Pengertian Bilangan Biner dan Fungsinya

Pengertian-Bilangan-Biner-dan-Fungsinya
Pengertian Bilangan Binner/ Pictures Google
Pengertian Bilangan Biner dan Fungsinya - Bagi Anda yang belajar jaringan komputer, pastinya tidak asing lagi dengan bilangan biner. Kenapa? karena bilangan biner inilah yang menyebabkan terjadi komunikasi pada jaringan Intenet. Paket atau data yang hendak dikirim akan di konversikan terlebih dahulu kedalam bilangan biner, karena sistem pada komputer hanya mampu membaca angka 1 (input) dan 0 (outpu).

Bilangan biner atau dikenal dengan istilah binery digit atau bit adalah sebuah penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 (nol) dan 1 (satu). Sistem bilangan biner merupakan dasar dari semua bilangan basis digital. Bilangan biner juga bisa dikonversikan ke dalam sistem bilangan Oktal atau Hexadesimal. (Wikipedia).

Pada 7 OSI Layer, biner terdapat pada layer 1 yaitu pysical dengan perangkat berupa Hub. Pada dasarnya semua data yang hendak kita kirim akan di olah menjadi bilangan biner, setelah diolah barulah data tersebut ditransmisikan atau dikirimkan melalui kabel maupun wireless.

Contoh Bilangan biner


Jika Anda pernah belajar atau ingin belajar subnetting, maka Anda sering mengolah bilangan biner menjadi IP Address ataupun IP Address menjadi bilangan biner.

Disini saya belum berbagi mengenai artikel tentang subnetting, tapi Anda bisa membacanya di situs Inputekno. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membuka halaman berikut Materi lengkap subnetting

Fungsi Bilangan biner

Pengertian Bilangan Biner dan Fungsinya

Ketika komunikasi melalui Internet, data akan ditransmisikan dalam bentuk bit-bit biner, dibutuhkan sistem yang tahan terhadap noise yang terdapat pada kanal transmisi sehingga data yang ditransmisikan tersebut dapat diterima dengan benar.

Jadi kesimpulannya fungsi dari bilangan biner yaitu untuk berkomunikasi melalui Internet dengan cara merubah data menjadi bilangan biner dan mentransmisikan/mengirimkannya kepada tujuannya supaya bisa saling berkomunikasi.

Anda bisa lebih memahami lebih dalam dengan mempelajari model OSI layer, penjelasan lengkap sudah saya update pada artikel 7 Model OSI Layer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel