Browser Terbaik, Ringan dan Cepat Untuk Komputer dan Laptop

Browser Terbaik, Ringan dan Cepat Untuk Komputer dan Laptop
Browser Terbaik, Ringan dan Cepat Untuk Komputer dan Laptop

Browser Terbaik, Ringan dan Cepat Untuk Komputer dan Laptop - Penjelajah web atau Peramban web atau dalam bahasa inggris web browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Sebuah sumber informasi di identifikasi dengan pengidentifikasi sumber seragam yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.

Meskipun penjelajah web terutama ditujukan untuk mengakses Internet, sebuah penjelajah juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau berkas pada sistem berkas.

Beberapa program browsing di bawah ini adalah browser paling cepat, ringan, dan aman sedunia. Sudah diuji coba di belahan penjuru dunia. Anda hanya tinggal memilih browser mana yang paling pas menurut kebutuhan Anda. Berikut adalah daftar program browser tercepat, terbaik, dan terupdate yang dapat Anda unduh secara gratis.

Table of Contents

Browser Ringan dan Cepat Untuk Komputer Laptop

1. Browser Google Chrome

Browser Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.

Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Versi Mac OS X dan Linux sudah dirilis.

Google Chrome dikenal sebagai browser paling lengkap dan simpel. Hampir seluruh pengguna internet di indonesia jika browsing atau melakukan kegiatan berselancar di dunia maya pasti menggunakan Chrome.

Browser ini mempunyai ekstensi yang banyak, serta dukungan yang cocok untuk pengguna layanan Google (Gmail, dll).

Google Chrome sendiri pertama kali di rilis oleh Google pada tanggal 2 September 2008, yang pada saat itu hanya untuk Microsoft Windows karena masih dalam status beta. kemudian pada 11 Desember pada tahun yang sama Google Chrome di luncurkan untuk semua sistem operasi karena telah mencapai versi stabil.

Dan pada bulan Januari 2012, Google Chrome diperkirakan telah berhasil meraih presentase 25-28% dari keseluruhan pengguna browser dunia, membuatnya sebagai browser kedua atau juga ketiga paling banyak di gunakan setelah Mozilla Firefox, menurut sejumlah sumber.

Unduh Google Chrome

2. Browser Mozilla Firefox

Browser Mozilla Firefox

Browser Terbaik kedua yaitu Mozilla Firefox nama asli dari browser ini bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird yaitu peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

Browser ini dikenal sebagai browser yang efisien untuk dimodifikasi, banyak ekstensi dan pengaturan privasi yang bisa diatur di Firefox, sehingga browser ini sangat cocok bagi yang tidak suka privasi nya dilihat oleh orang lain (Tracking, data pribadi).

Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.

Firefox dapat dijalankan pada berbagai macam sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, dan FreeBSD. Versi stabil terbaru Firefox saat ini adalah 26.0, yang dirilis pada 10 Desember 2013.

Unduh Mozilla Firefox

3. Browser Opera

Browser Opera

Browser yang satu ini adalah satu-satunya yang memiliki fitur hemat data dengan mengkompres gambar dan tulisan sehingga menggunakan data sedikit. Opera turbo, selain menghemat data ketika Anda terhubung ke WiFi umum yang ramai, maka akan mempercepat koneksi internet. Fitur yang sudah menjadi bawaan browser ini, selain itu browser ini juga mempunyai fitur lain :
  • AdBlock (Blokir iklan)
  • VPN Bawaan (Untuk mengakses situs terbelokir)
  • Battery sever bawaan (Penghemat baterei)
Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik.

Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux. Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh peramban web lainnya.

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, ponsel pintar, dan personal digital assistant.

Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile, Android, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME. Sekitar 120 juta ponsel telah dipasarkan dengan browser Opera di dalamnya.

Opera adalah satu-satunya penjelajah web komersial yang tersedia untuk Nintendo DS dan Wii. Beberapa televisi memiliki browser Opera dalam set-top box atau kotak pengaturannya. Adobe Systems memiliki lisensi teknologi Opera untuk digunakan dalam Adobe Creative Suite.

Unduh Opera

Penutup

Nah itu tadi browser yang memang baik untuk digunakan dan tentunya sangat ringan dan cepat. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan