Cara Mudah Blokir Situs Web Tertentu di Komputer

Cara-Mudah-Blokir-Situs-Web-Tertentu-di-Komputer
Blokir situs web tertentu/ PicturesGoogle
Cara Mudah Blokir Situs Web Tertentu di Komputer - Memblokir situs sepertinya sangat diperlukan, utamanya situs-situs tertentu seperti situs pornografi, situs penjualan narkoba ataupun yang lainnya. Pada dasarnya situs-situs seperti itu memang sudah di blokir oleh ISP tersendiri, tapi apa salahnya kita juga harus mandiri dan memblokir situs itu pada komputer pribadi sendiri.

Jika dibiarkan dan terbuka untuk anak kecil pastinya akan merusak generasi selanjutnya. Ada banyak software yang berfungsi untuk memblokir situs-situs tersebut. Kita tentunya bisa menggunakan software tersebut, namun ada cara lebih mudah dan tanpa memerlukan software, yaitu dengan menggunakan file hosts yang tersedia di Windows.


Blokir Situs Web Tertentu di Komputer


File ini berfungsi untuk mengalihkan DNS situs-situs tertentu jika sudah dituliskan didalamnya. File ini tentunya bisa memblokir situs-situs terlarang tersebut. Hanya dengan melakukan konfigurasi dengan bantuan notepad kita bisa memblokir situs-situs terlarang di komputer.

Berikut ini adalah cara mudah blokir situs web tertentu di komputer :

1. Pertama kita harus membuka file hosts di C:\Windows\System32\drivers\etc lalu cari file yang bernama "Hosts", klik kanan Open with > Notepad atau Notepad++.

Cara-Mudah-Blokir-Situs-Web-Tertentu-di-Komputer

2. Saat dibuka dengan notepad, akan nampak petunjuk penggunaan file hosts tersebut. Kemudian untuk memblokir situs yang ingin anda blokir tinggal ketik Ip local host yaitu 127.0.0.1 disampingnya ketik situs yang ingin di blokir, contohnya seperti gambar di bawah ini.

Cara-Mudah-Blokir-Situs-Web-Tertentu-di-Komputer

3. Lalu simpan file hosts tersebut. Coba di lakukan di browser dengan membuka situs yang sudah dituliskan di file host tadi. Jika sudah berhasil maka situs tersebut tidak bisa dibuka seperti gambar di bawah ini.

Cara-Mudah-Blokir-Situs-Web-Tertentu-di-Komputer

*Info: Jika web tersebut masih bisa diakses, anda harus membuka cmd lalu ketikkan ipconfig /flushdns lalu tekan enter. Setelah itu kosongkan cache di browser dan restart komputer anda.

Untuk mengembalikannya tinggal menghapus web yang sudah dituliskan di file hosts yang tadi. Sekian yang bisa saya tuliskan, semoga bermanfaat bagi anda. Bagi yang mengalami masalah atau ingin bertanya bisa dituliskan di kotak komentar di bawah post ini. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel