Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dan 64 Bit

Apa bedanya 32 Bit dan 64 Bit? Berikut Penjelasannya Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dan 64 Bit
Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dan 64 Bit - Secara umum komputer atau laptop memiliki fungsi dan kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan spesifikasinya. Kecepatan dan respon prosespun mempengaruhi kinerja komputer selain itu OS (Sistem Operasi) adalah kunci untuk kinerja komputer karena tidak semua komputer atau laptop cocok atau compatible untuk spesifikasi kebutuhan tertentu.

Pada saat pertama kali kita akan menginstal sistem operasi, software ataupun driver kita akan menemukan istilah 32-bit dan 64-bit. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan istilah tersebut?

Table of Contents

Perbedaan 32-Bit dan 64-Bit

Perbedaan 32 bit dan 64 bit sistem operasi pada suatu komputer atau laptop wajib kita ketahui agar kita dapat memanfaatkan komputer tersebut secara maksimal. Pada umumnya windows 32-Bit dan 64-Bit memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda. windows dengan sistem operasi 32-Bit merupakan suatu arsitektur pada processor yang memiliki register berukuran 32-Bit. Sementara windows dengan sistem operasi 64-Bit merupakan suatu arsitektur pada processor yang memiliki register yang berukuran 64-Bit.

Perbedaan antara keduanya terletak pada pemprosesan data yang berada pada CPU. Jika komputer atau laptop menggunakan windows 32-Bit, maka yang dapat diproses dalam sekilas siklus pemprosesan hanyalah sebesar 32-Bit. Namun jika sebuah komputer atau laptop menggunakan windows 64-Bit, maka pemprosesan data yang dilakukan dalam waktu sekali proses memuat jumlah data 64-Bit.

Dengan demikian perintah pemprosesan pada windows 64-Bit mampu memuat lebih banyak data dibandingkan dengan yang terjadi pada windows 32-Bit. Selain itu, komputer yang menggunakan windows 32-Bit memiliki keterbatasan RAM yang rendah dibandingkan dengan 64-Bit.

Batasan RAM pada komputer dengan windows 32-Bit hanyalah 4 GB, dengangkan pada komputer dengan windows 64-Bit memiliki batasan RAM 192 GB. Dengan demikian jika komputer dengan windows 32-Bit memiliki RAM sebesar 8 GB misalnya, maka yang terbaca hanyalah 4 GB karena memang batasan maksimal RAM yang dapat digunakan hanyalah 4 GB. Berbeda dengan windows 64-Bit dengan batasan hingga 192 GB

Perbedaan 32-Bit dan 64-Bit yang lainya terletak pada pekerjaan yang dapat dilakukan oleh keduanya. Jika komputer windows 32-Bit, maka yang dapat dilakukan komputer tersebut hanyalah pekerjaan yang relatif ringan dibandingkan dengan 64-Bit.

Sementara komputer dengan windows 64-Bit dapat digunakan untuk pekerjaan yang berat, misalnya saja mengedit video ataupun mengedit gambar yang memang menggunakan banyak memori untuk menyimpan data.

Dari segi keamanan, windows 64-Bit lebih aman dibandingkan dengan 32-Bit dikarenakan memiliki sertifikat dari pembuat hardware.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit

Meskipun sekilas sistem operasi 64 bit memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan 32 bit, ternyata masing-masing dari keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Berikut kelebihan dan kekurangan sistem operasi 32-bit dan 64-bit.

Kelebihan sistem operasi 32 bit

  1. Kompatibel dengan banyak software lama dan cocok untuk pengguna komputer atau laptop lawas
  2. Kompatibel untuk driver lama
  3. Mampu bekerja secara optimal meskipun memiliki RAM dengan batasan 4 GB.

Kelemahan sistem operasi 32 bit

  1. Tidak mampu menggunakan RAM lebih dari 4 GB.
  2. Tidak dapat mengoperasikan software berat
  3. Hanya memiliki software terbaru yang kompatibel dengan sistem operasi ini
  4. Tidak mampu menjalankan pekerjaan - pekerjaan berat seperti mengedit video atau gambar.

Kelebihan sistem operasi 64 bit

  1. Mampu membuat kinerja processor lebih cepat dan optimal
  2. Dapat menjalankan semua software yang kompatibel dengan sistem operasi 32 bit
  3. Cocok dengan semua software terbaru
  4. Kinerja yang lebih cepat dan efisien
  5. Mampu mengerjakan pekerjaan berat seperti mengedit video atau gambar

Kelemahan sistem operasi 64 bit

  1. Tidak komatibel dengan software atau driver lawas yang masih banyak digunakan
  2. Tidak cocok untuk komputer lawas karena kebanyakan software dan drivernya tidak kompatibel

Penutup

Nah itu tadi perbedaan atara sistem operasi 32 bit dan 64 bit. Dengan mengetahui perbedaan antara keduanya, tentu kita dapat melakukan pekerjaan yang maksimal dengan komputer. Oleh sebab itu, dalam membeli atau menginstal ulang sistem operasi harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan