibilang LXDE adalah openbox yang diberi LX Panel.

Untuk menginstall LXDE pada dapat menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get install lubuntu-desktop

5. Cinnamon

Macam-Macam-Desktop-Environment-Linux
Cinnamon
Cinnamon adalah desktop Linux yang khusus dikembangkan oleh developer Linux Mint dan diperuntukkan untuk Linux Mint Cinnamon. DE Cinnamon ini awalnya adalah sebuah paket Gnome Shell Extension yang bernama Mint Gnome Shell Extension (MGSE). Kemudian menjadi fork dari Gnome shell dengan Window Manager sendiri bernama Muffin (Gnome Shell menggunakan Mutter). Sejak versi 2.0 sudah lepas dari gnome shell dan sekarang menjadi DE sendiri tanpa library dari gnome shell.

Untuk menginstall Cinnamon caranya eksekusi perintah berikut:

sudo add-apt-repository ppa:gwendal-lebihan-dev/cinnamon-nightly

sudo apt-get update && sudo apt-get install cinnamon


6. MATE

Macam-Macam-Desktop-Environment-Linux
Mate
Dikembangkan oleh sekelompok orang yang gagal move on dengan GNOME2. Dibangun dengan source code GNOME2 yang ditinggalkan oleh pengembang aslinya. Saat ini projek MATE masuk dalam salah satu proyek Linux Mint. Nama MATE sendiri berasal dari nama tumbuhan dari Amerika Selatan yang bernama Yerba mate dan teh yang terbuat dari dedaunan.

Untuk menginstallnya cukup gunakan perintah berikut:

sudo apt-add-repository ppa:ubuntu-mate-dev/ppa

sudo apt-add-repository ppa:ubuntu-mate-dev/trusty-mate

sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade

sudo apt-get install ubuntu-mate-core ubuntu-mate-desktop

7. Unity

Macam-Macam-Desktop-Environment-Linux
Unity
Unity adalah sebuah shell yang berjalan diatas Desktop Environment GNOME, yang dikembangkan oleh Canonical khusus untuk Ubuntu. Unity pada ubuntu 11.04 adalah sebuah plugin compiz sama dengan plugin compiz lainnya.

Cuman bedanya dengan plugin compiz lainnya adalah unity membutuhkan kemampuan hardware yang lebih tinggi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel