Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

- Oktober 13, 2019
Kelebihan-kekurangan-os-linux

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux
Linux merupakan sebuah Operating System Open Source yang dikembangkan Oleh Linus B. Torvalds pada tahun 1991 dengan berlogo kan penguin. Linux merupakan proyek perangkat lunak bebas dan sumber terbuka (Open Source) terbesar di dunia.

Pada awal kemunculannya, Linux mendapat sambutan hangat dari pengguna komputer karena System Operasi linux yang di berikan secara Gratis untuk dapat digunakan. Tidak hanya itu, Linux dapat dengan bebas di modifikasi, di distribusikan karena sifatnya yang free Software-Open Source alias kebebasan dan kode program nya terbuka untuk publik sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat distribusi/ Oprating System sesuai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Tetapi inti dari semua distribusinya adalah kernel, proyek dari GNU, shell, dan libraries (aturacara utilitas yang seperti sebuah perpustakaan).

Tidak heran jika ada banyak sekali turunan (distro) dari Operating System Linux ini, baik itu dibuat secara individu, grup atau lembaga. Tentu saja seperti yang populer di kalangan pengguna adalah distro Debian, Ubuntu, Mint, RedHat, Suse, Kali Linux dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Operating System Linux


Sampai saat ini, sudah banyak pengguna komputer yang menggunakan Operating System ini, entah itu untuk keperluan Desktop ataupun server. Lalu, apa yang menjadi kelebihan dari Operating System Linux sendiri?

Nah, pada pembahasan kali ini saya menjelaskan secara detail apa saja kelebihan dari Sistem Operasi Linux. Tidak hanya itu, saya juga akan menjelaskan kekurangan dari sistem operasi linux. Tapi sebelum itu, saya akan menjelaskan kelebihan linux terlebih dahulu.

Kelebihan atau Keunggulan Operating System Linux

Kelebihan-sistem-operasi-linux

Open Source

Apa itu Open Source? Pada intinya Open Source atau sumber terbuka adalah kode sumber dari sebuah perangkat lunak yang terbuka dan dapat di akses oleh siapapun.

Nah,  kelebihan utama dari sistem operasi ini terletak para Karnel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka (Open Source). Memungkinkan pengguna untuk mengembangkan atau memodifikasi sesuai kebutuhan secara bebas. Tidak heran sistem operasi ini banyak dikembangkan ke dalam berbagai macam sistem operasi sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan si pembuat sistem operasi tersebut.

Keamanan Linux

Sampai saat ini sistem keamanan linux masih lebih baik dibandingkan dengan sistem operasi windows. Ini dikarenakan linux mempunyai keunggulan yang terletak pada hak akses instimewa (administrator). Dimana user harus menjadi administrator untuk dapat menjalankan Program tertentu, dengan demikian celah untuk masuk ke sistem operasi Linux sangatlah minim. Linux juga memiliki desain multiuser, ketika satu linux terserang virus maka akan sulit untuk virus tersebut menyerang pengguna lain.

Baca Juga: Alasan kenapa Hacker lebih memilih Linux

Kelengkapan Program Bawaan dan Driver

Ketika pertama kali di install, linux sudah memiliki cukup banyak paket aplikasi yang bisa kita langsung gunakan tanpa perlu aplikasi tambahan dan jika diperlikan tidak perlu repot cari sana-sini karena di linux sudah terdapat paket aplikasi yang bisa tambahkan secara langsung. Seperti jika keperluaan kamu untuk penetration testing, dapat dipastikan aplikasi yang kamu butuhkan sudah terinstal seperti di distro kali linux yang diperuntukan untuk itu.

Linux juga memiliki dukungan Driver yang cukup lengkap karena banyaknya dukungan driver untuk sistem operasi linux. Jadi tidak perlu khawatir jika hardware tambahan yang kamu pasang tidak akan berjalan normal.

Spesifikasi Minimum

Bagaimana dengan keunggulan ini? Tentu saja bagi pengguna komputer atau laptop lawas ini menjadi kelebihan yang menggembirakan. Pasalnya Linux tidak terlalu membutuhkan resource lebih besar, jadi ini sangat cocok digunakan pada komputer dengan spesifikasi minim.

Baca Juga: Distro Linux Terbaik dan Ringan dengan Tampilan Elegan

Stabil dan Penyimpanan Data yang Baik

Linux menggunakan data penyimpanan yang jauh lebih efektif ketimbang OS windows. Oleh sebab itu, jangan heran jika komputer atau laptop yang menggunakan linux jarang sekali terjadi crash.

Tidak hanya itu, linux juga menggunakan jenis sistem penyimpanan data ext2, ext3, xfs, jfs, dan juga reiserfs yang jauh lebih optimal dibandingkan NTFS dan FAT yang sering mengalami defragmented. Tetapi Linux tetap mengenali data-data yang tersimpan dengan menggunakan sistem FAT maupun NTFS.

Tampilan ( User Interface Friendly)

Bagaimana dengan tampilan linux? Kamu akan merasakan tampilan yang sangat berbeda dan segar dibandingkan dengan interface sistem operasi lain. Kamu juga bisa merubah tampilan sesuai dengan selera.

Baca Juga: Macam-macam Desktop Enviroment Linix

Kekurangan Sistem Operasi Linux

Kekurangan-sistem-operasi-linux

Nah, itu tadi kelebihan yang di miliki Operating System Linux, tapi rasanya akan sangat kurang jika saya hanya membahas kelebihannya saja, akan lebih sempura jika saya juga membahas kekurangan dari OS Linux tersebut untuk pengetahuan. Karena pada dasarnya tidak akan ada kelebihan jika tidak ada kekurangan. Itulah penyempurnaan. Lalu apa saja kekurangan OS Linux?

Instalasi Sedikit Rumit dan Distro Linux Terlalu Banyak

Instalasi OS Linux tidaklah semudah windows. Meski begitu, ada banyak sekali tutorial di internet untuk mempelajari cara instalasi Linux sesuai dengan distro nya.

Sebagai sistem operasi open source, ada banyak sekali turunan Distro Linux yang dikembangan, seperti Ubuntu, Debian, Redhat, Suse, Kali linux dan banyak lagi. Tentunya ini akan sedikit membuat kita bingung harus menginstal OS Linux yang mana. Tapi kamu bisa mencari tahu semua mengenai distro tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan pengoprasian.

Baca Juga: Jenis-jenis Sistem Operasi Linux Debian

Pengoperasian Linux

Jika kamu terbiasa dengan windows, akan sedikit kebingungan dengan Struktur direktori pada Linux. Kamu harus belajar keras untuk mempelajari Linux supaya terbiasa.

Baca Juga: Memahami Fungsi Direktori OS Linux

Kurang Cocok untuk Bermain Game

Kenyataannya OS Linux tidak banyak mendukung gameming pada perangkat laptop ataupun komputer. Hanya sedikit game yang di buat pada sistem operasi ini. Jika kamu pencinta game maka platform linux tidaklah disarankan.

Itulah beberapa informasi penting mengenai kelebihan dan kekurangan OS Linux, semua tergantung pada kebutuhan kita sendiri untuk memilih sistem operasi. Semoga artikel ini bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

 

Start typing and press Enter to search