Pengertian Proxy Server, Fungsi dan Cara Kerjanya

Mengenal Pengertian Proxy Server, Fungsi Sampai Dengan Cara Kerja Proxy Server.
Pengertian Proxy Server, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Proxy Server, Fungsi dan Cara Kerjanya – Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas mengenai jenis-jenis server jaringan, Ada banyak jenis server yang saya bahas sebelumnya termasuk Proxy server.

Tapi untuk memperlengkap pengertian apa itu proxy? bagaimana cara kerja dan apa fungsi dari proxy? Maka disini kita akan membahasnya secara terpisah dan lengkap.

Pengertian proxy adalah server yang menyediakan suatu layanan untuk meneruskan setiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet. Atau definisi proxy server yang lainnya yaitu suatu server atau program komputer yang mempunyai peran sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet.

Proxy server, bisa digunakan untuk memperkuat security pada sebuah jaringan. Server ini bisa digunakan untuk memfilter permintaan servis masuk maupun keluar dari client. Adanya proxy server ini, kita bisa memblok suatu IP.

Table of Contents

Cara kerja Proxy server

Cara kerja Proxy server

Bagaimana cara kerja proxy server? Sebetulnya prinsip kerja proxy server sangatlah sederhana, saat user menggunakan layanan suatu proxy lalu meminta file atau data yang terdapat di public server (internet) maka proxy akan meneruskannya ke internet jadi seolah-olah proxy tersebut yang memintanya. Dan saat proxy server telah mendapatkan apa yang diminta oleh user, proxy akan memberikan respon kepada user jadi seolah-olah dialah public server-nya.

Fungsi proxy Server

Berikut di bawah ini adalah beberapa fungsi proxy :

1. Fungsi conecting sharing

Salah satu fungsi proxy adalah sebagai connecting sharing yaitu sebagai penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu alamat IP dan diantarkan ke alamat IP lainnya ataupun kepada IP komputer user.

2. Fungsi filtering

Terdapat beberapa proxy yang dilengkapi dengan firewall yang dapat memblokir beberapa atau sebuah alamat IP yang tidak di inginkan, sehingga beberapa website tidak dapat diakses dengan memakai proxy tersebut. Itulah salah satu fungsi dari proxy sebagai filtering.

3. Fungsi caching

Dan fungsi proxy yang lainnya yaitu sebagai fungsi caching, maksudnya disini proxy juga dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query ataupun permintaan akses user. Misalnya permintaan untuk mengakses suatu web dapat lebih cepat jika telah ada permintaan akses ke suatu web pada pemakai proxy sebelumnya. Itulah fungsi proxy sebagai chacing.

Hal-hal yang dapat dilakukan oleh web proxy

Web proxy adalah komputer server yang bertindak sebagai komputer lainnya berfungsi untuk melakukan request terhadap kontent dari suatu jaringan internet ataupun jaringan intranet. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan oleh web proxy diantaranya sebagai berikut ini:
  • Dapat menyembunyikan alamat IP address
  • Dapat dipakai untuk mengakses suatu website yang telah di blok oleh ISP (Internet service provider) atau oleh suatu organisasi. Baca juga: Pengertian, contoh dan fungsi ISP (Internet Service Provider)
  • Dapat di gunakan untuk men-blok beberapa atau sebuah website yang nantinya didak dapat diakses
  • Dapat men-filter cookies yang tidak di inginkan dan seluruh cookies yang tersimpan di encrypt
  • Dan dapat meningkatkan keamanan privacy pengguna

Penutup

Nah itu tadi Pengertian Proxy Server, Fungsi dan Cara Kerjanya. Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.
Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan