Pengertian Bilangan Biner dan Fungsinya

Bilangan biner atau istilah binery digit atau bit adalah sebuah penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 (nol) dan 1 (satu).
Pengertian Bilangan Biner dan Fungsinya

Pengertian Bilangan Biner dan Fungsinya - Bagi kamu yang belajar jaringan komputer, pastinya tidak asing lagi dengan bilangan biner. Kenapa? karena bilangan biner inilah yang menyebabkan terjadi komunikasi pada jaringan Intenet. Paket atau data yang hendak dikirim akan di konversikan terlebih dahulu kedalam bilangan biner, karena sistem pada komputer hanya mampu membaca angka 1 (input) dan 0 (outpu).

Bilangan biner atau dikenal dengan istilah binery digit atau bit adalah sebuah penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 (nol) dan 1 (satu). Sistem bilangan biner merupakan dasar dari semua bilangan basis digital. Bilangan biner juga bisa dikonversikan ke dalam sistem bilangan Oktal atau Hexadesimal. (Wikipedia).

Pada 7 OSI Layer, biner terdapat pada layer 1 yaitu pysical dengan perangkat berupa Hub. Pada dasarnya semua data yang hendak kita kirim akan di olah menjadi bilangan biner, setelah diolah barulah data tersebut ditransmisikan atau dikirimkan melalui kabel maupun wireless.

Table of Contents

Contoh Bilangan biner

Jika kamu pernah belajar atau ingin belajar subnetting, maka kamu sering mengolah bilangan biner menjadi IP Address ataupun IP Address menjadi bilangan biner.

Disini saya belum berbagi mengenai artikel tentang subnetting, tapi kamu bisa membacanya di situs Inputekno. Untuk lebih jelasnya kamu bisa membuka halaman berikut Materi lengkap subnetting.

Fungsi Bilangan biner

Ketika komunikasi melalui Internet, data akan ditransmisikan dalam bentuk bit-bit biner, dibutuhkan sistem yang tahan terhadap noise yang terdapat pada kanal transmisi sehingga data yang ditransmisikan tersebut dapat diterima dengan benar.

Jadi kesimpulannya fungsi dari bilangan biner yaitu untuk berkomunikasi melalui Internet dengan cara merubah data menjadi bilangan biner dan mentransmisikan/mengirimkannya kepada tujuannya supaya bisa saling berkomunikasi. Kamu bisa lebih memahami lebih dalam dengan mempelajari model OSI layer, penjelasan lengkap sudah saya update pada artikel 7 Model OSI Layer.

Penutup

Nah itu tadi Pengertian Bilangan Biner dan Fungsinya. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan