Cara Mempercepat Android dengan Mengurangi Skala Animasi

Cara-Mempercepat-HP-Android-dengan-Mengurangi-Skala-Animasi
Pictures/Info.Inputekno
Cara Mempercepat Android dengan Mengurangi Skala Animasi - Kali ini saya akan berbagi cara mempercepat skala animasi pada android lollipop, sebenarnya apa itu skala animasi? skala animasi adalah waktu yang ditempuh untuk pindah dari satu program ke program lainnya. Jika pada android skala animasi ini juga sama seperti itu, semakin kecil skala animasinya maka loading ponsel android anda juga menjadi cepat.

Sayangnya fitur ini hanya terdapat pada android lollipop atau keatasanya, untuk kitkat atau kebawahnya silahkan cari pada pengaturan opsi pengembang. Jika ada fitur skala animasinya, maka selamat, anda bisa mempercepat kinerja loading ponsel anda dengan cara memperkecil skala animasinya.

Jika anda tidak mendapati menu Opsi Pengembang pada pengaturan ponsel anda, berarti Opsi Pengembang yang ada pada Ponsel Anda sifatnya tersembunyi, jadi anda harus melakukan tindakan manual untuk memunculkan Menu Opsi Pengembang pada Pengaturan.

Cara Memunculkan Menu Opsi Pengembang pada Settings


  1. Silahkan masuk ke Pengaturan Ponsel anda.
  2. Selanjutnya Cari Menu About atau Tentang Ponsel.
  3. Lalu silahkan tekan sebanyak tujuh kali pada Nomor Bentukan Ponsel Anda sampai muncul pesan Anda sudah menjadi Pengembang.
  4. Kembali ke menu Awal Pengaturan.
  5. Selamat, menu Opsi Pengembang anda sudah muncul pada Pengaturan.
Cara-Mempercepat-HP-Android-dengan-Mengurangi-Skala-Animasi

Selanjutnya apa yang harus dilakukan? tentu saja anda harus mencarinya apakah terdapat fitur skala animasi pada ponsel Android Jellybean anda. Jika tidak ada, berarti fitur tersebut tidak tersedia pada ponsel anda.

Sebagian besar fitur ini hanya tersedia bagi android lollipop dan keatasnya.

Cara Mempercepat Skala Animasi Android


Jika anda merasa android anda kurang cepat atau lambat, anda dapat memanfaatkan fitur skala animasi yang terdapat pada Opsi Pengembang. Khusus untuk Lollipop ketas, silahkan buka Settings Android lalu masuk ke Opsi Pengembang.

Cara-Mempercepat-HP-Android-dengan-Mengurangi-Skala-Animasi

Pada Skala Animasi silahkan ubah settings skala animasinya menjadi seperti berikut ini.

  • Skala animasi jendela = 0,5
  • Skala animasi transisi = 0,5
  • Skala durasi animator = 0,5

Setelah selesai mengubah settings skala animasi seperti diatas, silahkan kembali ke halaman awal (homescreen). Untuk mengetesnya silahkan buka aplikasi apapun, jika proses loadingnya cepat berarti anda sudah berhasil.

Mengatasi skala animasi pada Notification bar belum berubah


Coba tarik status bar anda, jika loading animasinya belum berubah alias masih lambat, silahkan restart android anda. Karena hanya satu solusi untuk mengatasi notifikasi status bar masih belum berubah.

Apa bisa diatasi tanpa restart?

Sebagian ponsel memang ada yang tidak membutuhkan restart, caranya cukup dengan mengunci perangkat lalu membukannya kembali, otomatis setting skala animasi pada statusbar dapat berjalan, namun sebagian ponsel lainnya harus merestart agar settingan skala animasinya benar-benar berubah.

Catatan: Pengaruh merubah skala animasi sebenarnya tidak merubah kinerja ponsel android anda, namun hanya sekedar mempercepat loading ponsel ketika anda membuka aplikasi atau menutup aplikasi. Intinya Skala animasi bukan untuk mempercepat kinerja Android.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel