Cara Mempercepat Android dengan Mengurangi Skala Animasi

Cara Mempercepat Android dengan melakukan Optimasi Mengurangi Skala Animasi yang berjalan di latar belakang.
Cara Mempercepat Android dengan Mengurangi Skala Animasi

Cara Mempercepat Android dengan Mengurangi Skala Animasi - Kali ini kita akan berbagi tutorial cara mempercepat skala animasi pada HP berbasis android, sebenarnya apa itu skala animasi?

Skala animasi adalah waktu yang ditempuh untuk pindah dari satu program ke program lainnya. Jika pada android skala animasi ini juga sama seperti itu, semakin kecil skala animasinya maka loading ponsel android kamu juga menjadi cepat.

Sayangnya fitur ini hanya terdapat pada android lollipop atau keatasanya, untuk kitkat atau kebawahnya silahkan cari pada pengaturan opsi pengembang. Jika ada fitur skala animasinya, maka selamat, kamu bisa mempercepat kinerja loading ponsel kamu dengan cara memperkecil skala animasinya.

Table of Contents

Cara Memunculkan Menu Opsi Pengembang pada Settings

Jika tidak mendapati menu Opsi Pengembang pada pengaturan ponsel kamu, berarti Opsi Pengembang yang ada pada Ponsel kamu sifatnya tersembunyi, jadi kamu harus melakukan tindakan manual untuk memunculkan Menu Opsi Pengembang pada Pengaturan.

Memunculkan Menu Opsi Pengembang
  1. Silahkan masuk ke Pengaturan Ponsel kamu.
  2. Selanjutnya Cari Menu About atau Tentang Ponsel.
  3. Lalu silahkan tekan sebanyak tujuh kali pada Nomor Bentukan Ponsel sampai muncul pesan sudah menjadi Pengembang.
  4. Kembali ke menu Awal Pengaturan.
  5. Selamat, menu Opsi Pengembang sudah muncul pada Pengaturan.

Selanjutnya apa yang harus dilakukan? tentu saja kamu harus mencarinya apakah terdapat fitur skala animasi pada ponsel Android Jellybean. Jika tidak ada, berarti fitur tersebut tidak tersedia pada ponsel ankamuda.

Sebagian besar fitur ini hanya tersedia bagi android lollipop dan keatasnya.

Cara Mempercepat Skala Animasi Android

Jika kamu merasa android kurang cepat atau lambat, kamu dapat memanfaatkan fitur skala animasi yang terdapat pada Opsi Pengembang. Khusus untuk Lollipop ketas, silahkan buka Settings Android lalu masuk ke Opsi Pengembang.

Mempercepat Skala Animasi Android

Pada Skala Animasi silahkan ubah settings skala animasinya menjadi seperti berikut ini.

  • Skala animasi jendela = 0,5
  • Skala animasi transisi = 0,5
  • Skala durasi animator = 0,5

Setelah selesai mengubah settings skala animasi seperti diatas, silahkan kembali ke halaman awal (homescreen). Untuk mengetesnya silahkan buka aplikasi apapun, jika proses loadingnya cepat berarti kamu sudah berhasil.

Mengatasi skala animasi pada Notification bar belum berubah

Coba tarik status bar kamu, jika loading animasinya belum berubah alias masih lambat, silahkan restart android kamu. Karena hanya satu solusi untuk mengatasi notifikasi status bar masih belum berubah.

Apa bisa diatasi tanpa restart?

Sebagian ponsel memang ada yang tidak membutuhkan restart, caranya cukup dengan mengunci perangkat lalu membukannya kembali, otomatis setting skala animasi pada statusbar dapat berjalan, namun sebagian ponsel lainnya harus merestart agar settingan skala animasinya benar-benar berubah.

Catatan: Pengaruh merubah skala animasi sebenarnya tidak merubah kinerja ponsel android kamu, namun hanya sekedar mempercepat loading ponsel ketika kamu membuka aplikasi atau menutup aplikasi.

Penutup

Nah itu tadi Cara Mempercepat Android dengan Mengurangi Skala Animasi. Cukup mudah bukan? Jika artikel ini bermanfaat bisa kamu share dan rekomendasikan ke teman-teman yang membutuhkan, jika ada kendala kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.

Hi. Lets connect and be friends!
Gabung dalam percakapan