Cara Memperbaiki Kesalahan Saat Memuat Sistem Operasi

Cara-Memperbaiki-Kesalahan-Saat-Memuat-Sistem-Operasi
Ilustrasi/ Pictures google
Cara Memperbaiki Kesalahan Saat Memuat Sistem Operasi - Pesan teks: "Kesalahan memuat sistem operasi" dengan layar hitam adalah masalah menjengkelkan yang sering dirasakan oleh pengguna ketika mereka mencoba untuk mem-boot PC Windows mereka. Masalah start-up umumnya terjadi setelah instalasi baru dari sistem operasi Windows, kegagalan daya secara tiba-tiba, sistem crash, atau sistem restart, yang membuat PC membuang pesan kesalahan.

Apa sebenarnya yang membuat sistem operasi komputer tidak memuat boot dengan benar? Bagaimana masalah "kesalahan memuat sistem operasi" dapat diperbaiki? Baca lebih lanjut untuk mengetahui kemungkinan penyebab dan solusi untuk masalah pemuatan sistem operasi ini.

Setiap kali komputer dihidupkan, BIOS dan CMOS mulai bekerja pada pengaturan sistem, periksa hard drive, dan boot sistem operasi. Selama proses tersebut, jika ada masalah di hard drive, sistem operasi tidak dapat dijalankan dan Anda tidak dapat membuka desktop Anda.

Ini berarti sistem Anda memiliki masalah yang disebutkan di bawah, yang mencegah pemuatan sistem operasi yang tepat:
  • Partisi hard drive sistem rusak karena pemadaman listrik mendadak, infeksi virus, atau kesalahan penulisan disk.
  • File dan folder sistem operasi rusak.
  • BIOS sistem tidak mendukung hard drive.
  • Beberapa hard drive tambahan telah terhubung ke komputer Anda karena hard drive primer mana yang berisi sistem operasi & aplikasi sistem sekarang tidak terdeteksi.
  • Hard drive rusak secara fisik.

Cara Memperbaiki "Kesalahan saat Memuat Sistem Operasi"


Sebetulnya ada banyak cara di mana Anda dapat memperbaiki masalah kesalahan saat memuat sistem operasi. Dari banyaknya cara, disarankan untuk memilih metode yang tepat sesuai situasi yang dibutuhkan. Anda dapat menjalankan Windows CHKDSK jika ada masalah pada hard drive. Alat Windows memindai dan memperbaiki bad sector di hard drive.

Cara lain adalah mengembalikan informasi Master Boot Record (MBR) untuk memperbaiki partisi dan pengaturan harddisk yang tidak sesuai. Ketika BIOS pada motherboard tidak mendukung hard drive atau drive tidak diset dengan benar di CMOS, memperbarui BIOS juga merupakan solusi yang bisa diterapkan.

Lihat metode secara terperinci:

Perbaikan 1: Pindai dan perbaiki melalui alat CHKDSK Windows


Penting untuk terlebih dahulu mencoba mengidentifikasi penyebab masalah Anda, lalu bertindak dengan sesuai untuk mengatasinya. Untuk mengesampingkan masalah dengan hard drive Anda, pertama, lakukan Windows CHKDSK. Ini adalah alat bawaan Windows untuk mengukur kesehatan umum harddisk Anda. Windows CHKDSK memindai dan memperbaiki bad sector dan kesalahan jika ada.

Langkah-langkah untuk menerapkan Windows CHKDSK
  1. Klik kanan pada drive untuk diperiksa kesalahannya
  2. Pilih "Properties"
  3. Klik pada "Tools"
  4. Di bawah Pemeriksaan kesalahan, klik "Check Now"
  5. Kotak dialog dengan opsi Periksa disk muncul. Centang opsi "Automatically fix file system errors". Klik "Mulai". Pemindaian akan memperbaiki dan mengungkapkan jika ada kerusakan fisik pada hard disk.

Perbaiki 2: Perbarui BIOS sistem Anda ke versi terbaru


Hati-hati saat memperbarui versi BIOS. Ini karena selama proses jika hilangnya daya secara tiba-tiba, firmware BIOS mungkin akan rusak. Akibatnya, Anda mungkin tidak dapat mengakses data Anda. Jadi, selalu ikuti praktik terbaik untuk membuat cadangan semua file penting Anda sebelum melakukan pembaruan BIOS, sehingga Anda dapat mengakses dan mengerjakannya nanti.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbarui BIOS komputer Anda:
  • Temukan merek dan model motherboard Anda. Jika ada lihat model motherboard Anda di buku panduan manual perangkat Anda.
  • Identifikasi versi BIOS - membuka Tools System Information atau MSINFO32 yang hadir secara built-in di Windows juga bisa menampilkan versi BIOS. Untuk membuka tools ini, buka Windows Run dan ketikkan msinfo32 dan tekan Enter.
  • Unduh pembaruan BIOS terbaru - Kunjungi situs web motherboard atau pabrikan laptop. Cari model sistem Anda dan dari daftar unduhan yang tersedia, lakukan pembaruan BIOS.
  • Setelah diunduh, jalankan pembaruan BIOS.
  • Nyalakan ulang Komputer setelah pembaruan BIOS.

Perbaiki 3: Kembalikan informasi MBR dari hard disk


Setiap sistem operasi Windows memiliki cara yang berbeda untuk memulihkan informasi MBR. Lihat langkah-langkahnya di blog lain sesui versi Windows Anda dan dapatkan kembali informasi MBR untuk menyelesaikan masalah kesalahan saat memuat sistem operasi.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mengembalikan MBR di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10
  • Persyaratan: Pengaturan Windows CD / DVD
  • Restart komputer Anda dan boot dari CD Pengaturan Windows
  • Pada "Tekan sembarang tombol untuk boot dari CD atau DVD", tekan sebuah tombol
  • Layar hasil utilitas bootrec
  • Klik Perbaiki komputer Anda
    Cara-Memperbaiki-Kesalahan-Saat-Memuat-Sistem-Operasi
  • Pilih Troubleshoot
  • Pilih Prompt Perintah
  • Ketika Command Prompt memuat, ketik empat perintah berikut dan tekan Enter setelah masing-masing dan tunggu sampai setiap operasi berakhir 
  1. bootrec / FixMbr
  2. bootrec / FixBoot
  3. bootrec / ScanOs
  4. bootrec / RebuildBcd
  • Hapus CD / DVD
  • Ketik Keluar. tekan enter
  • Hidupkan Kembali komputer Anda

Perbaiki 4: Instal ulang sistem operasi Windows Anda


Bahkan ketika file program dan folder OS Windows Anda rusak, komputer menampilkan 'kesalahan memuat sistem operasi'. Jadi jika metode yang disebutkan di atas tidak menyelesaikan masalah dan hard drive juga berfungsi dengan baik, maka opsi terakhir adalah menginstal ulang sistem operasi Windows. Menginstal ulang Windows memberi Anda kembali komputer yang bekerja dengan cepat.

Kehilangan data saat memperbaiki "Kesalahan saat memuat sistem operasi!" sangat sering terjadi untuk itu Pilih perangkat lunak Pemulihan Data Profesional jiga terjadi kehilangan file dan  folder penting.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel