Sunday, 18 March 2018

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Custom Rom Android


Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Custom Rom Android - Custom ROM yaitu Sebuah Firmware yang sudah di develop oleh develop pihak ke-3 dengan maksud dan tujuan tertentu. Biasanya Custom ROM dimaksudkan dengan mengubah firmware asli dari vendor atau yang biasa disebut dengan Stock ROM.

Tapi penerapan custom ROM ini bukan hanya terdapat pada perangkat Android saja melainkan pada beberapa jenis komputer ataupun Smartphone, tapi karena topik pembahasan di artikel ini tentang Android maka yang kita kaitkan sebagai pembahasan adalah mengenai Custom ROM Android.

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Custom Rom Android

Biasanya para develop pihak ketiga mengganti, Menghilangkan atau menghapus dan menambahkan beberapa hal yang menjadi kelemahan dari vendor. Fungsi dari Custom ROM itu sangat menguntungkan.

Mari kita lihat beberapa keuntungan atau kelebihan dari Custom ROM beserta kerugian atau kelemahan dari Custom ROM itu sendiri.

Kelebihan (keuntungan) dari Custom ROM


Memperbaiki fitur-fitur yang menjadi kelemahan vendor

Terkadangan fitur bawaan vendor kurang bagus, misalnya pada fitur bawaan vendor kita diharuskan mengaktifkan jaringan internet dengan masuk ke Setting tetapi jika menggunakan Custom ROM hal ini dipermudah dengan menyediakan widget turn on/off di status bar.

Mengubah tampilan Android menjadi lebih menarik

Yang ini sangat sering dikeluh kesalkan oleh user Android, karena tampilan Android dari vendor kurang menarik. Sebenarnya kita memang bisa menggunakan beberapa launcher yang memiliki tampilan UI yang lebih menarik, tetapi tampilan pada launcher application masih memiliki kekurangan yaitu tidak berfungsi sebagai tampilan utama artinya aplikasi launcher bukanlah tampilan home asli, dan ini justru akan memakan memori perangkat tersebut jika harus memakai launcher.

Membuat pemakainya menjadi lebih Friendly

Terkadang sebuah stock ROM yang disediakan dari vendor tidak memberikan pelayanan yang begitu memuaskan, maka salah satu fungsi inilah yang menyebabkan adanya Custom ROM.

Meningkatkan sedikit kemampuan sehingga performa Android menjadi lebih cepat

Apa Anda salah satu user yang memiliki Android yang lemot? Mungkin inilah jawabannya. biasanya developer Custom ROM akan menghapus beberapa aplikasi yang tidak begitu berguna agar tidak terlalu memakan menyimpanan memori dan ram, hal inilah yang membuat performa Android lancar.

Mengurangi beberapa Bug pada vendor

Terkadang bug pada stock ROM adalah hal yang paling kita kesalkan namun kehadiran Stock ROM memang sangat menguntungkan salah satunya untuk ini. Tapi tidak menutup kemungkinan custom rom pun memiliki bug, meski demikian banyak developer yang suka rela memberikan solusi untuk menanganinya.

Nah, itu tadi diatas beberapa kelebihan yang dimiliki custom rom. Meski memiliki banyak kelebihan tidak menutup kemungkinan memiliki kemalahan juga, lalu apa saja kelemahan yang dimiliki custom rom Android? sesuai judul artikel ini, berikut beberapa kelemahan dan kerugian dari custom rom. Baca lebih lanjut artikel ini :

Kelemahan (kerugian) dari Custom ROM


Menghilangkan garansi HP Android

Inilah yang harus sobat pikirkan kita harus benar-benar yakin akan resiko yang akan kita terima. Jika suatu saat Android yang Anda gunakan terdapat kerusakan maka vendor pemberi garansi tidak akan pernah mau menerimanya.

Memperpendek umur Android sobat

Sebetulnya hal ini tergantung dari kita sebagai user, walaupun Android dalam keadaan menggunakan Custom ROM tapi jika mengikuti perkembangan ROM tersebut dengan cara mengikuti forum forum yang membahas hal tersebut, ini akan aman karena banyak developer yang selalu update soal perbaikan custom rom.

(Baca Juga : Perbedaan ODEX dan DEODEX Pada Android)

Kelebihannya dapat menjadi bug dalam waktu ke waktu

Tapi hal ini termasuk jarang terjadi. Ini termasuk kasus yang sering user custom rom alami memang pertamanya banyak keunggulan tapi pada beberapa lama kemudian keunggulannya menjadi beberapa bug, apa sobat juga mengalaminya? kalau saya sendiri tidak pernah, karena saya juga salah satu user yang menggunakan Custom ROM.

Fitur Update kualitasnya tidak terlalu baik

Fitur update tidak terlalu baik kualitasnya di bandingkan dengan ROM bawaan, coba saja fitur musik dan kameranya yang tidak begitu memuaskan walaupun update

Fungsi beberapa bagian perangkat akan hilang. atau tidak bisa digunakan setelah anda menginstall beberapa jenis ROM yang dimodifikasi tersebut, tidak sebelum anda menggunakan firmware asli atau Stock ROM.

**Tips Cara Memilih Custom ROM yang Benar


Sebenarnya mudah untuk memilih Custom ROM yang benar, setidaknya Anda harus sesering mungkin masuk forum tentang perihal Android seperti forum XDA Developer untuk bertanya-tanya sama developnya dan mencari informasi tentang Custom ROM itu sendiri atau bisa juga dengan browsing di Internet seperti Google. Anda bisa memilih Custom ROM yang sesuai dengan Smartphone atau perangkat anda saat ini.

(Baca Juga : Cara Mengetahui HP Android Sudah Di-root Atau Belum)

Perhatikan perangkat Android merk atau jenis apa serta menggunakan Andoid OS yang mana dan versi berapa. Pakailah Custom ROM stabil rilis, yang telah mendapat rekomendasi dari pengguna lain dan kontributor serta mempunyai fitur-fitur yang sebagian besar mensupport ponsel/ perangkat anda.

Itu tadi pengertian, kelebihan dan kekurangan Custom ROM Android, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan Sekian informasi yang dapat saya share di blog ini seputar android,Jika dirasa ada pertanyaan mengenai pembahasan ini, Anda bisa langsung bertanya dikomentar.

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Custom Rom Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin Inputekno
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments