Pengertian dan Macam Macam Tingkatan Kualitas Video

Pengertian-dan-Macam-Macam-Tingkatan-Kualitas-Video
Ilustrasi/ Macam-macam kualitas video
Pengertian dan Macam Macam Tingkatan Kualitas Video - Video merupakan rangkaian dari gambar yang bergerak. Film termasuk salah satu jenis video yang dikomersilkan dengan serangkaian proses produksi untuk membuatnya.

Terkadang kualitas film tersedia dengan kualitas gambar yang jelek dan buruk karena memang format videonya rendah, dan ada juga yang kualitas gambarnya bagus dan jernih karena ditunjang format video yang tinggi atau high definition. Ada banyak kualitas film seperti CAM, DVDRip atau Bluray.

Mungkin bagi Anda yang suka mendownload film penting untuk melngetahui jenis-jenis kualitas film, supaya film yang telah Anda download memuaskan untuk di lihat. jikalau Anda tidak mengetahui jenis-jenis kualitas film, disini saya berbagi pengertian mengenai tingkatan kualitas video.

Pengertian dan Macam Macam Tingkatan Kualitas Video


1. BRRip (Bluray)


BRRip atau Bluray merupakan kualitas film yang paling bagus dibandingkan yang lainnya. Kualitas film Bluray didapat dari sumber Blu-ray disk resmi dengan kualitas film paling bagus.  Memiliki resolusi film cukup besar yaitu 1920×1080 atau 1280×720. kualitas ini mempunyai gambar jernih dan suara jelas. biasanya pada kualitas ini sering disebut dengan HD ( High Definition). karena resolusi filmnya yang besar, maka size filmnya juga cukup besar. biasanya kualitas Bluray disimpan dengan format film.mkv

 2. m-HD


m-HD adalah Kepanjangan dari mini-HD. Kualitas video ini tidak kalah dengan Bluray. Hanya saja resolusinya lebih kecil. jadi sizenya juga lebih kecil dibanding Bluray. sama seperti Bluray kualitas m-HD juga biasanya disimpan dengan format film .mkv

3.  DVDRip


Merupakan hasil rip atau salinan dari DVD original atau asli. Kualitas film cukup bagus. Biasanya resolusi filmnya 720x480 dan 720x576. Kualitas film DVDRip biasanya keluar setelah DVD asli sudah dirilis. Gambar dan suara tergolong bagus layaknya DVD aslinya, terlebih ukuran video dengan format DVDRip tidaklah terlalu besar.

4. WEB-DL


Kualitas film cukup baik. Film-film kualitas WEB-DL biasanya berasal dari penyedia film yang ada pada jaringan internet., seperti situs resmi dari situs TV/film dengan kualitas yang bagus. Tidak ada gangguan seperti logo atau iklan di format WEB-DL. Kualitas  gambar dan suara hampir seperti BRrip, dan juga biasanya di rilis sebelum BRrip. Resolusi yang biasa terdapat pada WEB-DL adalah 720p dan 1080p.

5. DVD-Scr (DVD-Screener)


Merupakan duplikat dari promo DVD yang akan digunakan sebagai promosi. Kualitas film DVDScr biasanya dirilis sebelum DVDRip. Kualitas film tergolong kurang bagus, gambar dan suara hampir seperti DVDRip. Hanya saja pada gambar video sering terdapat iklan atau beberapa tulisan yang dapat mengganggu kenyamanan saat menonton video film.

6. RC/R6


RC/R6 Merupakan hasil rekaman dengan kualitas gambar hampir setara dengan DVDRip, tetapi pada dasarnya kualitas suara tergolong jelek atau buruk. Karena mungkin saja terdapat noise yang ikut terekam.

7. R5


R5 memiliki kualitas gambar hampir mirip dengan  DVDRip. Tetapi video dengan format R5 pada kualitas suara tergolong kurang baik, tetapi ada juga yang baik. Sama seperti RC/R6, pada kualitas R5 mungkin terdapat noise yang ikut terekam, sehingga bisa menggangu saat sedang menonton.

8. CAM (Handycam)


Kualitas jenis ini merupakan hasil rekaman dari camera digital yang langsung di ambil dari dalam bioskop. Untuk kualitas filmnya bisa dibilang sangat jelek karena hasil rekaman manual dan kadang-kadang ada orang/pengunjung lain yang ikut terekam, dan pada kualitas film ini rentan goncangan.

9. TS/HDTS


Kualitasnya hampir sama dengan jenis CAM walaupun TS memang lebih baik daripada CAM. Dari segi kualitas memang baik karena sudah ditimpa memakai suara yang bagus dan gambarnya tidak seburuk CAM. Ada juga tingkatan yang lebih baik dari TS, yaitu HDTS yang resolusi kamera lebih bagus.

10. TC (Telecine)


TC (Telecine) adalah Hasil salinan film secara digital langsung dari pita film proyektor. Kualitas film ini cukup baik. Tapi kualitas ini jarang sekali ditemmukan karena mahalnya biaya pembuatan.

Sebenarnya masih ada kualitas film yang lainnya tetapi sangat jarang dirilis. Jadi, saya tidak akan membahasnya. Nah, mungkin itulah sekilas info mengenai Pengertian dan Macam Macam Tingkatan Kualitas Video, mulai dari CAM, DVD-Scr, WEB-DL hingga Bluray. Film dengan format Bluray tentu menjadi yang paling bagus meski ukuran file nya juga cukup besar.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel