Memahami Perbedaan Update dan Upgrade

Apa bedanya Update dan Upgrade? Berikut Jawaban Perbedaan Update dan Upgrade.
Memahami Perbedaan Update dan Upgrade

Memahami Perbedaan Update dan Upgrade - Dalam dunia teknologi banyak istilah-istilah tertentu seperti halnya istilah update dan upgrade, baik itu dalam dunia komputer atau Ponsel. Mungkin masih banyak orang yang kesulitan membedakan antara upgrade dan update, hal ini pasti membuat kamu bingung.

Lalu menimbulkan pertanyaan Apakah Update dan Upgrade Sama? Jawabannya adalah Tidak. Upgrade bisa dari bagian hardware dan software sedangkan update hanya dari bagian software.

Table of Contents

Perbedaan Update dan Upgrade

Untuk itu agar kamu paham mengenai perbedaan tersebut pada kesempatan kali ini kita akan membahas perbedaan upgrade dan update dari berbagai sudut pandang.

Pengertian Update

Pengertian Update

Update menurut kamus indonesia yaitu memperbarui, yakni perbaruan yang dirancang untuk memperbaiki sebuah program atau software (Perangkat Lunak) komputer ataupun smartphone

Dengan tujuan pemberbaiki kelemahan keamaan (Bug), menambah fitur atau fasilitas terbaru dari software atau program itu sendiri.

Pengertian Upgrade

Pengertian Upgrade

Upgrade menurut kamus indonesia berarti menaikan, yakni pengganti suatu produk secara fisik/alat dengan versi yang lebih baik dari produk/perusahaan yang sama.

Cotoh, untuk hardware misalkan komputer kamu menggunakan RAM 4GB menjadi 8GB, itu meruapakan salah satu contoh upgrade secara fisik atau alat pada sebuah komputer atau perangkat apapun.

Seperti penjelasan diatas sebelumnya upgrade juga bisa digunakan untuk software, sebagai contoh jika komputer kamu menggunakan sistem operasi windows 8 kemudian beralih ke windows 10 atau bahkan beralih ke windows 11, itu bisa disebut upgrade dibagian software.

Kesimpulan Perbedaan Update dan Upgrade

Upgrade tidak hanya ditunjukan pada Hardware (perangkat keras) bisa juga ditunjukan untuk software. Upgrade mempunyai arti meninggikan atau menaikan, bisa juga meninggikan spek Komputer seperti mengganti RAM, prosessor, VGA, dll.

Adapun kesimpulan update pada software seperti memperbarui windows 7 menjadi windows 10, Pada sistem operasi Android menggati OS Jelly bean dengan OS Lollipop. Update artinya memperbarui, jadi lebih ditunjukan untuk software, seperti update file database antivirus, Patch Windows, dan lain sebagainya.

Penutup

Nah itu tadi Memahami Perbedaan Update dan Upgrade. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan